Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Berbagi Konten dengan Banyak Orang Sekaligus Menggunakan ShareIt

0 2.513

Salah satu aktivitas wajib saat jalan-jalan adalah mengabadikan setiap momen baik dalam bentuk foto maupun video dari kamera. Bakal merepotkan jika traveling rame-rame banyak yang minta file asli hasil dokumentasi. Kirim melalui Bluetooth dengan file besar dan banyak jelas menyulitkan. Melalui instant messaging  kualitasnya menurun. Sebenarnya, ada cara yang lebih asyik untuk berbagai konten . Yaitu dengan memanfaatkan aplikasi SHAREit untuk melakukan transfer data berukuran besar dan bisa langsung dilakukan pada beberapa orang sekaligus.

Aplikasi yang tersedia diberbagai macam platform, mulai dari Android, iOS sampai komputer desktop Windows dan Mac ini, bisa mentransfer banyak file sekaligus ke maksimal lima teman anda dalam satu waktu. Yang paling asyik, kita bisa saling berbagi dan mengambil file di group share itu tanpa harus khawatir kuota data anda berkurang. Karena aplikasi SHAREit memanfaatkan teknologi WiFi Direct.ShareIT apps

Jika sedang bepergian bersama teman-teman dan hendak bertukar foto, bisa menggunakan fitur GroupShare dan Share Zone di aplikasi SHAREit. Kedua menu tersebut tepat berada di bagian bawah menu SEND – RECEIVE yang langsung terlihat di halaman utama.

Menu Share Zone mengarahkan ke kumpulan file dokumen. Dari situ kita bisa mencontreng file dan dokumen mana saja yang bisa ‘diintip’ atau diambil langsung. Berapapun ukuran file, sebanyak apapun file-nya, teman-teman di jaringan nirkabel yang sama dengan anda bisa memilikinya, atau memindahkan file tersebut ke smartphone lain.

Namun untuk bisa menyediakan ‘ladang file’, ada baiknya terlebih dahulu membuat Group Share. Saat Group Share diklik, akan muncul semacam radar. Sinyal itu akan mencari siapa saja yang sedang berada di jaringan anda. Jika ditemukan akun-akun SHAREit milik teman-teman anda, silakan klik avatar mereka satu persatu. Secara otomatis mereka telah masuk ke dalam grup share yang telah anda buat.

Dari sini, anda tinggal mencari file yang ingin di-share. Satu kali klik, file-file tersebut akan langsung dihantarkan ke anggota di group share anda. Begitupun anggota yang lain bisa melakukan hal serupa. Sehingga semua foto-foto atau video perjalanan yang seru bisa terbagi ke semua anggota secara instant. Setelah itu, bisa langsung dipamerkan ke media sosial agar lebih eksis.

ShareIT
Screenshot fitur Group Share di aplikasi SHAREit

Ingat, ukuran file yang dikirim tidak terbatas, bahkan sampai ukuran gigabyte sekalipun. Apalagi, dalam uji coba, untuk mengirimkan satu file dengan ukuran 200 MB, hanya butuh waktu dua menit untuk bisa dikirim ke empat orang sekaligus.

Sebagai informasi, ShareIt merupakan aplikasi mengirimkan dan menerima file data berkecepatan tinggi. Penggunanya saat ini telah mencapai satu miliar dengan 10 persennya berasal dari Indonesia.