Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

TikTok Ajak Kreator Sebarkan Pesan Positif Lewat Konten Video Pendek

0 494

Konten video akhir-akhir ini sedang marak di lingkungan milenial maupun orang dewasa. TikTok yang merupakan aplikasi berbasis video pendek, hari ini mengusung acara talk show bertajuk “Video Pendek Untuk Menyebarkan Pesan Positif” dengan menghadirkan narasumber Wulan Guritno, Dien Limano serta yoris Sebastian di Kota Kasablanka Mall, Jakarta.

Acara bincang-bincang hari ini mengundang dua kreator dengan latar belakang dan profesi yang berbeda, yaitu Wulan Guritno, seorang selebriti yang juga menjadi co-founder Yayasan Hope berfokus pada kesadaran akan penyakit kanker, dan Dien Limano, pelatih olahraga yang aktif membagikan tips sederhana di akunnya.

“Salah satu misi kami adalah memberikan inspirasi dan mendorong generasi muda untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Di tiktok kita berkomitmen untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pengguna tiktok, di tiktok tidak bisa mengirim massage berupa foto atau video kecuali berbentuk text,” ujar Donny Eryastha, Head of Public Policy TikTok, saat acara talk show TikTok hari ini di Kota Kasablanka Mall, Jakarta Selatan (29/02).

Ia mengungkapkan, ada dua layer dalam pemantauan video di TikTok, pertama dengan teknologi seperti cyber security, kedua dengan human reviewer. Mereka juga melakukan perbaikan fitur seperti edukasi yang dianggap penting. “Kita fokus edukasi karena untuk menumbuhkan rasa awareness dari penggunanya,” tambah Donny
Baca juga: TikTok Gelar Kampanye Lawan Perundungan

Pengamat tren pemasaran, Yoris Sebastian mengatakan “kita berada di era dimana user banyak yang cepat bosen, tiktok menjadi salah satu pilihan, jadi menurut saya ini momen yang pas ditambah lagi rata-rata anak muda banyak yang ingin membuat konten, ini salah satu pengisi tren bagi generasi muda”.

Program Sama-Sama di TikTok berlangsung mulai 28 Februari 2020 hingga 1 Maret 2020 di Main Atrium, Kota Kasablanka, yang diisi dengan berbagai kegiatan interaktif di booth dan penampilan dari musisi yang sedang hits, antara Iain Brisia Jodie dan Arsy Widianto. Hanif Andarevl, Marlo Ginanjar, Shakira Jasmine, dan Yura Yunita.

Selanjutnya, TikTok juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan di rangkaian “Sama-Sama di TikTok”, termasuk “Sama-Sama Belajar” yang bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta dan Universitas Airlangga di Surabaya, serta program kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Republik lndonesia.

TikTok juga melakukan berbagai kampanye sosial dengan bekerjasama dengan berbagai NGO dan komunitas. Antara lain kampanye “Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman” bersama Komunitas Sudah Dong untuk menerbitkan panduan anti cyber-bullying, #EduTok dan #BelajarBareng yang mengajak pengguna membagi konten edukasi di TikTok, serta #SosmedCinta yang bekerjasama dengan ICT Watch.

TikTok telah tersedia di lebih dari 150 pasar dan dalam 75 bahasa, dengan strategi lokalisasi yang gencar untuk mendorong pengguna menciptakan serta berinteraksi melalui konten yang relevan dengan budaya serta tren lokal.