Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung dan Mastercard Kolaborasi Bentuk Kartu Pembayaran Sidik Jari

0 939

Teknologi saat ini, seolah sudah menyatu dengan kehidupan kita sekarang. Semua telah merasakannya, termasuk di bidang keuangan. Dalam hal bayar-membayar, beragam teknologi telah ditawarkan. Ketika kita pergi jalan-jalan, tidak perlu repot-repot lagi untuk membawa uang tunai secara fisik. Seseorang dapat dengan mudahnya membayar lewat layanan pembayaran non tunai yang tersedia di smartphone. Adanya kecanggihan hal tersebut, sampai saat ini masih sangat dibutuhkan terutama di masa pandemi.

Baca juga: Samsung Pay Bikin Bayar Pakai DANA dan GoPay Tinggal Swipe-up

Hal itu dapat mengurangi kontak langsung dengan barang padat lainnya yang berpotensi menularkan virus korona. Pembayaran tanpa sentuhan menjadi solusi, untuk memecah rantai penyebaran Covid-19 antar orang. Oleh karena itu, Samsung telah mengumumkan bekerja sama dengan Mastercard pada kartu pembayaran pemindaian biometrik dengan pembaca sidik jari built-in.

Mengutamakan Keamanan dan Kenyamanan Pelanggan

Electronic Payment
Tampilan aplikasi Samsung yang terhubung dengan kartu Mastercard (Samsung Money)

Dikutip dari Business Wire, teknologi ini tampaknya mirip dengan kartu pembayaran biometrik Mastercard yang diluncurkan pada tahun 2017 yang memungkinkan Anda mengotentikasi pembelian dengan tanpa pernah menyentuh papan tombol. Perusahaan asal Korea Selatan mengatakan kartu tersebut akan mengadopsi chipset keamanan baru dari Samsung’s System LSI Business yang mengintegrasikan beberapa chip diskrit utama, dibanding menggunakan teknologi Mastercard saat ini.

Wakil Presiden Samsung Electronics, Harry Cho mengatakan dengan pengalaman perusahaan yang telah  menyediakan solusi keamanan kuat di berbagai media, kerjasama ini diharapkan dapat menciptakan ketenangan layanan kartu pembayaran pada konsumen. Senada dengan pihak Samsung, Wakil Presiden Senior, Solusi Cyber ​​& Intelijen, Asia Pasifik, Mastercard, Karthik Ramanathan akan ciptakan ketenangan pemegang kartu melalui peningkatan keamanan.

“Saat konsumen merangkul keamanan dan kenyamanan pembayaran nirsentuh, Mastercard akan memanfaatkan keahlian keamanan siber dan intelijennya serta jaringan pembayaran global dalam kemitraan tiga arah ini untuk meningkatkan keamanan pemegang kartu dengan solusi biometrik yang mendukung pengalaman pembayaran cepat dan tanpa gesekan yang dilindungi di setiap titik,” ujar Karthik.

Mengurangi Pembayaran Secara Fisik

Electronic Payment
Melalui pembayran terbaru ini, diharapkan dapat mengurangi transaksi fisik (Medium)

Dengan tujuan ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan sekaligus mengurangi titik kontak fisik, karena sidik jari Anda dipindai langsung dari kartu Anda sendiri dan bukan perangkat point of sale (POS) eksternal. Namun, kartu tersebut kompatibel dengan teknologi otentikasi Mastercard, karena dapat digunakan di semua chip Mastercard atau terminal POS.

Sebagai perbandingan, Kartu Apple sebagian besar dirancang untuk digunakan pada ponsel cerdas, tetapi Apple mengeluarkan kartu titanium fisik dengan laser nama Anda terukir di atasnya. Namun, jika Anda menggunakan kartu fisik Apple, Anda harus memasukkan kode ke perangkat POS karena tidak ada pembaca sidik jari bawaan.

Meskipun kartu tersebut akan menggunakan Mastercard di sisi kliring dan titik penjualan, kartu tersebut akan didukung secara finansial oleh Samsung Card, yang dimiliki oleh Samsung Life Insurance dan merupakan perusahaan kartu kredit terbesar di Korea Selatan. Rencananya kartu tersebut akan diluncurkan di Korea Selatan akhir tahun ini. Untuk wilayah lain, sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Samsung.

 

Tinggalkan komen