Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jelang Nataru, Indosat Pastikan Kesiapan Jaringan

0 750

Setidaknya ada dua momen setiap tahunnya yang menjadi perhatian khusus bagi operator seluler. Pertama, bulan puasa dan lebaran. Kedua, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Saat ini, masyarakat tengah menyambut musim yang kedua yaitu Nataru. Indosat Ooredoo pun menyatakan kesiapan jaringan dan layanannya untuk mendukung aktivitas komunikasi pelanggan selama masa-masa libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operator seluler milik perusahaan telekomunikasi asal Qatar ini terus melakukan pembangunan BTS 4G secara masif sejak akhir tahun lalu. Untuk menyambut Nataru, mereka melakukan peningkatan kapasitas layanan Data, serta melakukan pemantauan intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC). Ini dilakukan untuk memastikan pengalaman komunikasi digital pelanggan tetap lancar selama masa-masa liburan.

Vikram Sinha, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, mengatakan dengan strategi LEAD yang telah dicanangkan sejak akhir tahun lalu, pihaknya berkomitmen untuk melakukan eksekusi pembangunan jaringan berkualitas video yang kompetitif.

“Jelang masa liburan Natal dan tahun baru ini, pelanggan sudah bisa merasakan perkembangan kualitas jaringan dan layanan kami untuk mengisi waktu liburan. Kami juga akan menambah kapasitas layanan telekomunikasi, serta melakukan pemantauan intensif melalui INOC dan ISOC untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik bersama Indosat Ooredoo,” ujar Vikram.

Baca juga: Hadapi Libur Panjang Akhir Tahun 2019, XL Axiata Dongkrak Kapasitas Jaringan

Suasana di INOC

Dijelaskan lebih lanjut, untuk memastikan semua layanan dapat melayani pelanggan dengan baik, kegiatan monitoring jaringan akan dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center). Ini merupakan fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk semua layanan Indosat Ooredoo. i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Indosat Ooredoo saat ini mengoperasikan 95.190 BTS dimana 29.317 merupakan BTS 4G. Selama sembilan bulan di tahun 2019, terjadi penambahan sebanyak 12.267 BTS 4G. Melihat tingginya tren penggunaan Data, Indosat Ooredoo melakukan peningkatan kapasitas layanan Data menjadi 26.352 TB per hari, lebih tinggi 36% dari trafik Data harian. “Untuk layanan suara dan SMS, kami memastikan bahwa kapasitas kami selalu tersedia secara memadai untuk memenuhi peningkatan trafik yang biasanya terjadi selama periode tersebut,” pungkas Vikram.