Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

XL Axiata Pastikan Warga Sulawesi Tengah Bisa Berkomunikasi Usai Dihantam Tsunami

0 415

Gempa Donggala berkekuatan 7,4 Skala Richter menyebabkan tsunami Sulawesi Tengah setinggi 1,5 meter. Meski banyak fasilitas umum yang rusak, termasuk layanan telekomunikasi dan data, pihak XL Axiata Tbk memastikan masyarakat setempat masih tetap bisa menggunakan nomor XL mereka.

Tsunami Sulawesi Tengah semakin memperparah gempa Donggala, yang menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, telah menewaskan 384 orang di Palu saja. Hingga saat ini proses evakuasi korban masih terus dilakukan. Pihak XL sendiri langsung meluncur ke lokasi infastruktur jaringan untuk memastikan jaringan tetap bisa dipertahankan operasionalnya. Paska tsunami Sulawesi Tengah tersebut, warga masih bisa tetap menggunakan layanan pesan singkat atau SMS dan suara atau voice.

“Atas nama keluarga besar XL Axiata, kami sampaikan duka cita yang mendalam atas bencana ini.. Syukur Alhamdulillah, hingga saat ini layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi, termasuk di Kota Palu dan Donggala yang paling kuat mendapatkan guncangan,” kata  Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Yessie mengatakan masyarakat yang menggunakan nomor XL dan AXIS tetap bisa berkomunikasi atau dihubungi selama ponsel aktif. Pihaknya juga akan segera menyediakan fasilitas telepon gratis agar masyarakat bisa melakukan komunikasi ke luar wilayah bencana tsunami Sulawesi Tengah ini.

Slalah satu kerusakan akibat gempa kabupaten Donggala. Foto oleh lampungpro.com

Menurutnya, gempa Donggala dan tsunami Sulawesi Tengah telah membuat aliran listrik padam sehingga menyebabkan pasokan daya untuk perangkat Base Transceiver Station atau BTS harus mengandalkan genset. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena genset juga membutuhkan pasokan BBM yang cukup selama aliran listrik belum pulih. Padahal, kerusakan akibat gempa juga menyebabkan akses ke pasokan BBM menjadi terhambat.

Baca juga: XL Axiata Pulihkan Jaringan di Lombok Utara Paska Gempa

Di Palu, XL Axiata total memiliki sekitar 136 BTS, termasuk 44 BTS 4G. Di Donggala ada 12 BTS, termasuk 9 BTS 4G. Di seluruh Sulawesi Tengah tersedia 358 BTS, termasuk 79 BTS 4G. XL melayani lebih dari 340 ribu pelanggan di Sulawesi Tengah.  Tim XL Axiata telah menyiapkan antisipasi pengamanan jaringan, antara lain dengan menyiapkan genset untuk setiap BTS utama, menyiapkan pilihan rekayasa jaringan dengan pengalihan cakupan jaringan hingga kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan.

Selain penanganan jaringan, XL Axiata juga telah menyiapkan bantuan yang bersifat darurat untuk warga yang mengungsi akibat gempa Donggala dan tsunami Sulawesi Tengah. Saat ini, tim di lapangan terus melakukan koordinasi dengan aparat dan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan dan lokasi pengirimannya.