Telkom Group Luncurkan Tadex, Platform Iklan Programatik Premium

Iklan digital merupakan bisnis yang potensial. Bahkan jika dilihat raksasa teknologi seperti Facebook dan Google pun besarnya dari iklan. Inilah yang mendorong TelkomGrup bakal lebih serius di bisnis ini dengan meluncurkan Tadex, singkatan dari Tanah Air Digital Exchange.

Sebelumnya, anak perusahaan Telkom yaitu Metranet telah memiliki platform serupa yaitu Uads. Namun nampaknya lini bisnis ini jalan di tempat atau tidak berkembang. Boleh jadi karena Metranet memiliki terlalu banyak produk, sehingga mereka tidak fokus dalam pengembangan bisnisnya.

Kini mereka berupaya untuk mengubah strategi dengan memanfaatkan jaringan TelkomGroup sekaligus sejumlah publisher. Tadex terbentuk sebagai hasil kolaborasi dua anak perusahaan TelkomGroup yakni Telkomsel dan Metranet bersama dengan Dewan Pers, Task Force Media Sustainability dan Asosiasi Periklanan.

Agar lebih menggugah, peluncurannya pun melibatkan petinggi negara. Tentu bukan perkara sulit karena produk ini memang besutan dari keluarga perusahaan BUMN. Bahkan Presiden RI Joko Widodo pun memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, walau tentu dilakukan secara virtual.

Dalam peluncuran TADEX yang diselenggarakan secara virtual, Joko Widodo menyatakan menyambut baik inovasi teknologi bagi industri media, khususnya periklanan dengan menghadirkan TADEX. “Karya anak bangsa ini harus kita dukung dan manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong ekosistem digital yang inklusif, membangun perikalanan digital yang inovatif dan transparan dengan tetap mengedepankan kualitas penyampaian pesan ke publik,” ujar Jokowi (30/6).

Apa itu TADEX?

Grand Launching TADEX 2Secara singkat, Tadex adalah platform premium programmatic advertising yang menjadi jembatan antara publisher, marketer, dan advertiser agar dapat menghidupkan periklanan secara sehat dan efektif di dunia digital.

Sebagai layanan premium programmatic periklanan, TADEX memiliki tiga fitur yang menjadi unggulan. Pertama, Tadex terhubung dengan sistem big data analytics milik TelkomGroup. Sehingga iklan yang ditayangkan akan efektif dan tepat sasaran sesuai dengan target segmen yang diinginkan oleh pengguna atau pengiklan. Meski iklan tertarget ini juga sudah menjadi jualan lama Facebook dan Google.

Meski menggunakan big data analytics yang berarti mempelajari perilaku pengguna, Telkom Group menjamin keamanan data pelanggan. Di saat bersamaan, TADEX dapat memberikan insight yang menyeluruh dan terarah agar pengiklan dapat menayangkan iklan-iklannya dengan nyaman dan tepat guna.

Kedua, TADEX menawarkan beragam kategori media penyaluran iklan digital, mulai dari SMS, MMS, aplikasi, hingga situs web dari para publishers terpercaya. Dengan saluran media yang beragam tersebut dapat menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau penerima iklan.

Ketiga, TADEX memungkinkan penggunanya untuk melakukan personalisasi iklan secara luas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasangan iklan, serta menjalankan programmatic ads melalui sejumlah publisher. Hal ini menjadikan pemasangan iklan menjadi lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pengguna atau pengiklan.

Kemudian dari sisi kualitas yang dihasilkan, TADEX dianggap bisa membantu penggunanya untuk terhubung dengan segmen yang tepat. Sehingga kampanye iklan dapat berjalan optimal, baik itu dalam hal trafik, penempatan, hingga waktu tayangnya.

Ambisi Jadi Platform Iklan Programatik Terbesar

Redmi 9C smartfren unlimitedDirektur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, sejalan dengan transformasi untuk menjadi digital telco yang tengah dilakukan Telkom saat ini, TADEX menjadi salah satu wujud peran aktif Telkom dalam membangun dan memajukan dunia periklanan nasional. “Semoga kehadiran TADEX sebagai produk anak bangsa dapat mendukung industri periklanan Indonesia yang hadir dari, oleh dan untuk para pelaku industrinya sendiri, dan pada akhirnya mewujudkan kedaulatan digital Indonesia,” ujarnya.

Pengembangan TADEX sendiri berdasarkan pada empat tolok ukur, yakni scalability, impact, quality, dan data. TADEX memiliki skalabilitas yang luas sehingga dapat menyediakan berbagai macam inventori yang memungkinkan konten iklan dapat ditayangkan secara luas ke seluruh penjuru negeri.

Selanjutnya dari sisi impact, dengan adanya berbagai macam pilihan saluran dan format iklan, TADEX dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga iklan yang ditayangkan berjalan efektif, tersebar luas dan tepat sasaran.

Berangkat dari seluruh keunggulan tersebut, TADEX akan menjadi premium programmatic advertising platform terbesar bagi ekosistem media digital di Indonesia. Para pemiliki merek (Media Agency) dapat menemukan solusi layanan terkait strategi periklanan digital melalui beragam inventory yang berkualitas, dimana seluruh inventory dimiliki oleh publishers media yang terverifikasi oleh Dewan Pers.

Kemudian TADEX juga memiliki kapabilitas dalam menjangkau lebih banyak target audiens di seluruh Indonesia melalui ekosistem big data analytics Telkomsel dan TelkomGroup yang terarah dengan data yang terlindungi secara aman. TADEX diharapkan dapat menjadi solusi untuk menciptakan skema periklanan digital yang sehat, sehingga dapat berkontribusi dalam membentuk ekosistem pers nasional yang berkelanjutan dan juga ramah bagi para pembaca, khususnya dalam hal pengalaman menikmati konten dari publishers.

 

Tinggalkan komen