Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

Efek #DiRumahAja, Penggunaan Aplikasi E-learning di Jaringan 3 Melonjak 98%

Semua operator mengalami lonjakan trafik layanan data semenjak diberlakukannya kebijakan #DiRumahAja sebagai langkah pencegahan virus Corona. Termasuk 3 (Tri) yang meski tidak menghadirkan program khusus sebagaimana Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, namun tetap memperoleh limpahan trafik signifikan terutama pada aplikasi e-learning.

3 mencatat peningkatan lalu lintas data mingguan sebesar 15-20% dalam sepekan terakhir. Secara rinci, operator milik Hutchison ini melihat penggunaan aplikai e-learning melonjak hingga 98% dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia, mengatakan pihaknya menyadari dengan adanya imbauan untuk bekerja dan belajar di rumah, semakin banyak masyarakat Indonesia yang akan mengandalkan internet untuk beraktivitas. “Oleh sebab itu, kami berupaya untuk menyediakan produk yang dapat menunjang produktivitas pengguna kami walaupun harus beraktivitas dari rumah,” ujar Dolly, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (24/3).

Trafik aplikasi e-learning

Aplikasi e-learning menjadi salah satu layanan digital yang paling diminati karena dapat menjadi alternatif bagi pelajar untuk tetap belajar melalui video dengan materi pembelajaran yang sudah disediakan secara daring. Dalam sepekan terakhir, penggunaan empat layanan e-learning terkemuka meningkat secara signifikan.

Dibandingkan dengan minggu sebelumnya, penggunaan Edmodo meningkat sebesar 841%, Quipper 196%, Ruangguru 78%, dan ZeniusEducation 73%. Secara khusus, Tri bekerja sama dengan aplikasi Edmodo, sehingga tidak heran jika trafik di aplikasi e-learning asal Amerika ini yang paling tinggi dibanding lainnya.

“Kami bekerja sama dengan Edmodo sebagai e-learning platform terkemuka, untuk menghadirkan kartu perdana AlwaysOn 1GB yang memberikan akses gratis bagi penggunanya ke aplikasi Edmodo,” ungkap Dolly.

3 Aplikasi E-Learning EdmodoAplikasi e-learning Edmodo

Selama beberapa minggu terakhir, para pengajar, orang tua, dan pelajar tengah menghadapi tantangan yang sangat sulit dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh. Menurut Susan Kim, CEO Edmodo, dalam situasi ketika masyarakat menjaga jarak secara sosial, menjadi sangat penting bagi para pelajar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia untuk dapat merasa terhubung bersama teman-teman dan gurunya.

Susan mengatakan Edmodo bekerja sama dengan 3 Indonesia untuk menghadirkan solusi pembelajaran jarak jauh bagi pelajar di Indonesia. Selama periode pandemi ini berlanjut, aplikasi e-learning besutannya memiliki perangkat pembelajaran jarak jauh gratis yang berisi video untuk pengajaran jarak jauh dan materi bagi orang tua untuk mendukung pembelajaran di rumah.

“Siswa, orang tua, dan guru dapat tetap terhubung dan melanjutkan proses belajar di rumah, bahkan ketika pembelajaran pribadi tidak memungkinkan. Kami berupaya untuk memastikan semua layanan kami mempengaruhi hasil akademik pelajar di Indonesia secara positif di waktu yang penuh tantangan ini,” ujar Susan.

Sebagai informasi, 3 Indonesia sejak Februari 2020 mengeluarkan kartu perdana AlwaysOn 1GB seharga Rp6 ribu yang secara otomatis memberikan penggunanya akses gratis selama 30 hari ke aplikasi Edmodo. Ini merupakan tambahan dari kuota utamanya sebesar 1GB. Pelanggan bisa mendapatkan hingga 1GB akses gratis aplikasi Edmodo.