Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Indosat Hadirkan Paket IMClass 30GB Hanya Rp1 untuk PJJ

0 24.441

Operator seluler berlomba-lomba menghadirkan paket data untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang digalakkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Kali ini Indosat Ooredoo yang tak mau kalah dengan operator lain dengan merilis paket IMClass 30GB untuk mendukung PJJ selama pandemi Covid-19.

Paket IMClass 30GB Indosat adalah program bantuan kuota bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen yang berlaku hingga bulan Desember 2020 untuk mendukung kegiatan belajar sistem online. Menurut Ritesh Kumar Singh, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, perusahaan sejak awal telah berkomitmen untuk terus berkontribusi mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh.

“Untuk itu kami siap berkolaborasi bersama pemerintah dalam penyediaan bantuan kuota bagi pelajar dan pengajar, serta menghadirkan layanan internet dan paket data terjangkau IMClass dengan Rp1 untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menjalani kegiatan pembelajaran online di situasi sulit ini,” kata Ritesh dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (1/9/2020).

Termasuk Program Bantuan Kuota Gratis dari Pemerintah untuk PJJ

Paket IMClass 30GB IndosatPaket IMClass 30GB dari IM3 ini ternyata merupakan bagian dari program bantuan kuota gratis dari pemerintah untuk PJJ. Program Pendidikan Jarak Jauh adalah program dari pemerintah untuk mendukung proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagai media komunikasi.

Bantuan kuota internet untuk PJJ diberikan kepada para pelajar, mahasiswa, guru yang tidak dapat mengikuti Pendidikan secara tatap muka atau regular dalam periode September – Desember 2020. Sementara program bantuan gratis untuk PJJ ini akan diberikan setelah pemerintah mengumumkan secara resmi.

Cara Daftar Paket IMClass 30GB IM3

Untuk mendapatkan benefit ini pelanggan tidak perlu mengganti kartu baru. Pelanggan cukup mendaftarkan nomor IM3 Ooredoo yang dimiliki ke sekolah atau kampus. Selanjutnya akan didaftarkan di sistem DAPODI (Data Pokok Pendidikan, system pendataan Pendidikan skala nasional yang terpadu) sebagai penerima bantuan kuota internet program pemerintah sebelum 11 September 2020.

Pelanggan dapat melakukan konfirmasi lansung ke sekolah atau kampus yang terdaftar sebagai penerima bantuan kuota internet.

Paket pintar IMClass 30GB dengan harga hanya Rp1 ini bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online terpopuler dan portal edukasi universitas-universitas di Indonesia. Paket IMClass dapat dinikmati kapan saja, dimana saja dengan masa aktif 30 hari dan pelanggan bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi myIM3.

Kuota Paket IMClass 30GB Indosat untuk akses apa saja ?

Foto KIOS MyIM3Berdasarkan informasi yang kami terima melalui press release, kuota paket IMClass 30GB dari Indosat Ooredoo terbatas digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Quipper, Zenius, Rumah Belajar, Sekolahmu dan lebih dari 300 portal e-learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia. Paket ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan IM3 Ooredoo, baik prabayar maupun pascabayar.

Bagaimana dengan aplikasi video conference yang sering dipakai untuk PJJ seperti Zoom Meeting dan Google Meet? Ketika kami mengecek di website IM3, disebutkan bahwa kuota bisa digunakan untuk mengakses situs-situs Pendidikan dan sistem manajemen pembelajaran di masing-masing sekolah atau kampus, dan untuk mengakses aplikasi video conference pembelajaran. Untuk detil aplikasi dan link website akan diinformasikan lebih lanjut setelah dikeluarkan info resmi dari pemerintah.

Peningkatan Bandwidth 20% Kepada 56 Universitas

Dijelaskan lebih lanjut, selain bisnis dan layanan pelanggan, langkah konkret lain yang diambil Indosat Ooredoo untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia antara lain adalah dengan menggelar kerjasama dengan instansi atau institusi pendidikan dan menyediakan layanan internet terjangkau bagi para siswa.

Perusahaan juga berkomitmen untuk terus mendukung setiap langkah yang diambil pemerintah untuk penerapan program PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Indosat Ooredoo sejak awal pandemi telah menghadirkan beberapa program yang masih berlangsung hingga saat ini dan masih terus mengembangkan beberapa program lainnya untuk mendukung PJJ.

Program peningkatan bandwidth sebesar 20% diberikan kepada 56 universitas, membuka akses ke lebih dari 200 properti intelektual universitas ternama dan menjalin kerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta, Kementerian Agama RI, serta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam penyediaan layanan mobile service dan layanan data edukasi.

“Apresiasi tinggi untuk upaya serta kepedulian Indosat Ooredoo dalam membantu meringankan beban mahasiswa dengan menyediakan layanan paket data atau kuota internet yang ramah di kantong mahasiswa,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam.

Sementara bagi pelajar di tingkat sekolah, Indosat Ooredoo telah mendukung program Bantuan Data Internet Agar Seru Belajar Daring (Biar Rajin), yang menyediakan paket data internet gratis untuk 15.609 siswa SD dan SMP di kota Mojokerto.

Selain itu untuk melengkapi, Indosat Ooredoo juga menghadirkan paket Pro Freedom Apps untuk partisipasi dalam Kelas Online dengan gratis akses ke Cisco Webex, Zoom, dan Microsoft Teams.

“Ini sebagai pilihan bagi Indosat Ooredoo untuk berkontribusi membangun manusia Indonesia melalui pendidikan, yang juga kami wujudkan melalui dukungan terhadap program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pemerintah. Kami berkomitmen untuk turut membantu pemerintah dalam memperkuat ekosistem pendidikan daring dan ini sudah menjadi tekad kita,” ujar Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha.