Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

TelkomGroup Sediakan Akses Internet di Rumah Sakit Darurat Covid-19

0 730

Pemerintah melalui Kementerian BUMN RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI telah menetapkan tiga lokasi yaitu Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumas Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sebagai RS Darurat Covid-19. Berbagai fasilitas sedang disiapkan untuk rumah sakit darurat corona ini, salah satunya adalah fasilitas telekomunikasi.

Ketersediaan layanan telekomunikasi dan akses informasi yang cepat akan menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung tenaga medis dan tim satuan gugus tugas. Serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam menjalankan aktivitasnya seperti melakukan update informasi, pendataan pasien dan lain sebagainya.

Sebagai BUMN, Telkom Indonesia (TelkomGroup) pun tanggap dengan menyediakan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi di RS Darurat Covid-19. Hal ini guna memudahkan para petugas menolong dan merawat para pasien maupun untuk keperluan koordinasi berbagai pihak baik Rumah Sakit, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan pihak terkait lainnya.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom, mengatakan bahwa dukungan tersebut merupakan komitmen BUMN untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi wabah Virus Corona di Indonesia. “Untuk akses data dan internet di lokasi, TelkomGroup melakukan penguatan sinyal selular Telkomsel dan menyediakan akses internet baik yang dedicated ataupun melalui akses Wifi.id termasuk layanan IndiHome,” jelas Ririek di Jakarta (23/03).
Baca juga: Berkat Imbauan #DiRumahAja, Telkomsel Raup Lonjakan Trafik Data dan Layanan Digital

Jaringan Internet di RS Darurat Covid-19 Kemayoran

RS Darurat Covid-19Ririek menjelaskan dukungan TelkomGroup untuk RS Darurat Covid-19 tersebut berupa penyediakan Astinet (dedicated internet) 2 x 100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4 x 100 Mbps, akses Wifi.id 3 x 100Mb dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kementerian Kesehatan.

Sedangkan untuk akses mobile, Telkomsel juga memperkuat sinyal di area lokasi dengan peningkatan kapasitas BTS menjadi full capacity yang ditunjang dengan penambahan akses 500 hingga 800 Mbps dan BTS indoor serta penempatan BTS mobile (COMBAT). Disamping infrastruktur tersebut, TelkomGroup juga menyiapkan perangkat pendukung lain seperti Server, PC (personal computer), Printer, dan TV Display.

“Keseluruhan dukungan untuk keperluan akses data dan internet ini telah selesai disiapkan dan dapat dipergunakan sesuai dengan rencana operasional Rumah Sakit Darurat Virus Corona ini pada hari ini (23/3),” imbuhnya.

Telkom terus memantau perkembangan situasi penyebaran COVID-19 dan turut berperan aktif dalam menanggulangi wabah tersebut melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) yang dilakukan berdasarkan edaran dari pemerintah melalui Kementerian BUMN. “TelkomGroup akan selalu siap apabila nantinya diperlukan penambahan fasilitas baik di Rumah Sakit Darurat Kemayoran ataupun di tempat lain,” pungkasnya.