Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Kencleng Digital, Cara Bersedekah yang Kekinian Melalui Smartphone

Setelah waqaf kini infaq juga go digital. Tak lagi membawa uang tunai untuk bersedekah, kini jamaah bisa menyumbang melalui TCASH. Cara baru melakukan infaq digital kini menjadi salah satu terobosan yang baru saja diluncurkan melalui program Kencleng Digital Telkomsel.

Infaq kencleng digital Telkomsel ini menggantikan cara berinfaq tradisional dengan menaruh uang di kotak amal yang nanti akan dibongkar untuk dihitung jumlah yang terkumpul.

Inovasi ini pertama kali diuji coba di Masjid Tarqiyah Taqwa, Gedung Telkomsel Smart Office, Jakarta, sejak Agustus tahun lalu. Kemudian pada Desember tahun lalu mulai tersebar di 505 masjid yang bekerjasama dengan Yayasan Rumah Amal Salman ITB, Bandung.

Selanjutnya, dengan memanfaatkan momen Ramadan 1439 H, layanan kencleng digital Telkomsel diperkenalkan lebih luas lagi. Ditandai dengan pemberian sumbangan kencleng digital Telkomsel di Masjid Agung Praya, Lombok saat media gathering nasional Telkomsel (11/5).

“Kencleng uang elektronik ini dapat digunakan jamaah masjid untuk memberikan infaq secara cashless, menggunakan layanan Telkomsel T-Cash,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Dengan kencleng digital Telkomsel, umat muslim tak perlu repot membawa uang tunai ke masjid untuk berinfaq. Infaq digital ini menggabungkan TCASH dengan kencleng yang akan diletakkan di banyak masjid.

Telkomsel Digitalkan 1000 Kencleng Digital di masjid

Caranya berinfaq melalui kencleng digital Telkomsel

Related Posts
1 daripada 33

Terlebih dahulu jamaah, yang merupakan pelanggan Telkomsel, harus mengunduh aplikasi TCASH Wallet di Play Store atau App Store. Lalu mereka dapat langsung melakukan Snap QR Code yang tersedia di tiap kencleng digital. Nantinya dana yang disedekahkan tersebut akan masuk ke rekening masjid yang didaftarkan.

Kencleng digital Telkomsel ini selain memudahkan jamaah juga membuat pihak masjid mudah dalam menghitung perolehan infaq dari jamaahnya. Pengelola masjid juga tak perlu lagi menyetorkan uang ke bank. Hasil infaq digital juga aman dibandingkan ditaruh ke dalam kotak amal yang bisa mengundang orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencurinya. Jumlah infaq digital yang terkumpul juga akan lebih transparan dan bisa dicek kapan pun dibutuhkan.

Khusus untuk Area Jabotabek Jabar sendiri, Telkomsel menargetkan lebih dari 1000 kencleng digital masjid siap beroperasi mulai bulan Ramadan 1439 H. Sebagai tahap awal, operator ini telah mengimplementasikan kencleng digital di masjid utama yang ada di Jabotabek  Jabar, seperti Masjid AL LATHIIF Bandung, Masjid Al Hurriyah IPB Dramaga Bogor, Masjid Agung Ats-Tsaurah Serang, Masjid Agung Tasikmalaya, Masjid At Taqwa Cirebon dan masjid lainnya di wilayah operasional Telkomsel Jabotabek Jabar.

Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, “Secara konsisten Telkomsel terus menghadirkan beragam layanan digital untuk pelanggan setianya.”

“Mulai bulan suci Ramadan ini, TCash Kencleng digital hadir sebagai cara baru untuk jamaah dalam menyalurkan infaq dan sedekahnya dalam bentuk cashless,” kata Ririn.

Ia mengatakan Kencleng Digital Telkomsel merupakan penginisiasi layanan infaq digital yang diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat terbentuknya cashless society di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi Point of Sale Moka Kini Mendukung E-Payment OVO, TCASH dan DANA

Bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan pelayanan atau aktivasi TCASH dan aplikasi TCASH Wallet juga dapat mengunjungi GraPARI terdekat.