Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review OPPO R17 Pro: Desain Mewah, Kamera Hebat, Baterai Cepat

Spesifikasi high-end dan fitur yang keren harus ditebus dengan harga yang tergolong premium.

Awal tahun 2019 kompetisi di pasar smartphone langsung sengit. OPPO mengawali pertarungan dengan mengeluarkan jagoan barunya. Produsen smartphone asal Tiongkok tersebut resmi meluncurkan produk terbarunya OPPO R17 Pro di Indonesia.

Sebenarnya di tataran global, ponsel ini sudah diperkenalkan sejak Agustus dan dipasarkan November 2018 di negara asalnya China. Namun baru awal Januari menyambangi pasar Indonesia. Kehadiran OPPO Find X yang dianggap cukup sukses menjadi alasan OPPO menghadirkan pula seri premium R17 Pro ke Tanah Air.

Dibanding seri lain yaitu A dan F, seri R masih belum terlalu populer karena tidak semua produk di lini ini dipasarkan di Indonesia. Di jajaran produk OPPO, seri R lebih fokus pada kemampuan kamera untuk fotografi.

Secara umum, ada tiga hal yang menjadi keunggulan OPPO R17 Pro, yaitu pada desainnya yang terlihat mewah, kamera smart lens dengan kualitas foto malam yang andal, serta teknologi pengisian baterai Super VOOC Flash Charge.  Nah, untuk mengetahui lebih jauh seperti apa kemampuan dan fitur yang ditawarkan, simak review OPPO R17 Pro berikut ini.

Desain

OPPO R17 Pro Kesan pertama begitu menggoda. Ponsel ini memang langsung menarik perhatian begitu melihat desainnya yang seksi, terutama body bagian belakangnya yang mewah. OPPO R17 Pro hadir dengan cangkang bergradasi yang sedang tren, namun dengan sentuhan berbeda. Saat memiringkan bodi, ada efek warna berbeda yang terlihat, dari ungu ke biru. Selain itu terdapat siluet bentuk S tercipta di bagian tengahnya kian menambah daya tariknya.

Pada OPPO R17 Pro, terdapat lapisan cahaya kondensasi di antara lapisan warna dan permukaan kaca. Lapisan kondensasi ini memiliki kurva dan tekstur khusus yang dapat membiaskan cahaya sesuai dengan tekstur. Ponsel ini tampil dengan warna baru dalam desain gradasi yakni Radian Mist. Selanjutnya, OPPO menggunakan teknologi matte etching dan pemolesan yang dilanjutkan dengan proses electroplating.

Bagian belakang perangkat ini terbuat dari kaca matte yang tidak hanya nyaman ketika dipegang, namun juga mencegah bekas sidik jari menempel pada permukaan kaca. OPPO R17 Pro juga mengadopsi desain crescent arc pada bagian atas dan bawah perangkat, yang mengakibatkan pengaturan ulang posisi speaker dan port USB. Penempatan speaker diposisikan di antara tepi perangkat dan bagian kaca dengan lebar hanya 0.5 mm.

Dengan lengkungan pada bagian bawah, ketika perangkat diletakkan secara horizontal, keluaran suara pada speaker akan lebih maksimal karena tidak terhalang. Selain itu, body juga semakin kuat dengan adopsi  seri ke 6 frame aluminium alloy yang menghadirkan perangkat yang solid dan permukaan tepian yang halus.

Satu hal saja yang menurut saya masih kurang dari ponsel ini, yaitu belum mendukung sertifikasi IP6x agar bisa tahan air dan debu. Sebagian besar ponsel premium keluaran Apple, Samsung, Huawei dan LG sudah menyertakan kemampuan ini. Agar ponsel memungkinkan digunakan dalam berbagai kondisi.

Display

OPPO R17 Pro memiliki kemiripan dengan sang kakak, OPPO Find X, dengan menggunakan layar yang spesifikasinya sama. Ponsel ini memakai layar 6.4 inci bezel-less dengan jenis AMOLED dan memiliki resolusi layar 2340×1080. Aspek rasio layar 19.5:9 menawarkan konsumen pengalaman yang lebih baik dalam menikmati konten multimedia dan bermain game.

Bedanya, jika OPPO Find X memakai layar panoramik yang utuh, maka OPPO R17 Pro memiliki poni alias notch berbentuk tetesan air yang disebutnya water drop screen. Pada bagian “tetesan air” ini terdapat kamera depan dan sensor cahaya tersembunyi.

Related Posts
1 daripada 181

Sebagai sebuah ponsel premium, kualitas layarnya tentu saja jempolan. Layar menampilkan konten dengan warna-warna yang lebih cerah dan hidup. Ditambah lagi dengan panel  Corning Gorilla Glas 6 yang membuatnya makin tangguh. Secara teknis, generasi terbaru Gorilla Glass 6 ini memiliki resistensi dijatuhkan ke permukaan dari ketinggian satu meter hingga 15 kali atau dua kali lipat lebih kuat dibandingkan Gorilla Glass 5.

Tidak ada isu yang saya temui di layar OPPO R17 Pro. Respon layar sentuh dan kualitas layarnya jempolan.

Kamera

Kamera menjadi fitur yang paling ditonjolkan di ponsel ini. Terlihat dari bekal tiga kamera dengan konfigurasi 12MP+20MP+TOF. Sensor terakhir yakni TOF bisa untuk membuat gambar 3 dimensi, namun penggunaan dan kemampuannya masih sangat terbatas.

OPPO R17 Pro dibekali dengan sensor  Sony IMX 362 dengan besaran 12 Megapixel dan teknologi dual-pixel, yang memungkinkan fokus kamera terjadi lebih cepat dan akurat. Besaran sensor 1/2.55 serta 1.4-micron pixel mendukung foto malam hari yang lebih baik dan rendah noise.

Kamera ini memiliki diafragma ganda F/1.5 dan F/2. Fitur diafragma ganda ini dapat berubah secara otomatis untuk menyesuaikan momen pengambilan gambar dengan kondisi cahaya.

Kemampuan diafragma tersebut dapat memastikan gambar yang dihasilkan lebih tajam dan jernih, baik dalam kondisi terang maupun kurang cahaya. Fitur ini mengingatkan pada kemampuan serupa yang lebih dulu ada yakni di Samsung Galaxy S9 series.

OPPO R17 Pro juga telah dilengkapi dengan Optical Image Stabilisation (OIS) tiga dengan tiga sumbu yang dapat membuat pengambilan gambar lebih stabil. Serta lensa 7P yang dapat membuat gambar tampil lebih tajam untuk pemotretan malam hari.

Selain itu, diperkuat AI Ultra-clear Engine berupa teknologi peningkatan kualitas gambar yang dikembangkan OPPO. Mesin pintar ini  memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi 23 jenis skema dan menghasilkan lebih dari 800 kombinasi skema foto.

Fitur Ultra Night Mode

hasil foto OPPO R17 Pro
Fitur ultra night mode di OPPO R17 Pro

Smartphone OPPO R17 Pro dirancang untuk memiliki keunggulan pemotretan malam hari. Saat saya mencobanya kamera di ponsel ini benar-benar handal. Secara umum,  melalui ponsel ini pengguna dapat menghasilkan foto yang lebih terang, detail, dan tajam walaupun dalam kondisi kurang cahaya.

Saat malam hari, mampu mengidentifikasi kondisi kurang cahaya dengan mengaktifkan ultra-clear night mode untuk memberikan efek pengurangan noise, pengaktifan anti getar dan meningkatkan dynamic range untuk menghasilkan foto malam dengan tingkat kecerahan tinggi, kaya warna dan hasil yang jernih.

Hasilnya memang menakjubkan. Bikin foto jadi anti gelap. Penampakan gedung-gedung pencakar langit terlihat begitu cantik dengan warna-warni yang memikat. Gambarnya terlihat terang dan detail.

Namun ketika ingin bereksperimen lebih dengan cahaya, fitur di kameranya memiliki keterbatasan pengaturan. Misalnya saja ketika ingin membuat foto light trail (pendaran cahaya kendaraan di malam hari), eksposur-nya berlebihan. Itu harus melalui pengaturan manual. Dalam hal ini, OPPO harus belajar pada Huawei.

Kamera Selfie

Walaupun ponsel ini lebih menonjolkan kemampuan kamera belakang alias kamera utama, namun bukan berarti kamera depan dilupakan. Bagaimanapun juga, soal kamera depan OPPO adalah ahlinya.

Di OPPO R17 Pro, kamera depannya memakai sensor Sony IMX 576 dengan diafragma F/2.0 dan mendukung fitur real-time HDR karena memiliki sensor HDR. Kamera ini dapat mengenali wajah secara akurat dengan mengenali lebih dari 296 titik wajah.

Dipadu dengan AI Beauty, yang dapat membuat wajah lebih cantik dari aslinya. Sudah tahu dibohongi, tetapi justru banyak suka fitur mempercantik wajah. Inilah anehnya pengguna zaman now.

Dan untuk yang ingin lebih fun, bisa mencoba AR Sticker 2.1 dan karakter virtual 2D-Omoji. Kualitas kamera depan, seperti biasanya, sangat baik. Bahkan di kondisi kurang cahaya pun masih mampu melakukan pekerjaannya dengan mumpuni.

Hasil foto OPPO R17 Pro

 

Fitur

Sama seperti produk OPPO lainnya, R17 Pro ini memakai sistem antarmuka Color OS yang berbasis sistem operasi Android. Versinya saat ini sudah menginjak Color OS 5.2 yang berbasis Android 8.1 Oreo.

Seharusnya untuk produk yang baru saja dirilis, OPPO langsung menggunakan sistem operasi terbaru Android 9.0 Pie. Padahal beberapa produsen smartphone lain saja ada yang sudah merilis update ke Android 9.0 untuk produk yang sudah beredar di pasar.

Belum ada informasi mengenai kapan OPPO akan merilis Color OS yang telah berbasis Android 9.0.

Untuk Color OS 5.2 sendiri telah dikustomisasi pada tingkat keamanan dan manajemen RAM yang lebih baik. Antarmukanya cukup user-friendly. Sehingga jika sebelumnya telah memakai smartphone OPPO versi yang lebih rendah sekalipun seperti F dan A, dipastikan tidak akan kesulitan mengoperasikannya.

Platform Color OS 5.2 ini menawarkan fitur baru seperti Smart Bar, Music Party dan Game Space. Untuk Smart Bar tidak hanya mendukung full screen multitasking secara horizontal namun juga secara vertikal.

Smart sidebar ini dapat diakses dengan mengulir bagian tepi layar. Fitur ini juga mendukung fungsi lain seperti screen recording, mengambil tangkapan gambar dan lainnya.

ColorOS 5.2 juga menyertakan fitur penyuntingan video. Kamu dapat dengan mudah melakukan pemotongan atau penggabungan berbagai macam klip untuk menjadi sebuah video.

Tersedia berbagai macam tema video dan template video yang dapat dipergunakan untuk membuat video semakin menarik. Ya walaupun fiturnya sebagai aplikasi video editor tergolong sederhana alias sangat terbatas, namun sudah mencukupi untuk membuat dokumentasi.

Fitur lain yang menarik perhatian adalah terdapat pemindai sidik jari tersembunyi. Ya, akhirnya OPPO mengadopsi teknologi yang sudah ada di merek sebelah, kompetitor yang masih satu marga yakni Vivo.

Teknologi fingerprint scanner ini tidak lagi memakai sensor terpisah yang biasanya ada di body bagian belakang atau di bawah layar, melainkan langsung berada di dalam layar.

Teknologi pemindaian sidik jari ini memanfaatkan sensor cahaya yang dapat menangkap gambar sidik jari pengguna saat menyentuh layar. Kontribusi dari layar OLED yang memiliki pencahayaan mandiri membantu mempercepat pengenalan sidik jari pada R17 Pro.

Cara mengaksesnya sama seperti fingerprint pada umumnya yakni menekan pada bagian yang sudah ditentukan. Penggunaan fingerprint di layar ini memang membuat ponsel menjadi terlihat lebih futuristik dan juga menghemat tempat.

Satu lagi fitur yang patut diapresiasi adalah, akhirnya OPPO menyertakan sensor NFC. Ini kabar gembira bagi yang sering melakukan transaksi menggunakan kartu e-Money baik itu untuk membayar tol, KRL, TransJakarta, dan lainnya. Karena kita bisa mengecek saldo maupun mengisi dana e-Money langsung dari aplikasi ponsel, berkat adanya sensor NFC. OPPO R17 Pro adalah ponsel pertama OPPO di Indonesia yang dibekali fitur NFC.

Baterai

OPPO R17 Pro dibekali dengan baterai bi-cell (2 x 1850mAH). Ini konfigurasi yang cukup unik. Baru pertama kali saya mengetahui ponsel memiliki dua buah baterai sekaligus. Jika digabungkan, maka kapasitas total baterai tersebut adalah 3700 mAh.

Kapasitas baterainya tidak bisa dibilang besar, tetapi juga tidak kecil. Jika penggunaan ponsel kamu tergolong intensif, misalnya gemar bermain game online, sering memotret dan merekam video, bahkan mengeditnya langsung di ponsel, maka baterai bisa cepat habis.

Tapi itu bukan masalah, karena ponsel ini bisa mengisi daya dengan cepat. Sangat cepat malah. Bahkan termasuk salah satu yang tercepat di dunia. Hal ini berkat penggunaan teknologi Super VOOC Flash Charge.

OPPO R17 pro merupakan perangkat R series pertama yang dilengkapi dengan Super VOOC flash charging technology, mengadopsi 10V/5A pengisian daya cepat dengan kekuatan hampir menyentuh 50 watt.

Teknologi pengisian daya super cepat ini mampu mengisi daya baterai sebesar 40% hanya dalam 10 menit saja. Sedangkan untuk pengisian penuh membutuhkan waktu dari 30-40 menit.

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, dari posisi baterai 3% hingga 100% membutuhkan waktu 37 menit.

Selain cepat, OPPO juga menjamin keamanan perangkat saat melakukan pengisian daya karena adanya 5 lapisan perlindungan yang terdapat pada adapter, kabel, port charger, baterai dan perangkat itu sendiri.
Baca juga: Isi Baterai Ponsel di Mobil Makin Ngebut dengan OPPO SuperVOOC Car Charger

Performa

Sebagai ponsel dengan harga yang premium, sudah sewajarnya jika OPPO R17 Pro dibekali dengan spesifikasi yang serba premium. Nah, mari kita masuk ke bagian dapur pacu.

Perangkat ini memakai prosesor Snapdragon 710. Ini sekaligus menasbihkan OPPO R17 Pro sebagai perangkat pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor baru besutan Qualcomm tersebut.

Di atas kertas, prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 10 nanometer yang menawarkan efisiensi daya unggul, masa pakai baterai tahan lama, dan pengalaman penggunaan perangkat yang lebih baik. Terutama jika dibandingkan dengan seri Snapdragon 660.

Menggunakan angka 7, posisi prosesor ini memang sudah tergolong high-end namun masih berada di bawah prosesor flagship 8xx dan di atas 6xx.

Ini yang mungkin membuat saya sedikit bertanya-tanya, apakah dengan harga yang tembus di angka 10 juta, belum layak untuk mendapatkan prosesor flagship?

Padahal jika melihat kompetitor, dengan harga seperti itu sudah bisa membenamkan prosesor 8xx. Mungkin ini pertimbangan untuk menjaga margin keuntungan tetap besar. Di luar prosesor, ponsel ini dilengkapi dengan 8GB RAM DDR4X dengan penyimpanan internal 128GB berjenis UFS2.1.

Secara umum, kinerja ponsel ini terbilang cepat. Menjalankan berbagai aplikasi dan game berlangsung mulus dan lancar. Walaupun tentu bakal jauh lebih memuaskan jika saja memakai prosesor 8xx yang dipadu dengan sistem operasi Android 9x. Tetapi ini hanya pengandaian saja. Berikut ini adalah hasil benchmark OPPO R17 Pro.

Hasil benchmark dengan Antutu
Hasil benchmark dengan PCMark

Kesimpulan

OPPO Indonesia menjual seri R17 Pro dengan harga  Rp9.999.000 yang berarti sudah masuk dalam kategori premium. Beberapa rekan media yang saya temui menganggap ponsel ini harganya terlalu mahal alias overprice. Terutama setelah melihat kompetitornya yakni Huawei yang di akhir tahun 2018 baru saja merilis smartphone premium Huawei Mate 20 yang harganya lebih murah yakni Rp8,999 juta.

Tentu saja setiap produsen memiliki banyak pertimbangan dalam memutuskan harga jual. Pihak OPPO percaya diri produknya ini akan laku di pasar dengan harga sebesar itu, kemungkinan setelah produk flagship-nya OPPO Find X diterima dengan cukup baik di pasar.

Jika tertarik dengan fitur inovatif seperti kemampuan kamera di malam hari yang sangat baik, isi daya baterai super cepat, desain cantik hingga dukungan NFC, maka OPPO R17 Pro ini cocok buat kamu.

Spesifikasi OPPO R17 Pro

OPPO R17 Pro
Untuk spesifikasi lebih lengkap, klik pada gambar di atas

General

  • Device Type
    Smartphone
  • Model / Series
    OPPO Find X (Product ID: CPH1871)
  • Released
    18 Juli, 2018
  • Status
    Available
  • Price
    3.799.000

Platform

  • Qualcomm Snapdragon 710, 2.2GHz,10nm LPE process
  • CPU CPU (Central Processing Unit) mostly known as processors, CPU processes instructions in order to carry out certain functions that make your device operate properly. Processors are often described as the brain of computers, smartphones and tablets, Smartphones and tablets rely on processors to carry out their every task, Processors are an incredibly important factor in selecting any type of computing device, including your smartphone.
    Octa-core (4x2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4x1.7 GHz Kryo 385 Silver)
  • GPU GPU (Graphics Processing Unit) is a single-chip processor designed to rapidly manipulate and alter memory to accelerate the creation of images in a frame buffer intended for output to a display, This includes things such as lighting effects, object transformations, and 3D motion.
    Adreno™ 616
  • RAM (Memory) RAM (Random Access Memory) is a type of computer memory that can be accessed randomly, any byte of memory can be accessed without touching the preceding bytes that allows information to be stored and accessed quickly from random locations. RAM is the most common type of memory found in computer systems, smartphones, tablets and other electronic devices.
    8GB
  • Storage Internal Storage is a data storage space (flash memory) mostly used in smartphones, tablets and other electronic devices where operating system, apps, music, photos, videos, files and other user data Is stored.
    128GB, no micrOSD
  • Operating System OS => Every computer system run on a base software called Operating System (OS). Operating System controls all basic operations of the computer (such as smartphone, PDAs, tablet computers and other handheld devices). The Operating System allows the user to install and run third party applications (apps), apps are used to add new functionality to the device.
    Android 8.1
  • User Interface UI or user interface of a device is the look and feel of the on-screen menu system. How it works, its color scheme, how it responds to button presses, all of these things are part of the user interface.
    ColorOS 5.2

Design

  • Dimensions
    157.6mm*74.6mm*7.9mm
  • Weight
    183 g
  • Design Features
    Color: Radiant Mist
  • Battery
    3700mAh(1850mAh*2) type C

    SuperVOOC charge, 40% in 10 minutes charge

Network

  • Network Frequency
    GSM:850/900/1800/1900
    WCDMA:B1/2/4/5/6/8/19
    LTE FDD:B1/2/3/4/5/7/8/12/13/17/18/19/20/25/26/28/29/32/66
    TD-LTE:B34/38/39/40/41(2496-2690MHz)
  • SIM SIM (Subscriber Identity Module) is a small card that contains mobile network subscriber's account information. This allows the phone using the card to attach to a mobile network. The SIM card is most commonly associated with GSM and UMTS mobile networks. Moving a SIM card from one phone to another allows a subscriber to switch mobile phones without having to contact their mobile network carrier. SIM cards can also be used by a phone to store limited amounts of data, such as phone numbers and text messages.
    Dual Nano-SIM Cards
  • Data Speed
    HSPA, LTE

Display

  • Screen Type
    AMOLED, Waterdrop Screen
  • Size and Resolution
    6.4 inches; 2340 x 1080 pixels Full HD+, 402ppi
  • Touch Screen
    Capacitive touchscreen
  • Features
    ratio 19.5:9
    Protection: Gorilla Glass 6

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear Camera is able to capture photographs and usually videos, The most important characteristics of a camera are the resolution (measured in megapixels), lens focus type (fixed or automatic), higher megapixel cameras are known to capture higher quality photos, but not always a good measurement of the photos quality.
    12MP+20MP+TOF F1.5/F2.4 (Smart Aperture) OIS AI Ultra-Clear Engine
  • Front
    25MP, f/2.0 Sensor: Sony IMX 576
  • Flash Flash Light => There is commonly two types of flash lights are used in camera mobile phones, LED Flash (LED flash offers lower power consumption with drive circuitry that takes up very little room, LEDs can be strobed faster than any other light source), Xenon Flash (xenon flash produces an extremely intense full-spectrum white light for a very short duration)
    Yes, LED Flash (rear)
  • Video
    UHD
  • Camera Features
    Rear: AI Scenes Recognition, AR stickers 2.1, AI Portrait Mode, RAW HDR, 2D O-moji
    Front:
    Sensor-HDR, 2D O-moji,
    AI Custom Beauty

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    BT2.1+EDR, BT5.0
  • USB
    USB v3.0 type C, USB Host / OTG
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with GPS/aGPS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    Video: MP4/H.264
    Audio: MP3/WAV/eAAC+/FLAC
  • FM Radio
    Stereo FM radio
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5 (Android Browser)
  • Messaging
    SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Hidden Fingerprint Unlock(depends on markets)
    Sensors: magnetic sensor, light sensor, distance sensor, gyroscope, gravity
  • Other
    In the box:
    - OPPO Find X *1
    - Adapter *1
    - Headset *1
    - Type-C to 3.5mm Audio Adapter *1
    - SIM Card Ejector *1
    - Micro USB Cable *1
    - Important Info. Booklet with Warranty Card *1
    - Quick Guide *1
    - Case *1
81%
Awesome

Review OPPO R17 Pro

Smartphone ini harganya cukup mahal. Namun jika tertarik dengan fitur inovatif seperti kemampuan kamera di malam hari yang sangat baik, isi daya baterai super cepat, desain cantik hingga dukungan NFC, maka OPPO R17 Pro ini cocok buat kamu.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Features
  • Performance
  • Battery
  • Price
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More