Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gunakan Snapdragon 720G, OPPO Reno4 Bawa Banyak Fitur Baru Lewat ColorOS 7.2

0 2.351

Jelang peluncuran OPPO Reno4 yang bakal hadir sebentar lagi di Indonesia, OPPO kembali menggelar sebuah acara khusus untuk memamerkan fitur-fitur kunci yang bakal dibawa oleh smartphone ini. Peningkatannya memang banyak, termasuk segi desain yang benar-benar baru serta fitur pada mode potret dan perekaman video kameranya.

Dalam acara bertajuk “OPPO Reno4 Performance & Feature Experience Event” yang diadakan di area SCBD, Jakarta Selatan, OPPO Indonesia tunjukkan beragam fitur baru yang bakal dibawa seri Reno4. Tak hanya itu, kali ini juga diumumkan spesifikasi prosesor serta kecepatan isi dayanya, pastinya dibuat cukup cepat khas smartphone OPPO Reno. Apa saja fitur OPPO Reno4 yang baru dan menarik?

Sebelum membahas fitur OPPO Reno4, diinformasikan jika kali ini, OPPO menggandeng Qualcomm untuk prosesor yang bakal digunakan di seri OPPO Reno terbarunya. Yup, tak gunakan chipset MediaTek, varian yang bakal hadir resmi di Indonesia ini akan gunakan chipset Snapdragon 720G octa-core yang cukup bertenaga.

Performa Lebih Kencang dari OPPO Reno3 Pro

Aryo Meidianto A, PR Manager & Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development, Qualcomm Technologies jelaskan performa prosesor OPPO Reno4
Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia & Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development, Qualcomm Technologies jelaskan performa prosesor Snapdragon 720G pada OPPO Reno4.

Dengan fabrikasi 8nm hemat daya, chipset ini miliki kinerja CPU yang lebih tinggi hingga 46%, jika dibandingkan dengan MediaTek Helio P95 di seri OPPO Reno3 Pro. Sementara untuk kinerja GPU juga meningkat signifikan, mencapai 40% menurut hasil tes dari Manhattan di GFXBench 3.0. Menemani chipset tersebut, digunakan RAM LPDDR4x yang juga kencang serta hemat daya.

Selain performa yang kencang, OPPO Reno4 juga tentunya unggul dalam faktor pengisian daya. Hadir dengan teknologi VOOC 4.0, OPPO Reno4 mendukung arus hingga 30 watt (5V/6A). Dengan baterai berkapasitas 4.015 mAh, mengisi daya hingga 50% hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Sementara untuk isi daya penuh, selesai dalam waktu 57 menit.

Lanjut ke fitur baru lainnya, ada tambahan hardware jenis baru di bagian depan OPPO Reno4. Terlihat seperti memiliki dua sensor kamera, sensor yang diletakkan di sebelah kamera 32MP OPPO Reno4 adalah AON smart sensor. Berbeda dengan depth sensor, kamera 1,2MP ini digabungkan dengan algoritma AI untuk tingkatkan pengalaman penggunaan sehari-hari.

fitur baru OPPO Reno4, AON smart sensor

Dengan sensor ini, fitur Smart Spying Prevention dapat diaktifkan agar tampilan notifikasi otomatis tersembunyi, ketika terdeteksi wajah orang lain, atau ada orang di sekitar yang ikut melihat layar smartphone. Cocok untuk keamanan data ketika berada di tempat umum seperti kereta, bus atau lainnya. Sementara Smart AirControl memungkinkan kita melakukan gerakan untuk aktivasi fitur tertentu.

Dengan me-register gestur tangan, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk scroll ke atas atau bawah aplikasi seperti YouTube, Facebook, Instagram dan TikTok. Sedang memasak, tangan kotor dan ada telepon masuk? Tinggal pakai gestur ini, dan panggilan otomatis diterima via loudspeaker.

Fitur lain seperti Smart Rotation dan Smart Always-on Display mungkinkan layar untuk berada di posisi yang pas, dan menyala sesuai dengan pandangan penggunanya. Dengan AON smart sensor, pendeteksian wajah bisa dilakukan lebih akurat dan sangat minim daya, ketimbang gunakan sensor kamera utamanya.

Fitur OPPO Reno4 Semakin Banyak dengan ColorOS 7.2

tampak depan OPPO Reno4

Selain itu, OPPO Reno4 juga bakal menjadi yang pertama menjalankan ColorOS 7.2. Ada beberapa fitur baru yang dibawa nantinya, salah satunya adalah Super Power Saving Mode. Ketika diaktifkan, smartphone dapat tahan lebih lama dengan maksimum enam pintasan aplikasi favorit. Dengan baterai tersisa 5%, smartphone masih dapat standby hingga 20 jam, atau chat di WhatsApp selama 1,5 jam.

Lalu bagi Gizmo friends yang ingin meraih ikon dengan satu tangan di halaman depan, ada gestur icon pull-down baru. Cukup swipe ke atas dari sudut kiri atau kanan layar, dan ikon aplikasi akan mengecil sehingga dapat dijangkau dengan mudah. Tampilannya juga dipercantik dengan grafity wallpaper yang berubah secara dinamis mengikuti kemiringan layar.

Fitur Quick Bubble cocok buat Gizmo friends yang hobi bermain gim. Sembari menunggu match di PUBG Mobile dimulai, pengguna bisa keluar mengakses aplikasi lain, dengan bubble penunjuk waktu berapa detik lagi match bakal dimulai.

Dan fitur terakhir yang diperkenalkan adalah OPPO Lab, bagian dari menu Settings berisi aplikasi atau fitur eksperimental. Di dalam OPPO Lab pada OPPO Reno4, ada aplikasi Decision Spinner berupa roulette dengan opsi yang bisa ditentukan sendiri, serta Lab Ringtone untuk kustomisasi ringtone atau suara notifikasi agar lebih unik.

Banyak banget ya, fitur-fitur baru yang bakal dibawa di OPPO Reno4? Nggak heran kalau acara peluncurannya diadakan secara bertahap, supaya bisa dibahas lebih dalam masing-masing fitur tersebut. Tunggu informasi fitur lengkapnya pekan depan ya, Gizmo friends!


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE LAZADA JD.ID  Tokopedia.com