Kenalin, Inilah Robot Anjing ‘CyberDog’ Buatan Xiaomi

Jakarta, Gizmologi – Tak hanya memamerkan smartphone dan tablet flagship terbarunya, Xiaomi juga mengenalkan robot anjing pertamanya yang diberi nama CyberDog. Robot anjing berkaki empat ini memiliki segudang fitur dan kemampuan yang beragam

Bicara desain, CyberDog sekilas mirip dengan robot berkaki empat buatan Boston Dynamics yakni Spots. Kendati demikian, Xiaomi mengklaim jika robot buatannya dapat lebih ramah manusia dan bisa diajak bermain.

Konsep robot anjing yang bisa menjadi hewan peliharaan sebenarnya bukanlah hal baru, tengok saja robot anjing Aibo buatan Sony. Tapi jika bicara penampilan robot anjing besutan Xiaomi ini memang lebih futuristik dan tidak imut seperti Aibo.

Baca juga: Antarkan Makanan Jarak Jauh, Silicon Valley Kembangkan Robot Pengantar Barang Otomatis

CyberDog Ditenagai Superkomputer dengan AI

Cyberdog Xiaomi robotTentunya sebagai produk robot pertama buatan Xiaomi, CyberDog memiliki spesifikasi yang tidak main-main. CyberDog ditenagai oleh platform superkomputer dengan kecerdasan buatan Jetson Xavier AI milik Nvidia.

Dikutip dari The Verge, Xiaomi mengatakan CyberDog bisa berjalan dengan kecepatan 3,2 meter/detik, dan bobotnya 3 kg. Robot ini juga bisa melakukan gerakan akrobatik seperti jungkir balik.

Bahkan Xiaomi menyematkan 11 sensor di seluruh tubuh robot anjing ini meliputi sensor sentuh dan ultrasonik. Kepala robot anjing ini juga dilengkapi dengan sejumlah kamera, termasuk lensa panorama, kamera Intel RealSense D450, LIDAR, dan GPS yang membantunya bergerak secara otonom.

“CyberDog bisa menganalisa sekelilingnya secara real time, membuat peta navigasi, merencanakan tujuannya dan menghindari rintangan. Dipadukan dengan postur manusia dan tracking pengenalan wajah, CyberDog mampu mengikuti pemiliknya dan menghindari halangan,” kata Xiaomi.

Layaknya anjing pada umumnya, CyberDog juga dapat merespon panggilan suara. Ia juga dapat merespon isyarat wajah dan mengikuti instruksi gerak dari pemiliknya, mirip dengan anjing sungguhan.

Robot berwarna hitam ini juga dilengkapi dengan tiga port USB-C dan satu port HDMI yang berfungsi untuk memfasilitasi sambungan antara robot dengan perangkat lain. Kendati memiliki fitur yang beragam, robot buatan Xiaomi ini masih dalam tahap pengembangan.

Meski begitu, Xiaomi mengatakan akan memproduksi robot anjing ini dalam jumlah terbatas untuk Mi Fans, teknisi dan penggemar robot. Hanya 1.000 unit pertama ini akan dijual dengan harga 9.999 Yuan atau sekitar Rp22,2 juta

Robot Anjing Spot

bostondynamics dogs robot spot

Jauh sebelum Xiaomi memperkenalkan CyberDogs, dunia lebih dulu mengenal Spot, robot canggih berbentuk mirip anjing buatan Boston Dynamics. Spot telah banyak didistribusikan dan telah digunakan untuk banyak tugas yang sulit dilakukan manusia.

Sejak tahun 2015, Spot ditempatkan di berbagai institusi seperti rumah sakit, kepolisian, dan lain-lain. Spot juga dapat membantu pekerjaan manusia di lingkungan yang berbahaya, seperti di PLTN, area konstruksi, pengeboran minyak lepas pantai, hingga membawa perlengkapan militer.

Robot ini juga dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena diperlengkapi dengan berbagai sensor dan kamera di dalamnya. Bahkan robot anjing ini dapat membantu para dokter di Massachusetts dalam memerangi virus corona.

Robot anjing ‘Spot’ dijual secara komersil pada bulan Juni 2020 dengan harga US$ 75.000 atau sekitar Rp1 miliar. Jadi tertarik untuk membeli robot Spot atau CyberDogs?

Tinggalkan komen