Toko Score, Layanan Credit Score Inovatif dan Aman Berdasar Transaksi di E-commerce

Data Kementerian Keuangan RI pada April 2021 menyebutkan bahwa 132 juta orang di Indonesia saat ini masih unbanked dan belum memiliki akses terhadap kredit maupun pembiayaan. Kondisi itulah yang ingin dijawab Semangat Digital Bangsa (SDB) dengan menghadirkan Toko Score.

Sebagai informasi, SDB adalah perusahaan penyedia layanan innovative credit scoring (ICS) yang terafiliasi dengan Tokopedia. SDB juga telah menjadi anggota dari Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH) sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital.

“Layanan ICS berbasis digital ini diharapkan bisa mempermudah para mitra strategis di industri keuangan menilai dan menyediakan pinjaman ke lebih banyak masyarakat Indonesia, terutama mereka yang masih belum mendapatkan akses ke layanan finansial,” kata Head of Business Development and Marketing Semangat Digital Bangsa, Evita Soetjoadi.

Pentingnya Credit Score Bagi Kelancaran Finansial

credit score laptop ilustrasiCredit score adalah sebuah sistem penilaian sebagai penentuan layak atau tidaknya pengguna mendapatkan pinjaman dana atau kredit. Skor kredit ini membantu bank atau lembaga keuangan lainnya dalam menganalisa permohonan kredit selain faktor kualitatif lainnya. Saat ini di Indonesia data credit report debitur hanya dapat dilihat langsung dari Bank Indonesia.

Penilaian credit score dilihat dari berbagai faktor, seperti data pinjaman, riwayat akun kredit, siklus pembayaran kredit, aktivitas permohonan kredit, dan faktor kualitatif lainnya. Nah, laporan penilaian kredit ini sangat membantu pendana (lender) atau pihak bank dalam memeriksa pengajuan kredit. Baru setelahnya memutuskan apakah permohonan kredit ditolak atau diterima.

Credit score dianggap sangat penting karena cukup mempengaruhi banyak hal dalam aktivitas kredit di masa mendatang. Mulai dari besarnya pinjaman yang akan diperoleh, jangka waktu yang didapat, hingga pengenaan suku bunga pinjaman. Semakin tinggi skor kredit, maka semakin besar kemungkinan seseorang tersebut untuk membayar utangnya pada kreditur. Sebaliknya, semakin rendah skor kredit, maka semakin dianggap berisiko.

Solusi yang ditawarkan Toko Score

Toko Score Credit Score

Toko Score memberikan penilaian kredit (credit score) dari calon peminjam kepada para mitra strategis, dalam hal ini adalah lembaga jasa keuangan. Caranya adalah dengan menganalisis profil risiko calon peminjam berdasarkan aktivitas dan perilaku transaksi calon peminjam di platform e-commerce, Tokopedia. Analisis ini tetap mengedepankan prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi berdasarkan peraturan yang berlaku.

Di sisi lain, penilaian Toko Score secara tidak langsung membantu para penjual mendapatkan permodalan dalam mengembangkan usahanya. Juga bagi para pembeli dalam memperoleh akses keuangan lebih luas sehingga mempermudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Evita menambahkan, sederet kemudahan akses terhadap layanan ICS berbasis digital ini juga dapat membantu para mitra strategis, dalam hal ini lembaga jasa keuangan, mengukur profil risiko calon peminjam secara real time. “Ini menjadi peluang bagi SDB untuk memberdayakan akses layanan finansial, bahkan di tengah pandemi saat ini,” ujarnya.

Kolaborasi yang konsisten dilakukan bersama ditujukan untuk menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada lembaga jasa keuangan, terutama lembaga keuangan mikro, terkait pengetahuan dan teknologi ICS sebagai daya saing. Selain itu, Toko Score sendiri telah tercatat dan diawasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga para mitra strategis dapat menggunakan layanan ICS Toko Score secara aman.

“Sesuai misi SDB dalam memberdayakan akses finansial kepada semua orang melalui teknologi, kami akan terus berinovasi agar lebih banyak masyarakat bisa mendapatkan akses terhadap lembaga keuangan formal melalui berbagai pilihan produk yang inklusif dan terjangkau sehingga dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi negara yang saat ini terdampak pandemi,” pungkas Evita.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Tokopedia

Tinggalkan komen