alexa

Qualcomm Snapdragon 778G, Chipset Alternatif untuk Smartphone Tier Tinggi

Di tengah sulitnya pasokan chip konduktor belakangan ini, Qualcomm malah memperkenalkan chipset Snapdragon 778G kepada publik. Seri terbaru ini juga sudah mengadopsi penggunaan jaringan 5G di masa mendatang. Sehingga smartphone yang mengadopsinya bisa dibilang berada pada kelas menengah hingga atas.

Snapdragon 778G dirancang untuk menghadirkan mobile gaming canggih  dan artificial intelligence (AI) yang dipercepat untuk memberikan pengalaman foto dan video  yang menakjubkan. “Snapdragon 778G dikembangkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari OEM  global untuk memberikan lebih banyak pilihan platform pada tier-tinggi,” kata Kedar Kondap,  Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies.

Baca juga: Review OPPO Find X3 Pro: Unik dan Premium, Mendekati Sempurna

Kelebihan Snapdragon 778G

snapdragon 778gDari sisi performa kerja, chipset ini tidak hadir sebagai versi lebih baik dari 780G yang dirilis pada Maret lalu. 778G sebagai seri baru justru dianggap mengalami penurunan kualitas, terutama pada sektor kamera pengolahan tiga variasi gambar. Dimana fitur image signal processor (ISP) seri ini hanya memiliki kemampuan proses 2.0 gigapixels per detik. Lebih rendah 0.5 dibandingkan ISP milik 780G dengan kemampuan mencapai 2.5 gigapixels per detik untuk pengolahan outputnya.

Meski sedikit mengalami penurunan, tetapi kemampuan ISP tetap andal. Snapdragon 778G memiliki fitur Triple ISP untuk mengambil tiga foto atau video  secara bersamaan, termasuk wide, ultra-wide, dan zoom. Pengguna sekarang dapat  merekam dari tiga lensa sekaligus, memungkinkan menangkap segi terbaik dari  masing-masing lensa dan secara otomatis menggabungkannya menjadi satu video  berkualitas profesional. Pengguna juga dapat memotret seperti seorang profesional dengan  video 4K HDR10 +. Serta mendukung sensor gambar Staggered HDR sehingga dapat merekam video  komputasi High Dynamic Range (HDR).

Perbedaan lainnya ialah chipset 778G yang malah menggunakan ukuran 6nm. Lebih besar daripada 780G yang hanya 5nm. Tentu ukuran lebih kecil akan membuat efisiensi kerja smartphone jadi lebih baik. Dan terakhir soal kemampuan GPU Adreno 642L (seri 780G menggunakan Adreno 642) pada chipset, dengan “L” mengarah pada definisi “Lower Clock Speeds”.

Platform ini menghadirkan beberapa fitur dari Qualcomm Snapdragon Elite  Gaming. Termasuk Variable Rate Shading (VRS) dan Qualcomm® Game Quick Touch,  dua fitur baru menarik yang sekarang tersedia di seri-7. Dengan adanya  Adren 642L GPU, VRS memungkinkan pengembang untuk menentukan dan mengelompokkan piksel yang diberi warna dalam adegan permainan berbeda untuk  membantu mengurangi beban kerja GPU dalam memberikan penghematan daya yang lebih  besar sambil tetap mempertahankan ketelitian visual tertinggi. Qualcomm Game Quick  Touch menawarkan respons input hingga 20% lebih cepat untuk latensi sentuh guna  memberikan pengalaman level gamer profesional.

Sampai sini kami menganggap, bahwa hadirnya Snapdragon 778G merupakan alternatif dari minimnya pasokan chip konduktor. Sehingga Qualcomm memanfaatkan apa yang mereka miliki saat ini sebagai material pokok chipset ini.

Baca juga: Fitur Memory Expansion Bakal Ada di OPPO Reno5 4G & 5G, Bisa Perluas RAM

Kapan Snapdragon 778G Meluncur ke Pasaran

Snapdragon 778G 5G QRD 5G 1
Empty office interior

Dukungan dari beberapa brand untuk Snapdragon 778G pun bermunculan. Snapdragon 778G akan digunakan smartphone terbaru dari beberapa brand besar seperti Honor, Iqoo, Motorola, Oppo, Realme, hingga Xiaomi.

Honor 50 disebut kuat akan jadi seri smartphone baru yang akan menggunakan chipset terbaru ini. Sementara untuk waktu rilis produk smartphone tersebut sehingga bisa dinikmati user, diperkirakan baru akan terjadi pada kuartal kedua 2021 mendatang.

Seperti yang diungkapkan Fang Fei, President of Product Line, HONOR Device Co., Ltd. “Kolaborasi Qualcomm dan Honor 50 yang menggunakan Snapdragon 778G, akan menjadikan smartphone ini menjadi standar baru dalam industri,” ujar Fang Fei.

Henry Duan, vice president, President of Smartphone, OPPO pun berujar, “Kami sangat senang bekerja bersama Qualcomm dan lewat Snapdragon 778G kami membawa pengalaman konektivitas dan kamera terbaik kepada para konsumen.”

Kalimat-kalimat bernada optimisme yang wajar terlontar dari rekanan bisnis. Tinggal kita melihat implementasi nyata dalam bentuk produk yang mereka hasilkan nanti. Semoga saja apa yang ditawarkan Qualcomm dapat menjadi solusi terbaik bagi perangkat smartphone yang lebih efisien di masa mendatang.

Tinggalkan komen