Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

XL Axiata Gunakan Teknologi Cloud Core 5G-ready Ericsson di Kawasan Timur Indonesia

0 1.650

Teknologi jaringan 5G dihadirkan untuk berikan benefit yang banyak bagi masyarakat. Tak hanya untuk kalangan tertentu atau masyarakat umum saja, berbagai lapisan dapat memanfaatkan jaringan cepat tersebut. Doktor, misalnya, yang bisa manfaatkan latensi minimum di jaringan 5G untuk kendali alat operasi jarak jauh secara mudah dan presisi.

Sementara untuk penyedia layanan operator, penggunaan jaringan terbaru ini juga dapat berikan manfaat baik untuk konsumen maupun penyedia sendiri. Salah satu operator di Indonesia, XL Axiata baru saja menunjuk Ericsson untuk mengimplementasikan sebuah solusi teknologi yang memanfaatkan 5G, guna kelola pertumbuhan penggunaan data pelanggannya.

Solusi teknologi yang diimplementasikan oleh XL Axiata adalah Cloud Core 5G-ready dari Ericsson, saat ini untuk Kawasan Timur Indonesia. Kerjasama antar kedua pihak tersebut meliputi solusi Cloud Packet Core Ericsson dan Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI).

Baca juga: Didukung Telkom, Flou Cloud Tawarkan Cloud untuk Berbagai Sektor Bisnis di Indonesia

Ericsson: Penggunaan Data Bakal Meningkat dengan 5G

Dari laporan yang dirilis oleh Ericsson Mobility Report Juni 2019 lalu, diketahui bahwa rata-rata penggunaan data tiap smartphone di Indonesia diperkirakan meningkat 10 kali lipat. Hal tersebut karena akan segera tersedianya perangkat 5G di Tanah Air. Solusi dari Ericsson ini mendukung XL Axiata dalam persiapkan peningkatan trafik data di masa depan.

Cloud core 5G-ready dari Ericsson juga dapat menyederhanakan operasi serta menjamin pendapatan dari layanan 5G. Cloud Packet Core dari Ericsson sudah termasuk aplikasi terdepan seperti Evolved Packet Getaway. Aplikasi ini memungkinkan arsitektur jaringan inti (core network) terdistribusi serta meningkatkan kinerja jaringan dalam persiapan menuju 5G.

Sementara dengan adanya NFVI, jaringan inti terbaru ini bakal mendukung XL Axiata dengan solusi terbuka dan fleksibel, miliki kemampuan untuk implementasi teknologi baru dengan kustomisasi bawaan dan inovasi baru. Hal ini dapat mendukung pengenalan layanan terbaru, membantu memperkaya pengalaman pengguna sembari berikan layanan maksimal.

Ericsson sendiri telah hadir di Indonesia selama lebih dari satu abad, hadirkan konektivitas seluler bagi semua generasi, termasuk 4G dan uji coba 5G bersama XL Axiata. Kedua solusi 5G Core yang diberikan Ericsson akan mendukung XL Axiata untuk membangun landasan kuat bagi jaringan 5G. Serta memastikan implementasi cepat dari berbagai use-case di masa mendatang, baik untuk masyarakat dan pelaku industri.

Cloud Packet Core Ericsson Solusi Terbaik Untuk XL Axiata

ericsson xl axiata

“Penggunaan layanan data di Indonesia tumbuh pesat dan pengguna selalu mencari teknologi tercanggih setiap saat,” ujar Yessie D. Yosetya, Chief Technology Officer, XL Axiata lewat siaran pers yang diterima Gizmologi (30/7). “Dengan menggunakan Solusi Cloud Packet Core yang canggih, kami akan tetap menjadi pemimpin teknologi dan mampu memenuhi permintaan pengguna yang terus meningkat.”

Menurutnya, Ericsson adalah salah satu mitra jaringan penting untuk tingkatkan kualitas kinerja jaringan. Menanggapi hal tersebut, Jerry Soper selaku Country Head of Ericsson Indonesia menyatakan jika ini adalah pembuktian yang positif untuk Ericsson dalam hadirkan layanan 5G.

“Ericsson adalah pemimpin pasar Evolved Packet Core virtual dan NFVI dalam beberapa tahun terakhir. Kematangan penerapan software kami, stabilitas kinerja operasional serta kemampuan pengiriman lokal kami yang luar biasa, menjadi faktor penting bagi XL Axiata dalam memilih kami sebagai penyedia solusi terbaik,” tutup Jerry.