Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Libur Lebaran, Telkomsel Perkuat Jaringan di Lokasi Wisata

0 1.476

Menghadapi periode libur Lebaran, operator seluler biasanya melakukan penguatan jaringan yang dipusatkan di titik transit tempat berkumpulnya para pemudik, sepertirest area, bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan. Namun Telkomsel menambah tidak hanya pada area mudik tersebut, tetapi juga di lokasi wisata.

Hal ini ditegaskan oleh Telkomsel yang menyatakan optimalisasi jaringan tahun ini dilakukan tidak hanya di titik-titik kepadatan mudik, namun juga di lokasi wisata yang ramai dikunjungi para pelanggan yang menikmati libur Lebaran.

Sejumlah titik lokasi wisata yang menjadi destinasi warga seperti pusat perbelanjaan atau mall, taman rekreasi, obyek wisata alam seperti pantai, resort atau tempat penginapan yang biasanya dimanfaatkan para pelanggan, baik pemudik maupun yang berlibur bersama keluarga atau kerabat. Terdapat 527 titik wisata yang sudah diidentifikasi dan diperkirakan mengalami lonjakan trafik layanan komunikasi pada H-7 hingga H+7 Lebaran.

BTS Telkomsel
BTS Telkomsel di Kawasan Bromo

Hal itu tak lepas dari perilaku komunikasi wisatawan di Indonesia kini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya wisatawan mengunggah foto dan video aktivitas maupun panorama di lokasi wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan. Di samping itu, wisatawan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori wisata kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi wisata.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama pada periode libur Lebaran. Selain aktivitas mudik yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia, aktivitas di lokasi wisata juga menjadi perhatian.

“Untuk itu, sejak jauh hari kami berupaya mengantisipasi lonjakan trafik layanan komunikasi dengan memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di titik-titik yang dipadati wisatawan,” ujar Bob Apriawan dalam siaran pers yang diterima Gizmologi.

Diungkapkan, trafik layanan data atau payload di lokasi wisata pada momen libur Lebaran diperkirakan meningkat 32% dibandingkan hari biasa. Khusus untuk layanan 4G, peningkatan payload-nya diprediksi bisa mencapai 86% ketimbang hari biasa. Sementara itu, trafik layanan suara dan SMS pada lokasi dan periode yang sama secara umum diperkirakan tidak berbeda dengan trafik pada hari biasa.

Untuk mengantisipasi tingginya penggunaan data di lokasi wisata, Telkomsel telah memperkuat sekitar 1.500 base transceiver station (BTS) di area sekitar lokasi berkumpulnya wisatawan di seluruh Indonesia. Lebih dari 450 BTS di antaranya merupakan BTS 4G atau eNodeB untuk menjamin kelancaran komunikasi data pelanggan.

Dan untuk menghadapi mudik dan libur Lebaran ini, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup. Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS di berbagai daerah di Indonesia yang diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama libur Lebaran. Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 140.000 BTS di berbagai penjuru negeri, di mana lebih dari 60% diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 1.687 Gbps (Giga bit per second).

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama libur Lebaran, diantaranya 84 GraPARI Telkomsel Siaga dan 346 GraPARI Mitra Siaga, 487 Mobile GraPARI, 81 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 359 Branch Office Mitra Distributor (TDC). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk kartu perdana dan voucher isi ulang (mkios) melalui 3.779 Outlet Siaga.