Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Adopsi Teknologi Terkini, Tim Ducati Moto GP Perpanjang Kontrak dengan Lenovo

0 3.029

Tim Ducati MotoGP telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan mitra teknologi Lenovo. Tak tanggung-tanggung, perusahaan teknologi multinasional asal China tersebut menjadi sponsor utama. Sehingga warna livery-nya pun berubah menjadi merah yang ikonik dengan Lenovo. Bahkan susunan pembalap dan nama timnya pun baru, kini Ducati Lenovo Team.

Sebagai informasi, selama tiga musim terakhir telah berkontribusi dalam mengembangkan strategi dan inovasi baru, terkait balapan sebagai Technical Partner dari tim. Menariknya, kerja sama dengan Lenovo ini bukan sekadar sebagai sponsor utama.

Ducati Lenovo Team akan melipatgandakan penggunaan analitik data, kecerdasan buatan (AI) dan perangkat komputasi tepi untuk meningkatkan kinerja pengendara selama musim balap 2021 berlangsung.

Baca juga: Lenovo Legion Slim 7i Resmi di Indonesia, Laptop Gaming Ringan Rp20 Jutaan

Teknologi yang Dipakai Tim Ducati Lenovo

Laptop Lenovo Ducati 5
Laptop Lenovo Ducati 5

Lenovo berfokus pada melengkapi tim MotoGP dengan PC, tablet, dan perangkat komputasi edge untuk mengumpulkan, menganalisis data balapan dan menginformasikan desain serta konfigurasi pada motor balap.

Hingga saat ini, para insinyur Ducati diketahui menggunakan perangkat server edge ThinkSystem SE350 Lenovo yang ringkas untuk memproses dan menganalisis data yang dihasilkan selama balapan juga sesi latihan. Dari hasil tersebut, digunakan untuk menginformasikan strategi balapan kepada pengendara selama musim ini.

Insinyur Ducati juga menggunakan laptop workstation mobile Lenovo ThinkPad P1 untuk memproses data langsung dari motor, yang kemudian digunakan di luar lintasan. Dari informasi itu dapat dipakai untuk menjalankan simulasi tentang berbagai kemungkinan pengaturan motor dengan harapan dapat meningkatkan kinerja mereka.

Lenovo juga telah menerapkan high-performance computing (HPC). Berdasarkan teknologi tersebut, dapat memungkinkan teknisi Ducati untuk menjalankan beban kerja pemodelan dinamika aerodinamis dan fluida berkecepatan tinggi sehingga mereka dapat merancang sepeda baru dengan cepat, sambil tetap mengikuti model olahraga terbaru.

Selain itu, hasil dari kolaborasi tersebut adalah branding produk terbaru Lenovo Ducati 5 yang diluncurkan pada CES 2021 kemarin. Laptop 14 inci ini punya desain dengan laburan warna titanium sebagai edisi terbatas dengan grafis merah khas Ducati, dengan tulisan Ducati Corse.

Tim Ducati Lenovo Tingkatkan Performa Melalui Pembaruan Teknologi

Lenovo
Jack Miller dan Fransesco Bagnaia di tim Ducati Lenovo Moto GP (motogp.com)

Melalui kemitraan teknologi yang telah diperbarui, perusahaan dapat memperdalam penggunaan data mereka melalui perkenalan teknologi yang akan meningkatkan kemampuan tim Ducati Lenovo untuk berkolaborasi serta bekerja dari jarak jauh, melalui pengembangan dan penyebaran infrastruktur desktop virtual.

Kedua perusahaan juga menjajaki potensi teknologi augmented reality dan virtual reality untuk dimasukkan ke dalam proses desain motor balap di masa depan.

Wakil Presiden Senior Lenovo,Luca Rossi, memuji nilai-nilai bersama perusahaan menjalin hubungan teknologi sebagai faktor kunci dalam keputusan yang dilakukan .“Kami telah belajar (melalui kemitraan) sebagian besar nilai antara Lenovo dan Ducati memiliki kesamaan adalah kinerja, kecepatan, kualitas desain, keandalan, dan jelas inovasi,” kata Rossi.

Memperluas poin ini, Rossi mengutip angka yang menunjukkan, pasar motor sport global akan terus tumbuh sebesar 10% setiap tahun hingga 2025. Hal ini didorong sebagian besar dari hasil analisis data dan teknologi terkait lainnya.  Untuk memanfaatkan pertumbuhan ini, Lenovo mengandalkan pekerjaannya dengan Ducati.

“Penting bagi kami untuk menemukan perusahaan yang ikonik seperti Ducati, siap untuk menang dan (siapa yang dapat kami) bantu untuk menang dengan teknologi kami. Sudah banyak contoh di AR / VR, di datacenter kita dengan artificial intelligence dan PC kita, ”ujarnya.

Rossi pun yakin Lenovo dapat berkontribusi untuk Ducati dan bisa saling belajar antardua perusahaan tersebut. Balapan pertama musim MotoGP 2021 akan berlangsung di Qatar pada 28 Maret 2021 dan sekaligus menjadi debut perdana Tim Ducati Lenovo berlaga di Moto GP.