Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Isi Segmen Premium High-end, Inilah Perkembangan OPPO Reno Hingga 2020

0 5.446

Sebentar lagi, smartphone terbaru dari OPPO bakalan hadir di Indonesia. Bagi Gizmo friends yang sudah menanti perangkat yang masuk dalam kelas High End Premium, OPPO Reno4 bakal hadir dengan banyak inovasi terbaru. Untuk saat ini, yang baru kita ketahui hanyalah desainnya yang semakin kece, serta fitur kamera tertentu seperti AI Color Portrait.

Tentu inovasi yang dihadirkan tidak serta merta muncul dalam satu waktu. Sebelum Reno4, sudah ada beberapa seri OPPO Reno yang dari masing-masing generasi membawa peningkatan tersendiri, terutama pada sektor kameranya. Penasaran nggak, dengan perkembangan OPPO Reno dari waktu ke waktu? Atau mungkin belum tahu kepanjangan dari penamaan kata Reno? Yuk kita telusuri satu persatu.

Baca juga: OPPO Ajak Fotografer Rio Motret Uji Kamera Reno4

Awal Mula Seri Reno

OPPO R17 Pro

Seri OPPO Reno sebenarnya diawali dari OPPO R17 Pro. Itu lho, smartphone rilisan awal 2019 yang punya desain gradien dan mengadopsi teknologi SuperVOOC 50W, bisa isi daya 40% dalam 10 menit pertama. Smartphone ini bisa dibilang sebagai trendsetter awal warna gradien yang sekarang banyak digunakan baik pada flagship maupun mid-range.

OPPO R17 Pro hadir sebagai pembuka jalan untuk segmen premium high-end, di masa transisi OPPO yang mengubah jargonnya dari “Selfie Expert” menjadi “Camera Phone”, karena smartphone tersebut unggul di kedua sisi kameranya. Dengan resolusi kamera 25MP Sony IMX576, adanya OIS membuat R17 Pro dapat ambil foto di malam hari secara optimal.

Pada tahun yang sama, OPPO perkenalkan teknologi 10x Lossless Zoom, yang kemudian dihadirkan di seri OPPO Reno 10x Zoom, hadir pada Juni 2019. OPPO Reno hadir untuk mengisi gap antara kelas Find series (flagship) dan A series, mengisi kelas harga smartphone Rp5 – 12 juta rupiah.

review OPPO Reno 10x Zoom

Reno sendiri merupakan singkatan dari “cREative inNOvation”, memiliki keseimbangan antara teknologi terbaru, serta desain yang berkarakter dan tampil mewah. Hal tersebut tentu mudah terlihat dari seri OPPO Reno & Reno 10x Zoom. Meski punya spesifikasi kamera terbaik, desainnya tetap dibuat tipis, dengan layar depan bezel-less tanpa ada gangguan kamera punch-hole ataupun notch.

Selain kamera belakang, kamera depan seri Reno 10x Zoom gunakan struktur pivot rising camera, sekaligus menyimpan lampu kilat untuk kamera belakangnya. Tak hanya unggul dalam segi kamera dan desain, OPPO Reno 10x Zoom juga jadi smartphone pertama di Indonesia yang secara resmi gunakan chipset terbaik Qualcomm pada saat itu, yaitu Snapdragon 855.

Dalam tahun yang sama, perkembangan OPPO Reno 10x Zoom dalam segi desain terus berlanjut. OPPO bekerja sama dengan klub sepakbola papan atas asal Spanyol, FC Barcelona untuk merilis produk dengan warna khusus dengan teknik heat-press, pertama kali diterapkan dalam industri.

Nggak cuma kerjasama internasional, OPPO juga menggandeng beberapa seniman lokal Indonesia seperti Darbotz, Arkiv Vilmasa, Ronald Aprian dan Eko Nugroho. Masing-masing merilis OPPO Reno 10x Zoom dengan desain khas mereka, dan hanya tersedia dalam 30 unit.

OPPO Reno2 Series

Kemudian di kuartal akhir tahun 2019, Perkembangan OPPO Reno berlanjut ke seri Reno2, terdiri dari perangkat OPPO Reno2 dan Reno2 F. Seri Reno2 hadir membawa setup kamera lebih sederhana namun tetap powerful dengan 5x Hybrid Zoom dan fitur Ultra Dark Mode. Serta Ultra Steady Video untuk perekaman yang lebih stabil dalam berbagai kondisi.

OPPO Reno2 hadir lebih murah dari seri 10x Zoom, meski masih mengusung teknologi pivot rising camera yang sama. Sementara bagi konsumen yang inginkan desain serupa, layar penuh namun lebih terjangkau, ada seri OPPO Reno2 F yang gunakan mekanisme kamera pop-up, dibanderol Rp5,399 juta saja.

Lanjutan Perkembangan OPPO Reno di 2020

kamera OPPO Reno3

Selang beberapa bulan kemudian, di bulan Maret 2020, OPPO Indonesia hadirkan OPPO Reno3. Perkembangan kamera yang dibawa OPPO Reno generasi ketiga ini cukup banyak, sebut saja kamera depan 44MP Ultra Night Selfie, serta kamera belakang 108MP Ultra Clear Image.

Tak hanya unggul dalam ambil foto saja, OPPO Reno3 perkenalkan mode perekaman Ultra Steady Video 2.0. Memanfaatkan EIS, kameranya sanggup merekam video stabil dalam framerate 60fps, dan lebih stabil lagi lewat Ultra Steady Video Pro pada 1080p 30fps. Harga awalnya justru lebih murah Rp200 ribu dari seri Reno2 F.

OPPO Reno3 Pro

Barulah di bulan April, OPPO membawa seri Reno3 Pro yang menjadi smartphone dual kamera pertama beresolusi tinggi (44MP + 2MP depth sensor). Kamera belakangnya juga tentu tak kalah inovatif, gunakan sensor utama 64MP yang juga bisa hasilkan foto beresolusi 108MP lewat bantuan AI. Dengan mode Ultra Dark Mode, baik kamera depan dan belakang mampu cerahkan foto bahkan dari sumber cahaya 1 lux saja.

Itulah perkembangan OPPO Reno dari tahun 2018 hingga pertengahan tahun 2020 ini. Seri terbaru yang bakal diperkenalkan nanti nampaknya akan hadir dengan banyak fitur baru. Bagaimana tidak, butuh event khusus hanya untuk jelaskan 1-2 fitur kunci terbaru di OPPO Reno4.

Bagi Gizmo friends, apa sih daya tarik tersendiri untuk seri OPPO Reno ini? Lebih ke desain, teknologi pengecasan cepatnya, atau kemampuan kameranya nih?


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia