Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Survei: 6 dari 10 Orang Belanja Imlek 2018 Via Online

0 1.070

Sebuah survei tentang tren belanja Imlek 2018 menunjukkan hampir dua per tiga responden mengaku membeli perlengkapan untuk merayakan Tahun Baru Cina 2569 melalui toko online. Demikian hasil survei dari ShopBack Indonesia terhadap lebih dari 1.100 responden berusia 18 hingga 28 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Responden dalam survei tersebut mengaku belanja di toko online dianggap lebih efisien, murah dan gampang tanpa harus keluar rumah, apalagi di tengah musim hujan seperti ini. Ada pun barang yang paling banyak dibeli di toko online dalam tren belanja Imlek 2018 ini mencakup baju baru, pernak-pernik Imlek, makanan, peralatan rumah tangga dan kosmetik.

Sebanyak 26% dari total responden dalam survei untuk mengetahui tren belanja Imlek 2018 tersebut mengaku berbelanja online jadi kegiatan kedua yang mereka pilih setelah berkumpul bareng keluarga dengan persentase 67,8%.

Baca juga: Harbolnas 2017: Ini Tips Belanja Online Agar Aman Dari Penipuan

Indra Yonathan, Co-Founder & Country Head of ShopBack Indonesia, mengatakan semakin banyak orang yang bertransaksi di toko online dalam beberapa tahun terakhir.

“Berdasarkan hasil survei ShopBack, jika dibandingkan antara rata-rata uang yang dibelanjakan masyarakat khususnya untuk Imlek di toko online dan offline tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang signifikan. Rata-rata keseluruhan responden menghabiskan hingga Rp 725.000 di toko online dan Rp 890.000 di toko offline untuk membeli kebutuhan Imlek. Hal ini membuktikan, bahwa saat ini kepercayaan masyarakat untuk berbelanja online semakin meningkat.”

Fakta lain dalam survei untuk mengetahui tren belanja Imlek 2018 adalah 54,9% dari total responden wanita mengaku membeli baju baru untuk merayakan Imlek di toko online. Di lain pihak, pria ternyata lebih suka membeli baju di toko offline, seperti mall, butik dan toko baju.

Survei Shopback Top 5 Platform E commerce

Survei mengetahui tren belanja Imlek 2018 mengungkapkan ada lima platform e-commerce yang jadi kesukaan publik saat Imlek, yaitu Shopee (32%), Tokopedia (26%), Lazada (21%), MatahariMall (10%) dan Zalora (4%).

Imlek yang identik dengan bagi-bagi ang pao memberikan fakta unik tersendiri. Sebanyak 42,9% responden mengaku menggunakan 52% dari ang pao yang diterima untuk ditabung lalu sisanya 48% untuk berbelanja.

Hasil survei lain mengungkap 40,1% responden sudah mulai membeli perlengkapan Imlek seminggu sebelumnya, lalu 24% membeli dua minggu sebelumnya dan 16,4% membeli sebulan sebelumnya.

Tren belanja Imlek 2018 juga ditandai dengan pencarian kata kunci melalui Google Trends. Pencarian mengenai kebutuhan Imlek sudah ramai seminggu sebelum Imlek. Dalam sebulan terakhir pun, masyarakat sering mencari informasi mengenai penjualan pernak-pernik Imlek. Dalam Imlek 2018, masyarakat Indonesia paling menginginkan informasi mengenai penjual pohon jeruk Imlek secara online. Kata kunci pencarian tentang pohon jeruk Imlek ini pun meningkat 8 kali lipat dibandingkan tahun lalu.