Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telkomsel Perluas Cakupan Layanan VoLTE & Kolaborasi Vendor Smartphone

0 476

Sejak sebulan yang lalu, Telkomsel telah melakukan trial layanan VoLTE (voice over LTE) sebagai salah satu langkah untuk implementasi 5G di Indonesia. Sebelumnya, cakupan layanan Telkomsel VoLTE baru hadir di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Surabaya.

Kini layanan Telkomsel VoLTE telah diperluas sehingga menjangkau wilayah Bogor dan Sidoarjo. Pada tahap soft launch ini, layanan Telkomsel VoLTE dapat digunakan secara terbatas oleh sekitar 300.000 pelanggan yang memenuhi syarat (whitelist customer).

Telkomsel juga memperluas kolaborasi bersama mitra vendor ponsel yang menyediakan sistem operasi dengan fitur yang mendukung keunggulan layanan VoLTE. Sebelumnya, ponsel yang mendukung layanan Telkomsel VoLTE adalah dari Samsung, Huawei, dan Vivo. Kini bertambah ponsel yang mendukung yakni Xiaomi meski belum pada semua tipe.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan kehadiran layanan Telkomsel VoLTE diharapkan mampu memperkuat roadmap perusahaan dalam menghadirkan layanan jaringan 5G di Tanah Air ke depannya. Ia menjelaskan bahwa tahap soft launch menjadi momen untuk melakukan uji coba terhadap keandalan layanan VoLTE Telkomsel serta pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan tersebut.

“Oleh karena itu, pada tahap soft launch ini kami akan terus memonitor kualitas layanan VoLTE Telkomsel serta memantau pengalaman pelanggan sebagai masukan untuk pengembangan layanan VoLTE Telkomsel ke depannya. Hal ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk terus mengutamakan prinsip customer-centricity dalam pengembangan produk dan layanan kami,” ujar Setyanto.

Keunggulan Layanan Telkomsel VoLTE

VoLTE merupakan layanan telepon suara yang berbasis jaringan 4G LTE. Menurut Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, ada banyak unggulan yang ditawarkan dari layanan Telkomsel VoLTE.

Pertama, pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus saat melakukan panggilan telepon bersamaan. Sebelumnya kalau ada telepon masuk, jaringan akan turun ke 3G atau 2G.

Kedua, VoLTE menawarkan suara yang lebih jernih ketimbang 3G dan kualitasnya high definition (HD). Oleh karena itu, Telkomsel berani mengklaim suaranya lebih baik dari WhatsApp Call dan sejenisnya. “Layanan voice OTT seperti WhatsApp di operator istilahnya dibuat best effort, jadi kualitas VoLTE jauh lebih bagus karena langsung menggunakan jaringan operator,” ujarAdhi.

Selain itu, keunggulan layanan Telkomsel VoLTE adalah memungkinkan panggilan lebih cepat tersambung karena tidak bergantung dari aplikasi. Selain itu VoLTE juga bisa digunakan untuk video call asalkan nomor ponsel yang dituju sama-sama mendukung fitur serupa. Tak kalah penting, ketika berada di jaringan VoLTE, pelanggan tidak perlu pindah ganti jaringan. Sehingga akan menghemat baterai dan tidak panas.

Baca juga: Mengenal VoLTE Telkomsel, Layanan Panggilan Telepon dengan Koneksi 4G LTE

Jangkauan Wilayah Telkomsel VoLTE

Sebagaimana disinggung di atas, sebelumnya sejak awal Mei Telkomsel telah mengoperasikan layanan VoLTE di wilayah Jadetabek dan Surabaya. Kini wwilayah jangkauan layanan Telkomsel VoLTE diperluas hingga wilayah Bogor dan Sidoarjo

Pada tahap soft launch ini, layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh pelanggan terpilih (whitelist customer) yang memenuhi beberapa syarat. Di antaranya adalah berada di wilayah jangkauan Telkomsel VoLTE. Kemudian telah menggunakan kartu yang mendukung jaringan 4G Telkomsel (uSIM), serta menggunakan perangkat yang telah memiliki kapabilitas layanan VoLTE.

Selanjutnya, pelanggan cukup mengaktifkan fitur VoLTE melalui menu pengaturan perangkat, yang kemudian akan diikuti dengan munculnya tulisan “VoLTE” pada status bar. Dengan demikian, pada tahap soft launch diperhitungkan akan ada sekitar 300.000 whitelist customer  yang dapat menikmati keunggulan layanan tersebut.

Untuk meningkatkan adopsi layanan VoLTE, Telkomsel juga akan menghadirkan promo paket kuota VoLTE yang akan tersedia dalam waktu dekat. Selain itu, pelanggan juga tetap  bisa menikmati paket khusus Talkmania VoLTE, dengan tambahan kuota menit telepon VoLTE pada paket Talkmania bulanan. Bagi pelanggan yang ingin melakukan aktivasi paket-paket tersebut dapat mengakses aplikasi MyTelkomsel.

Paket Talkmania VoLTE Telkomsel
Paket Talkmania VoLTE Telkomsel