Drone Besutan Beehive Sukses Kirim Logistik di Madura

Jakarta, Gizmologi – Startup teknologi Beehive Drones sukses melakukan uji coba operasional pesawat nirawak (drone) antarpulau di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rencananya drone ini akan digunakan sebagai last-mile delivery sistem logistik obat-obatan untuk masyarakat di pulau dan daerah terpencil.

Beehive Drones merupakan perusahaan rintisan yang didirikan oleh Albertus Gian Dessayes, Anindita Pradana Suteja, dan Ishak Hilton Pujantoro Tnunay pada 2017. Awalnya sempat fokus di bidang agrikultur dan kehutanan, Beehive Drones kini serius menjadi penyedia sistem pelayanan drone sebagai solusi untuk membantu sejumlah industri konvensional di Indonesia.

“Uji coba ini merupakan momen penting bagi perusahaan, juga bagi lanskap penyedia layanan sistem penerbangan drone di Indonesia,” ujar CEO Beehive Drones, Albertus Gian Dessayes, dalam keterangan tertulis, Senin (1/11).

Baca juga: DJI Mini SE Jadi Drone Kompak Termurah, Harga Mulai Rp4 Jutaan

Alasan Dipilihnya Sumenep untuk Uji Coba

Beehive Drones x Telkomsel_4Kabupaten Sumenep memiliki sejumlah gugusan pulau kecil yang membutuhkan sistem logistik terpadu. Selama ini, kebutuhan logistik di gugusan pulau dilayani oleh kapal. Namun, kapal tidak selalu siap memasok kebutuhan logistik setiap dibutuhkan.

Beehive Drones berusaha menyediakan drone yang mengirimkan suplai medis sebagai solusi efektif dan efisien bagi kebutuhan daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan moda distribusi konvensional. Uji coba ini jadi aktivitas pertama drone yang mengirimkan suplai medis antarpulau dan daerah sulit dijangkau.

“Targetnya, pesawat tanpa awak untuk kebutuhan logistik medis tersebut bisa dioperasikan di semester pertama tahun 2022,” tutur Gian.

Wacana drone sebagai solusi sistem logistik sudah dibicarakan beberapa tahun belakangan. Hanya saja, persoalan regulasi dan kesiapan terkait wilayah udara Indonesia masih menjadi hambatan. Sedangkan bagi sistem logistik Indonesia, drone adalah jawaban praktis atas permasalahan last-mile delivery.

Beehive Drones Startup Binaan Telkomsel

Beehive Drones x Telkomsel_2

Vice President Business Development Telkomsel Jockie Heruseon, mengatakan inisiatif ini merupakan salah satu contoh perwujudan komitmen Tinc untuk dapat berkolaborasi dengan startup lokal. “Khususnya dalam menghadirkan solusi digital inovatif yang dapat memecahkan permasalahan di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Pemanfaatan teknologi drone untuk kebutuhan logistik, Jockie melanjutkan, menjadi solusi untuk membantu masyarakat di area-area yang sulit terjangkau. Hal ini, kata dia, sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendorong pemanfaatan teknologi digital secara merata untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia hingga wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T).

Beehive Drones merupakan salah satu startup yang tergabung dalam Tinc, program corporate accelerator Telkomsel. Saat ini Beehive Drones tengah berada pada tahapan akhir menuju commercial release. “Harapannya, ekosistem drone medical ini nantinya membantu industri kesehatan di dalam negeri maupun di luar negeri,” kata Jackie.

Tinggalkan komen