Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telkom Buka Pendaftaran Program Inkubasi Startup Indigo Tahap Dua

0 314

Berlangsungnya pandemi Covid-19 membuat bisnis di seluruh dunia mengalami masa sulit, terutama untuk startup. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap grafik perkembangan ekonomi digital Indonesia, yang biasanya dari tahun ke tahun selalu bergerak ke arah yang positif. Berbagai pihak mencoba untuk berikan bantuan, salah satunya dalam bentuk program inkubasi.

Salah satunya adalah PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk selaku perusahaan BUMN yang selalu konsisten mendorong ekonomi digital di Indonesia. Mereka kembali membuka program inkubasi atau akselerasi startup digital bersama Indigo Creative Nation, yang tentu sangat bermanfaat bagi startup yang terkena dampak dari situasi pandemi Covid-19.

Bila Gizmo friends belum familiar, Indigo Creative Nation sendiri merupakan program inkubasi yang pertama kali diadakan sejak tahun 2013. Program ini mengusung prinsip kreativitas dalam berbisnis, mulai dari nurturing creativity, hingga tahap Follow-up-Funding (FoF). Kali ini, Indigo Batch 2 – 2020 sudah membuka registrasi sejak awal Oktober kemarin, tawarkan pendanaan hingga Rp2 miliar.

Baca juga: Telkomsel Perluas Akses Broadband 4G LTE di 4 Area

Program Indigo Creative Nation Diberikan Secara End-to-End

Timeline Indigo Batch 2 - 2020

Pendanaan tersebut tentunya untuk tiap startup yang berhasl melewati proses seleksi, serta inkubasi/akselerasi di bawah naungan PT Telkom. Untuk jelaskan program ini lebih lanjut, diadakan konferensi pers virtual yang dihadiri langsung oleh Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

“Indigo Creative Nation merupakan inisiatif tahunan kami dengan tujuan meningkatkan daya saing, kemandirian, dan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pengembangan industri digital kreatif. Untuk itu, dengan bangga kami umumkan Indigo Batch 2 – 2020 dimana kami akan mencari startup startup dari 6 kategori untuk kami inkubasi dan akselerasi,” jelas Fajrin.

Program inkubasi ini diberikan hingga tuntas atau end-to-end, sampai peserta dapat mengeksplorasi digital business untuk perkembangan startup. Mereka yang berhasil masuk ke dalam Indigo Creative Nation juga akan mendapatkan aktivitas pelatihan-pelatihan dengan mentor ternama, yang sudah dikurasi secara profesional oleh Telkom Indonesia.

Sudah ada sekitar 31 ribu talenta yang berhasil dibina oleh program ini, tersebar di 17 DILo (Digital Innovation Lounge) di seluruh Indonesia. Setidaknya ada 177 startup digital yang sudah masuk program inkubasi dan akselerasi market, bertempat di empat DiVa (Digital Valleys); Jakarta, Bandung, Jogja dan Makassar.

Pendaftaran Indigo Batch 2 – 2020 Sudah Dibuka

Indigo Creative Nation batch 2 - 2020

Bagi startup yang ingin mengikuti program Indigo Batch 2 – 2020, pendaftaran telah dibuka hingga 13 November 2020 mendatang, lewat situs indigo.id. Setelahnya akan diadakan ondesk selection di 16 – 19 November, diikuti dengan pitching pada tanggal 24 – 26 November 2020. Disiapkan pendanaan hingga Rp2 miliar untuk batch kedua alias batch akhir di tahun 2020 ini.

Terdapat enam kategori startup yang akan menjadi fokus Telkom untuk ikut program ini; logistik, keuangan, pendidikan, perjalanan & pariwisata, pertanian dan kesehatan. Keunggulan yang akan diberikan Telkom Indonesia untuk startup yang berhasil masuk ke dalam program adalah akses yang bermanfaat.

Di antaranya adalah akses ke 180 juta pengguna Telkomsel, 7,5 juta pengguna IndiHome, 200 ribu corporate customer termasuk UMKM Telkom serta 800 ribu outlet di dalam Telkom Group Access Market. Selain itu, Telkom juga akan memberikan dukungan untuk mendapatkan venture capital & incubator/accelerator di tingkat global.

Sebelumnya, Indigo Batch 1 – 2020 telah berhasil menarik 201 startup untuk mendaftar. Setelah dilakukan proses penyaringan, terpilih 35 startup setelah on desk selection sampai pitching. Hingga terpilih 18 startup untuk masuk ke dalam program Indigo Batch 1 – 2020.