Telkomsel Mitra Inovasi Siap Danai Startup Lokal di Lima Sektor Ini

Jakarta, Gizmologi – Meski pandemi melemahkan berbagai sektor termasuk ekonomi, namun Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) tetap optimis dengan perkembangan startup di Tanah Air. Anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura tersebut berkomitmen mengakselerasi perkembangan startup melalui dukungan pendanaan serta pemberdayaan.

Selain dukungan dalam bentuk pendanaan, TIM juga mengedepankan synergy value yang berfokus pada kemitraan jangka panjang serta pengembangan bisnis yang lebih kuat dan bermanfaat dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Marlin R. Siahaan yang baru saja diangkat sebagai Direktur Utama TMI, di sela-sela konferensi pers virtual yang digelar hari ini (22/7/2021).

Menurutnya, ada banyak hal yang akan dikembangkan TMI ke depannya, baik dari segi strategi maupun kolaborasi sehingga pihaknya bisa lebih luas dalam membuka peluang tanpa batas bagi startup untuk berkembang.

“Kami ingin memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel. Serta mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup dalam menghadirkan solusi terdepan yang memberikan manfaat sosial digital. Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global,” ujar Marlin.

Baca juga:
Telkomsel Tampil dengan Identitas Baru, Terinspirasi dari Batik
Mengenal FitAja! Aplikasi Digital Healthcare Besutan Sinergi BUMN

Lima Sektor Startup yang Diincar Telkomsel Mitra Inovasi

Direktur Utama Telkomsel Mitra Inovasi
Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan

Telkomsel Mitra Inovasi yang dihadirkan sejak 2019 merupakan inisiatif digital Telkomsel yang konsisten dalam pemberdayaan digital-preneurs, terutama startup yang memiliki potensi untuk berkembang di Indonesia. Mereka melakukan aksi investasi dan kolaborasi dengan mengoptimalkan ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki oleh Telkomsel.

Martin menjelaskan, selama ini TMI telah giat mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel, mengakselerasikan inovasi (accelerate), menyediakan dana tambahan untuk memaksimalkan potensi bisnis (additional funds), serta menghubungkan para startup dengan ekosistem investor lainnya (affiliate).

Nah, bagi para startup yang ingin mendapatkan pendanaan, Telkomsel Mitra Inovasi saat ini berfokus pada lima sektor yaitu sebagai berikut:

  1. Perdagangan & Periklanan
    Kehadiran TMI pada sektor ini akan mendukung masa depan perdagangan melalui iklan multi-layar, pemasaran seluler, sistem pembayaran, dan keamanan. Untuk itu, kami terus berkomitem mendorong kemungkinan baru dalam platform ad-tech, mar-tech, dan fin-tech untuk seluler, sosial dan video.
  2. Media & Hiburan
    TMI akan mendukung pengembangan layanan bisnis yang mengintegrasikan hiburan dan informasi menarik ke dalam aktivitas harian, dengan memberi pendekatan lebih jauh pada implementasi teknologi digital terdepan yang terkait, seperti pada augmented reality (AR), video reality (VR), streaming video, esports, dan media sosial.
  3. Connected Devices & Hardware
    Secara garis besar, TMI akan memfasilitasi digital entrepreneur dalam pengembangan kecerdasan buatan, Internet of Things, dan platform digital mutakhir lainnya untuk beragam manfaat positif dari masing-masing bisnis yang dijalankan.
  4. Data & Analitik
    TMI sangat peduli akan pentingnya mengolah informasi menjadi wawasan, yakni dari yang bersifat deskriptif dan diagnostik menjadi data yang prediktif dan preskriptif. Bersama dengan para entrepreneurs, hal ini akan dikembangkan dengan teknologi terdepan untuk melaporkan, memvisualisasikan, dan memahami peran dinamis data dalam operasional bisnis
  5. Infrastruktur & Jaringan
    Dengan dukungan beragam inovasi dan solusi digital terdepan yang dimiliki Telkomsel, TMI akan memberi dukungan efisiensi dalam skala besar melalui cloud, blockchain, manajemen identitas dan akses, mobile endpoints, firewall, layanan jaringan, serta teknologi virtualisasi.

Telah Gelontorkan USD 40 Juta

Telkomsel Mitra Inovasi 7Marlin lebih lanjut menambahkan, saaat ini ada setidaknya sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI. Mereka memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya. Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Nah, contoh synergy value yang bisa dikolaborasikan bersama Telkomsel, beberapa yang sudah terimplementasi. Antara lain kolaborasi bersama Kredivo dalam  melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel. Serta kolaborasi bersama Halodoc dalam menghadirkan bundling paket data  layanan kesehatan dan konsultasi telemedicine tanpa biaya selama pandemi COVID-19.

Selain itu, sinergi TMI bersama Tanihub juga dilakukan dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel untuk memberikan modal usaha bagi petani. Juga dalam memberikan solusi internet of things (IoT) bagi petani yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pertanian, dan juga memberikan kemudahan akeses  konektivitas digital bagi para petani melalui paket data yang ekonomis.  Sedangkan kolaborasi bersama SiCepat juga dilakukan antara lain dalam penyediaan paket data bagi kurir serta dalam implementasi solusi IoT dalam pengelolaan armada kurir.

“Ke depan, TMI akan semakin dikembangkan untuk membuka berbagai peluang kolaborasi dan pemberdayaan startup lebih luas lagi. Sudah ada banyak hal yang telah kami persiapkan untuk merealisasikan berbagai rencana strategis dalam beberapa waktu ke depan. Semoga segala upaya tersebut mampu mendorong pemberdayaan calon digital-preneurs di Indonesia dan dunia melalui pemanfaatan ekosistem digital yang dimiliki oleh Telkomsel, demi penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” ucap Marlin menutup.

Tinggalkan komen