Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

XL Axiata Bidik Layanan 4G LTE di Pelosok Luar Jawa

0 309

Seperti kesenjangan ekonomi yang timpang antara Jawa dengan luar Jawa, layanan internet pun demikian. Belum semua daerah di Indonesia menikmati manfaat berselancar untuk membantu kebutuhan hidup sehari-hari mereka. Layanan 4G LTE XL Axiata pun kini terus fokus menyebarkan koneksi internet yang merakyat bagi saudara kita di luar Jawa.

Layanan 4G LTE XL Axiata memprioritaskan mempeluas jangkauan ke kota/kabupaten baru untuk luar Jawa, karena semua kota/kabupaten di Jawa sudah terjangkau 4G LTE. Langkah ini mengingatkan pada strategi yang sebelumnya sudah dicanangkan oleh Indosat Ooredoo.

Pada pertengahan April yang lalu, Indosat menyatakan siap melakukan ekspansi besar-besaran di Luar Jawa karena masih sangat kompetitif. Mereka bahkan menyebut telah menyiapkan belanja modal (CAPEX) sebesar IDR8 Triliun di mana 80% digunakan untuk investasi jaringan.
Baca jugaBermodal IDR8 Triliun, Indosat  Ooredoo Siap Ekspansi Jaringan Besar-besaran di Luar Jawa

Sementara itu layanan 4G LTE XL Axiata hingga saat ini sudah menjangkau masyakarat di 376 kota/kabupaten. Tetapi masih banyak warga, yang tiggal di daerah pedalaman yang sulit dijangkau belum merasakan dampak layanan internet cepat ini.

Group Head Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, “Sesuai dengan komitmen awal, kami akan terus memperluas jangkauan layanan data yang berkualitas, terutama layanan 4G LTE ke semua area layanan kami, terutama di luar Jawa.”

“Kami mempertimbangkan berbagai aspek dalam menentukan daerah yang akan mendapatkan layanan internet cepat berikutnya, baik secara teknis maupun tingkat permintaan dari pelanggan atas layanan data yang berkualitas,” katanya.

Rahmadi mengatakan semakin banyak masyarakat yang membutuhkan layanan internet, terutama untuk akses melalui smartphone.

Mereka telah merasakan manfaat dari sarana internet untuk berbagai keperluan, baik untuk menunjang kebutuhan sosial dan hiburan hingga pendidikan.

smartphone internet
Menikmati layanan internet melalui ponsel pintar. Foto oleh huffingtonpost.com

Daerah/wilayah yang baru saja mendapatkan layanan 4G LTE XL Axiata antara lain adalah Kota dan Kab Bima, Kab Dompu di NTB, juga Kab Sekadau dan Kab Bengkayang di Kalimantan Barat. Selain itu, juga ada Kab. Konawe Utara dan Kab Bombana, Pahuwatu di Gorontalo, Kab Bener Meriah di Aceh serta pulau Sebira, yakni pulau terluar yang terletak ujung paling utara dari gugusan kepulauan Seribu.

Sekadar update, jumlah BTS 4G secara total mencapai lebih dari 22 ribu dengan total  jumlah pelanggan 4G sekitar 30 juta.

Lalu, untuk perluasan layanan 4G XL Axiata, di antaranya dilakukan di Kab. Bengkayang dan Kab. Sekadau, Kalimantan Barat. Bengkayang memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Lalu ada di Kab Bener Meriah, provinsi Nangroe Aceh Darussalam bagian tengah yang berbukit-bukit. Area ini cukup terpencil dengan akses jalan darat yang terbatas, baik untuk menuju Banda Aceh, atau kota besar lainnya seperti Medan. Untuk daerah seperti ini, layanan internet cepat 4G LTE akan sangat membantu percepatan pembangunan di banyak bidang teknis dan sosial.

Seiring dengan perluasan layanan 4G LTE XL Axiata, provider ini terus menambah jaringan 4.5G. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100 kota/kabupaten yang bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan akses hingga 100Mbps itu, salah satunya berkat teknologi 4.5G yang meliputi Carrier Aggregation, 256 QAM, serta 4T4R 4×4 MIMO.

Kota-kota tersebut tersebar baik di Jawa mau pun luar Jawa. Kota-kota yang di Jawa antara lain seluruh Jabodetabek, Serang, Cilegon, Sukabumi, Semarang, Tegal, Malang, Sidoarjo, Pasuruan, hingga Sampang dan Bangkalan.

Di luar Jawa, layanan 4.5G, antara lain ada di Denpasar, Badung, Lombok Pekanbaru, Jambi, Palembang, Batam, Tanjungpinang, Bangka, dan Belitung.