Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cara 3 Dorong Industri Mobile Gaming Indonesia

1 279

Penelitian yang dilakukan oleh Mobile Market Association mengungkapkan jumlah pengguna mobile games di Indonesia berkembang cepat. Prediksinya, pertumbuhan jumlah pengguna hingga 67% menjadi 100 juta pengguna di penghujung tahun 2020. Operator Tri atau yang sekarang mem-branding menjadi 3 Indonesia melihat tren serupa. Pada jaringan selulernya menunjukan peningkatan data traffic untuk bermain mobile game hingga 1,6 kali dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Untuk mendorong pertumbuhan ini, 3 Indonesia meluncurkan sebuah platform digital sebagai sebuah hub atau pusat ekosistem gaming di h3ro.tri.co.id. Platform ini melengkapi manfaat kartu perdana H3RO yang baru saja diluncurkan. Hub ini akan menggabungkan berbagai layanan, produk, dan konten yang memungkinkan para penggemar mobile games meningkatkan pengalaman mereka dalam bermain mobile games.

Hal ini ditegaskan oleh Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia yang mengatakan pihaknya bersemangat untuk meluncurkan penyempurnaan dari ekosistem H3RO bersama segala keseruannya kepada para penggemar mobile games di Indonesia.

Menurutnya, dengan kian banyaknya orang yang beralih ke solusi digital untuk memenuhi kebutuhan harian mereka, Tri memprediksi gaming akan menjadi bagian penting dalam kehidupan digital anak muda Indonesia. “Prediksi kami terbukti benar, dengan pertumbuhan industri mobile gaming yang begitu cepat dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perlambatan. Kami berharap H3RO gaming ecosystem akan menjadi jawaban atas segala kebutuhan penggemar mobile games untuk meningkatkan pengalaman gaming-nya,” tambah Dolly.

Penawaran di Ekosistem H3RO

Para penggemar mobile games dapat menikmati berbagai manfaat berikut melalui H3RO gaming ecosystem yang dapat diakses melalui h3ro.tri.co.id.  Penawaran eksklusif beragam produk gaming untuk para pelanggan 3 dan kartu perdana H3RO dari berbagai pengembang game dan merk perlengkapan gaming, termasuk UniPin, Garena, dan Razer Gold. Pelanggan H3RO bisa membeli berbagai voucher game dengan potongan harga hingga 30%.

Kemudian penawaran untuk membeli aneka perlengkapan untuk kebutuhan gaming dengan harga dan diskon menarik di Bima Market. Aksesori gaming ini disediakan oleh 3 dan berbagai penyedia aksesoris gaming, seperti Razer, SteelSeries, dan Rexus.

Selanjutnya, ada live stream media sosial H3RO. Konten ini berisi Coaching clinic dan tips pro gaming gratis dari para ahli mobile games, seperti para juara turnamen dan caster yang berkolaborasi dengan 3 melalui live streaming H3RO fan page.

Tri juga akan menggelar turnamen gaming yang meningkatkan skill dan daya saing mobile gamers Indonesia. Tak ketinggalan menghadirkan komunitas gaming dengan hub terpadu yang memberikan kesempatan bagi para penggemar mobile games untuk bertukar informasi seputar tips, ide, aktivitas komunitas, serta manfaat menggunakan produk dan layanan 3.

Jaringan 3 untuk Mendukung Ekosistem Gaming

Penataan Ulang Pita Frekuensi
Ilustrasi teknisi sedang naik di menara BTS (Foto: inet)

Peluncuran h3ro.tri.co.id sebagai bagian dari ekosistem gaming H3RO dibangun di jaringan 4,5  Pro dan didukung oleh teknologi mobile gaming terdepan di Indonesia. Termasuk teknologi service awareness yang mampu menekan latency hingga hampir 30% pada jam-jam sibuk.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia, mengatakan ia menyadari bahwa jaringan internet yang unggul adalah bagian terpenting dari pengalaman bermain mobile games. Untuk itu, penyempurnaan jaringan adalah prioritas dalam mengembangkan ekosistem gaming.

Sepanjang 2020, 3 Indonesia telah menerapkan berbagai teknologi mutakhir termasuk service awareness, packet core network, dan dynamic spectrums sharing yang mampu mengurangi latency dan meningkatkan kinerja jaringan kami. “Kami sungguh senang bahwa berdasarkan sebuah laporan pengalaman penggunaan internet yang dilakukan sebuah perusahaan analitik selular independen pada Juli 2020,  jaringan kami berada di posisi yang sangat kompetitif di industri ini. Bahkan, kami mendapat rating tertinggi dalam hal gaming experience,” kata Desmond Cheung.

Sejak Maret 2020, 3 Indonesia secara agresif memperluas jangkauan jaringannya dengan membangun lebih dari 5.000 BTS baru. Dengan adanya perluasan ini, jaringan 4,5G Pro milik 3 kini menjadi lebih luas dan lebih kuat, menjangkau hampir 35.000 desa di Indonesia. Melanjutkan misi mendukung transformasi digital dan kesetaraan akses internet Indonesia, 3 Indonesia berencana membangun 3.000 BTS lagi hingga akhir tahun 2020.