Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Meluncur 6 Agustus di Indonesia, Inilah Tampilan OPPO Watch

0 1.681

Beberapa tahun belakangan, mulai banyak produsen smartphone yang juga ikut merambah ke produk berjenis lain, utamanya yang terkait dengan Internet of Things atau IoT. Salah satunya adalah OPPO, yang baru saja perkenalkan perangkat jam tangan pintar mereka secara global, OPPO Watch tahun ini. Juga seperti smartphone-nya, smartwatch pertama OPPO didesain sangat stylish serta premium.

OPPO Indonesia telah mengonfirmasi jika OPPO Watch series bakal masuk resmi ke Indonesia, bersamaan dengan peluncuran resmi OPPO Reno4 pada 6 Agustus mendatang. Kenapa disebut dengan ‘series’? Tentu karena varian yang dihadirkan tak hanya satu. Yup, smartwatch ini bakal hadir dalam dua varian ukuran, yaitu 46mm dan 41mm.

Baca juga: Gunakan Snapdragon 720G, OPPO Reno4 Bawa Banyak Fitur Baru Lewat ColorOS 7.2

OPPO Watch Hadir dengan Dual-Curved Display

Aryo Meidianto A bersama OPPO Watch
Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia saat menunjukkan OPPO Watch ke rekan media lewat konferensi virtual.

Kedua varian OPPO Watch didesain sangat cantik dengan sudut kaca lengkung di keempat sisinya. Namun yang lebih spesial terdapat pada OPPO Watch versi 46mm. Ini adalah smartwatch pertama di industri yang hadir dengan layar Flexible Dual-Curved Display. Gunakan panel OLED, layarnya memiliki lengkungan baik di sisi kiri maupun kanan, tak hanya bagian bezelnya saja.

Tentu hal tersebut menambah kesan mewah serta premium, dengan rasio layar yang besar plus adopsi ultra frameless design. Agar lebih personal, OPPO Watch hadir dengan fitur AI Watch Face yang secara otomatis membuat tampilan layarnya miliki gambar sesuai dengan pakaian yang sedang digunakan.

Pilihan watch face OPPO Watch

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup memanfaatkan kamera smartphone untuk mengambil foto pakaian, dan algoritma pencitraan OPPO Watch AI akan hasilkan wallpaper di OPPO Watch yang sesuai dengan gaya busana. Selain itu, tentunya bakal ada banyak sekali pilihan watch face yang juga bisa diganti berdasarkan mood atau semangat harian.

Sama seperti OPPO Reno4, varian OPPO Watch yang bakal hadir resmi di Indonesia nanti tidak menjalankan ColorOS, melainkan sistem operasi WearOS. Dengan begitu, perangkat ini bakal mendukung banyak aplikasi yang sudah ada di Google Play Store, lengkap dengan fitur kesehatan data yang dapat menangkap data seperti jumlah langkah dan detak jantung sepanjang hari.

Dalam pengenalan awal ini, disebutkan jika OPPO Watch bakal memiliki lima sensor, semuanya diberikan agar dapat memantau hasil kegiatan yang akurat, termasuk saat latihan olahraga. Akan disediakan kursus olahraga singkat dalam waktu 5 menit, serta lima mode olahraga dengan panduan pribadi untuk aktivitas olah tubuh yang lebih mudah.

Juga Mendukung Teknologi VOOC Flash Charge

OPPO Watch

Smartwatch ini juga bakal memiliki fitur seperti sleep tracking. Hal tersebut bisa dibilang menarik, mengingat tak banyak smartwatch yang jalankan Wear OS dapat bertahan hingga pemakaian lebih dari satu hari. OPPO Indonesia sendiri belum memberikan informasi soal ketahanan daya totalnya.

Yang pasti, fitur pengisian cepat VOOC Flash Charge seperti pada OPPO Reno series juga bakal dibawa ke OPPO Watch. Cukup mengisi daya selama 15 menit, dan perangkat dapat menyala hingga 18 jam pemakaian. Sementara untuk mengisi daya penuh, hanya memerlukan waktu 75 menit.

Dari fitur-fitur yang sudah diperkenalkan secara resmi, informasi apa lagi yang Gizmo friends nantikan perihal smartwatch pertama dan terbaru dari OPPO Indonesia ini? Performa, daya tahan baterai, atau harganya? Tulis di kolom komentar di bawah ya.