Cirebon, Gizmologi – PT Telkom Indonesia Tbk (IDX: TLKM) belum lama ini mempublikasikan laporan keuangan untuk tahun fiskal 2022. Salah satu bagian yang menarik adalah jumlah pelanggan Telkomsel 2022 yang mengalami penurunan.
Tak tanggung-tanggung, jumlah penurunan pelanggan Telkomsel 2022 mencapai 20 juta. Mengetahu hal tersebut Gilang Prasetya, Senior VP Consumer Sales Operation Telkomsel, menanggapinya dengan santai. Menurutnya, penurunan pelanggan Telkomsel 2022 ini tidak berdampak kepada pertumbuhan perusahaan.
“Saat ini, Telkomsel mencari pelanggan yang sehat, smart dan berkontribusi. Memang ada pelanggan yang tidak sehat dan itu hanya numpang saja. Kami tidak mengejar pelanggan yang tidak berkontribusi sedangkan kita ada investasi,” ujar Gilang di sela-sela roadshow Telkomsel Siaga di Cirebon (28/03).
Baca juga:RAFI 2023, Telkomsel Siaga Kedepankan Sharing Economy
Kinerja Pelanggan Telkomsel 2022

Pelanggan Telkomsel yang sebelumnya mencapai 176 juta tahun 2021, turun lagi menjadi 156,8 juta pelanggan di tahun 2022. Hal ini berdasarkan laporan keuangan Telkom yang disampaikan kepada publik.
Telkomsel berhasil membukukan pendapatan tahun buku 2021 sebesar Rp87,5 triliun dengan pertumbuhan laba bersih 4,4% YoY. Pendapatan bisnis digital Telkomsel mencapai Rp68,2 triliun atau tumbuh 9,5% YoY. Pencapaian ini didukung oleh basis pelanggan yang terus meningkat mencapai 176,0 juta pelanggan atau tumbuh 3,8% YoY, dengan pengguna mobile data sebanyak 120,5 juta pelanggan (tumbuh 3,9% YoY).
Lalu lintas data tumbuh 43,3% dari periode yang sama tahun lalu menjadi 13.513 petabyte. Pembangunan infrastruktur secara agresif terus dilakukan agar layanan digital Telkomsel berjalan optimal. Total BTS yang dimiliki hingga akhir tahun 2021 mencapai 251.116 unit atau tumbuh 8,6% YoY yang 80% di antaranya berbasis 3G/4G/5G, di mana 137.613 BTS berteknologi 4G dan 113 BTS adalah BTS 5G.
Sementara itu untuk kinerja tahun 2022, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan Rp89,04 triliun atau tumbuh 1,8% dari periode yang sama tahun lalu. Digital Business menjadi kontributor pertumbuhan kinerja dengan kontribusi sebesar 81,9% dari total pendapatan. Segmen ini tumbuh positif 6,9% YoY mencapai Rp72,93 triliun dibanding periode yang sama di tahun 2021.
Telkomsel melayani 156,8 juta pelanggan dengan data payload yang tumbuh positif hingga 18,7% YoY menjadi 16.426.853 TB dan konsumsi payload menyentuh 11.962 MB per pengguna layanan data atau tumbuh 16,1% YoY.
Temukan konten gadget dan teknologi terbaru dari Gizmologi di Google News, Instagram, YouTube, dan TikTok.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




