Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Server Google Cloud Platform Kini Hadir di Indonesia

1 563

Kurang lebih sekitar tahun lalu, pada konferensi Google Cloud Next 2019, Google umumkan bahwa mereka akan ekspansi bisnis Google Cloud ke Indonesia. Disebutkan jika Google akan membuka layanan pertamanya di Indonesia, tepatnya di Jakarta pada semester pertama tahun 2020. Hal tersebut benar terwujud, karena kemarin Google Cloud Indoesia telah resmi hadir tepatnya di Jakarta.

Jakarta menjadi wilayah regional ke-9 yang beroperasi untuk wilayah Asia Pasifik, dan tentunya pertama di Indonesia. Dengan dibukanya Google Cloud Platform (GCP) di Jakarta, kini secara total Google telah dapat melayani 24 region dalam 73 zona, di lebih dari 17 negara.

Melalui peluncuran yang diadakan secara daring Rabu kemarin (24/6), peresmian tersebut juga dihadiri oleh CEO Google & Alphabet, Sundar Pichai. Ia mengatakan, kehadiran Google Cloud Indonesia adalah sebagai salah satu upaya Google untuk kembangkan transformasi digital di tanah air. Dan juga untuk percepat inovasi di perusahaan berskala kecil maupun besar, menggunakan AI dan analisis data milik Google.

Baca juga: Google Sumbang USD800 Juta untuk Menangkal Dampak Global Covid-19

Telah Digunakan di Berbagai Bidang Perusahaan Tanah Air

Sundar Pichai dalam peluncuran Google Cloud Indonesia
CEO Google & Alphabet, Sundar Pichai dalam peluncuran virtual Google Cloud region Jakarta, Indonesia.

Peluncuran Google Cloud di Indonesia dinilai dapat hadirkan layanan GCP lebih dekat dengan pelanggan dan penggunanya. Dengan latensi akses yang lebih rendah terhadap data dan aplikasi, perusahaan yang menjalankan bisnis di Indonesia bisa mempercepat transformasi digitalnya. Keberadaan GCP ini juga dapat memenuhi kebutuhan regulasi atau standar tertentu, serta berikan opsi pemulihan bencana untuk pelanggan di Asia Pasifik.

Sebagai salah satu pengguna layanan Google Cloud di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan GCP. Indra Utoyo, Direktur Digital untuk Teknologi, Informasi dan Operasi di Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyampaikan, “Google Cloud telah membantu kami jalankan strategi perbankan digital, yang mempercepat inklusi keuangan dan berikan layanan perbankan lebih baik untuk masyarakat Indonesia.”

Indra menambahkan, BRI telah gunakan beberapa teknologi dari Google seperti Apigee, Google Maps Platform API dan Cloud Vision untuk keperluan pengembangan. Menggunakan pendekatan hybrid, Google dan BRI menempatkan keamanan data sebagai prioritasnya. Kehadiran GCP di Jakarta perkuat komitmen Google dan membantu BRI untuk jangkau pelanggan dengan lebih baik.

Selain perbankan, salah satu penyedia layanan operator di Indonesia, XL Axiata juga memiliki target untuk pindahkan 70% beban kerja ke platform cloud dalam tiga tahun kedepan. Yessie D Yosetya, Chief Information and Digital Officer, XL Axiata mengatakan jika pihaknya telak mengadopsi Anthos untuk mengotomasi, mengelola dan memperbesar beban kerja di seluruh lingkungan hybrid serta multi-cloud dengan cara yang aman dan konsisten.

“XL Axiata berkomitmen terhadap modernisasi infrastruktur kami, untuk dapatkan lebih banyak kelincahan bisnis dan tingkatkan kecepatan penyebaran aplikasi. Anthos cocok secara natural, karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sambil membiarkan Google, sebagai pemimpin di Kubernetes, untuk kelola infrastruktur kontainer kami,” tambah Yessie.

Google Cloud juga telah memungkinkan Tokopedia sebagai salah satu unicorn digital di Indonesia untuk terhubung dengan lebih dari 7 juta pedagang dan 90 juta lebih pengguna aktif bulanan. Menurut Tahir Hashmi, VP of Engineering, Tokopedia, kolaborasi ini memberi Tokopedia peluang yang menarik untuk membantu orang Indonesia mendapatkan pencapaian yang lebih.

Pelatihan Google Cloud Indonesia

Dengan motto “Maju Sama-Sama”, Google Cloud Indonesia berkomitmen untuk kerjasama dengan pihak lokal membangun masa depan yang tangguh. Membantu membangun tenaga kerja yang siap pakai dengan layanan cloud, Google akan sediakan 150,000 laboratorium pelatihan langsung di Indonesia pada tahun ini.

Pelatihan tersebut termasuk akses ke sesi pelatihan Google Cloud Platform bebas biaya, kredit dan berbagai inisiatif kesiapan karir seperti Juara GCP dan pelatihan Cloud OnBoard. Sampai beasiswa digital yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, untuk bantu masyarakat mendapatkan sertifikasi GCP.