Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Uber Ambisi Rampungkan Project Drone Pengantar Makanan pada 2021

Bayangkan jika suatu hari nanti burger atau makanan lain yang kalian pesan dikirimkan oleh drone, bukan lagi oleh manusia atau robot. Begitulah kira-kira skenario yang ada dalam project drone pengantar makanan Uber Technologies.

Ambisi Uber merealisasikan drone pengantar makanan bocor berkat laporan dari Wall Street Journal. Menurut media ini, perusahaan yang berbasis di San Francisco ini mempunyai kerangka waktu yang agresif yang ingin agar drone pengantar makanan dapat mulai dikembangkan paling cepat tahun depan.

Kabar keinginan Uber mewujudkan drone pengantar makanan diketahui dari lowongan Uber untuk posisi eksekutif operasional yang bakal menaungi proyek ini. Lowongan ini sendiri sudah dicabut oleh Uber menyusul berita dari Wall Street Journal tersebut. Seorang eksekutif ini nantinya haruslah orang yang bisa “mendorong terciptanya operasi drone yang efisien dan aman.” Lowongan ini sedianya untuk UberExpress, nama internal untuk operasi pengiriman via drone bernama UberEats.

Juru bicara Uber sendiri tidak menanggapi permintaan wawancara dari FOX Business terkait rumor drone pengantar makanan ini. Ia hanya menyebut laporan Journal tersebut tidak “secara penuh mencerminkan program [drone pengantar makanan] yang hingga kini masih sangat hijau.”

Pada Mei 2018, CEO Uber Dara Khosrowshahi mengatakan dirinya percaya diri dengan ide drone pengantar makanan dan meyakini bahwa hal tersebut merupakan kunci mengatasi mobilitas di perkotaan.

Related Posts
1 daripada 13

“Saya sendiri percaya bahwa kunci mengatasi mobilitas di perkotaan adalah dengan menerbangkan burger di kota mana pun,” kata Khosrowshahi dalam Uber Elevate Summit pada Mei 2018.

“Kita butuh ‘burger terbang’. Setiap orang membutuhkannya, jadi ya kita sedang menggarapnya.”

Ia menambahkan bahwa drone pengantar makanan yang nantinya akan dikendalikan oleh sistem dari Uber akan mampu mengirimkan makanan dalam lima menit saja, jauh lebih cepat dari kurir, yang rerata membutuhkan waktu hingga 30 menit. Uber kini mengetes program ini di San Diego.

Drone pengantar pizza. Foto oleh fpv.tv

Baca juga: Menyerah di Asia Tenggara, Uber Akhirnya Ikut Nge-Grab!

Keinginan Uber dengan drone pengantar makanan ini bukanlah barang baru. Pada 2013, direktur Amazon Jeff Bezos mengatakan kantornya kemungkinan memperkenalkan drone pengantar dalam empat atau lima tahun mendatang. Alphabet kepunyaan Google malah telah mengerjakan project drone sejak 2012 tetapi mengalami kendala teknis dalam proses pengerjaannya. Bahkan pada 2016, perusahan ini mengeluarkan dua manajer yang sebelumnya memimpin proyek drone pengantar ini.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More