Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Startup Gokreator Mengusung Platform Bagi Para Kreator Konten Indonesia

0 1.260

Industri kreatif di Indonesia makin moncer. Selain memunculkan banyak para content creator, ternyata juga menginspirasi hadirnya startup yang berupaya untuk mewadahi mereka. Salah satunya adalah Gokreator yang dibesut oleh PT Karya Onto Mandiri.

Gokreator merupakan startup lokal yang mengusung platform bagi para kreator Indonesia untuk dapat mempromosikan karya, meningkatkan engagement dengan fans hingga mendapatkan penghasilan dari konten. Di luar negeri, kita telah mengenal platform serupa yakni Patreon. Sementara itu di Indonesia, selain Gokreator juga sudah ada Karyakarsa, Sociobuzz dan Trakteer.

Gokreator sendiri disebut memungkinkan podcaster, penulis, musisi, video creator, komikus, visual artist, dan kreator lain untuk dapat mempromosikan karya sekaligus menjangkau pasar lebih luas. “Selain membantu mempublikasikan karya kreator lokal, gokreator menjadi wadah untuk mempererat hubungan antara kreator dengan fans, misalnya melalui fitur chat,” ujar Ady Rahmat, Chief Operating Officer Gokreator dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (11/6).

Ady meyakini, fitur uang tip menjadi solusi new normal bagi kreator lokal. Hal inilah yang menjadikannya berbeda dengan platform lain. Di mana Gokreator membantu para kreator menjangkau lebih banyak pendengar.

Baca juga: TikTok Ajak Kreator Sebarkan Pesan Positif Lewat Konten Video Pendek

3 Fitur Unggulan Gokreator

platform gokreator indonesiaAda tiga fitur unggulan yang diusung Gokreator. Pertama adalah ‘tip jar’, di mana para fans dapat memberikan uang tip kepada kreator favorit, mulai dari Rp 10.000. Sebagai timbal balik, para fans yang memberikan uang tip akan mendapatkan konten eksklusif dari kreator yang tidak dipublikasikan kepada siapapun di platform manapun. Para kreator pun mudah untuk mencairkan penghasilan dari uang tip ketika ‘tip jar’ sudah mencapai Rp 100.000.

Kedua, fitur proyek. Selain konten, kreator juga bisa menawarkan jasa lain sesuai keahlian mereka kepada para fans untuk bisa menambah pundi penghasilan. Fitur proyek memungkinkan kreator menerima pekerjaan apapun yang dipesan oleh fans sesuai dengan keahlian kreator.

Ketiga, fitur membership. Melalui fitur ini, kreator bisa mendapatkan penghasilan tetap sesuai level keanggotan para fans. Ada pula fitur top creator yang mempromosikan kreator yang aktif berkarya dan fitur streaming alert yang akan memberikan notifikasi bagi kreator ketika fans memberikan tip saat live meeting dengan fans.

Proses menjadi kreator sangat mudah. Kreator membuat akun di gokreator.com, mengatur membership level, mempublikasikan konten dan mempromosikan karya ke berbagai social media. Gokreator menargetkan bisa menjaring 25.000 pengguna dan 1.000 kreator dalam satu tahun pertama. Setelah meluncurkan versi web, gokreator berencana merilis versi mobile app pada kuartal IV tahun ini.