Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

XL Axiata Siapkan Layanan VoLTE di Wilayah Jakarta dan Medan

0 3.926

VoLTE kini menjadi primadona baru bagi operator seluler. Di Indonesia, layanan menelepon via jaringan LTE ini dipelopori oleh Smartfren sejak empat tahun lalu. Kemudian Telkomsel sejak Mei kemarin. Saat ini Indosat dikabarkan akan menggelar layanan tersebut. Dan hari ini, XL Axiata mengumumkan kesiapannya menghadirkan layanan VoLTE.

I Gede Darmayusa, Plt Chief Technology Officer XL Axiata, mengatakan meski di masa pandemi, kapasitas jaringan data XL Axiata terus ditingkatkan seiring dengan semakin meningkatnya trafik layanan data setiap tahun.

“Hingga semester 1 2020, trafik data telah meningkat lebih dari 40% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kapasitas jaringan yang telah ditingkatkkan sebesar 2x lipat akan mampu melayani peningkatan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah guna mengindari penyebaran Covid-19,” ujar Gede.

Dijelaskan lebih lanjut, secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 layanan VoLTE XL Axiata akan ada di tiga belas kota yang kemudian akan terus kami perluas. XL Axiata telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core.

“Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE),” kata Gede saat konferensi pers daring via Zoom (18/8).
Baca juga: Telkomsel Perluas Cakupan Layanan VoLTE 

Layanan VoLTE XL Axiata

Melengkapi layanan digital dengan teknologi terbaru, jaringan XL Axiata juga siap untuk melayani layanan Voice over LTE (VoLTE). Untuk tahap awal saat ini, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VOLTE di wilayah Jakarta dan Medan. Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya. Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. Oleh karena itu, XL Axiata optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan.

Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G XL Axiata yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Dukung Transformasi Era Digital, Sambut 5G

Gede menambahkan, sebagai operator layanan telekomunikasi dan data, XL Axiata memiliki peran yang strategis dalam mendukung transformasi masyarakat Indonesia memasuki era digital. Selain membangun jaringan data, XL Axiata juga mengadopsi berbagai teknologi jaringan terbaru dan tercanggih yang akan menambah manfaat keberadaan jaringan sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat.

Salah satu fokus XL Axiata saat ini adalah mempersiapkan layanan 5G. Dengan 5G, maka akan semakin besar manfaat teknologi digital yang bisa ditawarkan kepada masyarat Indonesia, yang sekaligus juga akan bisa mendukung program-program pembangunan.

Salah satu persiapan yang dilakukan XL Axiata menuju 5G adalah fiberisasi jaringan. Fiberisasi ini juga sekaligus mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar.

Saat ini jaringan data 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 450 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi Indonesia. Total panjang jaringan backbone fiber optik mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer.

Total BTS yang kini menopang layanan kepada seluruh pelanggan mencapai lebih dari 133.000 BTS, dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G/LTE. Jumlah BTS ini juga terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan pelaksanaan program peningkatan kualitas jaringan dan perluasan daerah layanan.

Sebagian dari BTS tersebut berada di lokasi yang terpencil dan bahkan sangat terpencil di area perbatasan dengan negara lain atau di pulau-pulau wilayah terluar Republik Indonesia. Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatikan, XL Axiata juga membangun BTS yang melayani daerah tertinggal melalui skema universal service obligation (USO). Hingga tahun ini, sudah terbangun sebanyak lebih dari 350 titik BTS USO tersebut.