Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kinerja XL Axiata 2020: Cetak Laba Rp 679 Miliar, Jumlah Pelanggan 57,89 juta

0 214

Bagi perusahaan telekomunikasi seperti XL Axiata, pandemi justru menjadi momen pertumbuhan kinerja. Dengan kebutuhan internet yang semakin meningkat, penyedia layanan berlomba-lomba menawarkan program untuk menarik konsumen.

Terbukti, pada tahun 2020 kinerja XL Axiata meraih peningkatan pendapatan layanan lebih dari 6% dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya. Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata mengatakan, di sepanjang tahun 2020 tetap berfokus pada keunggulan operasional untuk mendorong digitalisasi bisnis dengan menerapkan otomatisasi dan simplicity.

“Kami juga terus membangun keintiman dengan pelanggan, dengan memastikan kedua merek yaitu XL dan AXIS mencapai NPS (net promotor score) yang kuat pada segmen pelanggan yang menjadi target melalui beragam produk yang sesuai kebutuhan mereka, serta peningkatan kualitas jaringan secara berkesinambungan,” kata Dian dalam konferensi pers virtual di Jakarta (16/02).

Baca juga: Pertama di Dunia, XL Axiata Implementasi Platform Zero Touch Operation

Kinerja XL Axiata di Tahun 2020

Dian Siswarini CEO XL

Sebagaimana disinggung di atas, XL Axiata meraih peningkatan pendapatan layanan lebih dari 6% dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya (YoY). Secara umum, pendapatan XL Axiata mencapai Rp 26,018 triliun, naik 3% YoY.

Selain itu, tingkat profitabilitas yang berkelanjutan juga terjaga dengan baik, di mana EBITDA (u Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) meningkat sebesar 31% YoY. XL Axiata mencetak laba bersih dinormalisasi sebesar Rp 679 miliar.

Di sepanjang 2020, kontribusi pendapatan dari data mencapai 92% yang meningkat 10% yoy. Hal ini ditunjang dengan penetrasi smartphone mencapai 89% yang merupakan tertinggi secara industri. Di sisi lain, rerata pendapatan per pelanggan atau ARPU campuran meningkat dari tahun sebelumnya Rp sebesar 35.000 menjadi Rp 36.000.

Sementara itu, pembangunan jaringan data 4G terus berlangsung di tengah pandemi. Hingga akhir 2020, coverage 4G LTE telah mencapai 458 kota/kabupaten dengan lebih dari 54 ribu Base Transceiver Station (BTS) 4G. Jumlah total BTS XL Axiata mencapai 144 ribu di seluruh Indonesia.

Trafik data sepanjang tahun 2020 meningkat 47% YoY dari 3.320 Petabyte menjadi 4.869 Petabyte. Peningkatan trafik tidak terlepas dari bertambahnya jumlah total pelanggan, yaitu menjadi 57,89 juta, meningkat dari kuartal sebelumnya 56,88 juta.

Realokasi kapasitas 3G ke 4G yang dipercepat selama periode satu tahun di 2020 juga dilakukan perusahaan seiring dengan adanya penurunan trafik penggunaan layanan 3G yang hanya mencapai kurang dari 10% dari total trafik data.

Selanjutnya, untuk menyiapkan jaringan menuju 5G, penyedia layanan ini juga terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan. Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming.

Program XL Axiata Selama 2020

ilustrasi XL Axiata style

Sepanjang 2020, XL Axiata menawarkan sejumlah terobosan. Untuk pelanggan prabayar yaitu XL Xtra Unlimited Turbo dan Unlimited 1 jam. Sedangkan pengguna pascabayar, Prio Flex dan myPRIO unlimited.

Bagi pelanggan AXIS tersedia Edu-Pack, Owsem 48GB + Unlimited Games 30 hari, dan Bronet 24 Jam 8GB 7 hari. Selain itu, untuk para pelajar dan mahasiswa diluncurkan paket Xtra Belajar sebagai bentuk dukungan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pemanfaatan digital IT, artificial intelligent (AI) dan data analytics juga terus dilanjutkan perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan setiap segmen pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data.

Peluang Strategis XL Axiata di 2021

XL Home Fiber

Pada 2021, XL Axiata telah memiliki layanan XL Home dengan area layanan yang terus meningkat, serta sambungan yang terus bertambah. Terakhir, XL Axiata melihat adanya momentum kuat di tahun ini untuk terus memperluas jaringan di luar Jawa sebagai investasi berkelanjutan.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan, XL Axiata juga telah meluncurkan aplikasi myXL yang telah disederhanakan dan lebih mudah digunakan karena dapat mengidentifikasi setiap pelanggan.

Selain itu dengan diluncurkannya Live On, dapat menjadi solusi Layanan ke depannya. Melalui fitur ini, diharapkan memungkinkan setiap pengguna mendapatkan kendali penuh atas layanan data paket data yang besar dengan satu kuota untuk menentukan semua aplikasi yang berkaitan layanan XL Axiata.