Antarkan Makanan Jarak Jauh, Silicon Valley Kembangkan Robot Pengantar Barang Otomatis

Kebutuhan masyarakat untuk berbelanja, semakin tinggi. Walau begitu, saat ini setiap orang tetap ingin berbelanja aman dan nyaman. Mengingat pandemi yang belum usai, penggunaan aplikasi dan jasa ekspedisi pengiriman barang menjadi solusi.

Meski dapat mengurangi penyebaran Covid-19, tapi bukan tak mungkin virus tersebut dapat masuk ke rumah kita. Ini dapat terjadi karena jasa ekspedisi pengiriman masih menggunakan tenaga manusia yang rentan tertular Covid-19.

Baca juga: Uber Ambisi Rampungkan Project Drone Pengantar Makanan pada 2021

Perusahaan grosir asal Amerika, Albertsons akan menggunakan robot pengiriman bahan makanan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Program percontohan ini dikembangkan oleh startup Silicon Valley, Tortoise yang akan menguji pengiriman.

Proyek ini akan mulai di dua lokasi Safeway di California Utara. Pendiri dan Presiden Tortoise, Dmitry Shevelenko mengatakan jika berhasil, dia mengharapkan pilot untuk terus meningkatkan skala ke toko lain di negara bagian dan mungkin di seluruh Pantai Barat.

Dapat Mengantar Barang Jarak Jauh

Albertsons Market
Konsumen tak perlu repot ke toko, karena robot dapat mengantarkan barang jarak jauh (Daily Breeze)

Dikutip dari Tech Crunch, robot pengiriman bermerek Safeway akan dilengkapi dengan sensor dan perangkat lunak Tortoise yang dapat mengirimkan barang ke pelanggan hingga 5 kilometer dari lokasi toko. Operator dapat mengendalikan robot yang terletak ribuan mil jauhnya untuk memandu kereta pengiriman ke tujuannya.

Dapat menampung hingga 120 pon atau sekitar 54,4 kilogram bahan makanan dalam empat kontainer yang dapat dikunci, membuat pengiriman menggunakan robot akan lebih aman. Setelah keranjang pengiriman tiba, pelanggan dapat menerima pesan dan mengambil bahan makanan mereka.

Proyek ini merupakan contoh terbaru dari pengecer besar yang mengadopsi teknologi dalam upaya untuk mengirimkan barang ke pelanggan dengan lebih cepat. Perusahaan seperti Amazon, Kroger dan Walmart telah bereksperimen dengan menggunakan robot pengiriman dan kendaraan otonom untuk mengantarkan barang ke pelanggan atau dalam jaringan distribusinya.

Memberikan Kenyamanan Pada Pelanggan

Robot Pengantar Otomatis
Robot ini akan membuat konsumen nyaman (Tortoise/Albertsons)

Kepala Pelanggan dan Petugas Digital, Chris Rupp mengatakan timnya memiliki obsesi untuk mencoba teknologi baru yang dapat memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan. “Kami bersedia dengan cepat menguji, mempelajari, dan menerapkan inovasi unggulan yang memastikan kami menawarkan pengalaman berbelanja termudah dan ternyaman di seluruh industri,” ujar Chris.

Baca juga: LG Kembangkan Robot Troli, Biar Pengunjung Tak Capek Saat Belanja di Supermarket

Tortoise memulai dengan melengkapi skuter listrik dengan kamera, elektronik dan firmware yang memungkinkan operator di tempat yang jauh untuk menggerakkan skuter listrik dan sepeda ke pengendara atau mengirimkannya kembali ke tempat parkir yang semestinya. Ketika pandemi Covid-19 terjadi peningkatan permintaan akan layanan pengiriman.

Pada awalnya, proyek ini berfokus pada toko lingkungan dan toko merek khusus, melalui kemitraan dengan platform grosir online. Perusahaan memiliki strategi untuk mendapatkan kontrak dengan pengecer besar sambil terus bermitra dengan platform perdagangan online, yang akan memungkinkannya menjangkau toko yang lebih kecil dan independen.

Tinggalkan komen