Jakarta, Gizmologi – Memasuki usia ke-13, Tokopedia terus berupaya mengakomodasi masyarakat menikmati kemudahan bertransaksi online secara aman dan terpercaya, demi mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.
Hal ini ditegaskan oleh Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia yang menyatakan sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia terus berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam memenuhi kebutuhan pengguna.
“Di Tokopedia, kami ingin memberikan cara mudah dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehingga mereka dapat fokus kepada hal yang terpenting, terutama di tengah pandemi. Kami selalu mengedepankan DNA kami, yaitu Focus on Consumer, di mana pengguna yang mencakup pembeli, penjual serta karyawan, selalu menjadi fokus utama dari inovasi bisnis Tokopedia,” ujar Ekhel (2/8).
Baca juga: Nilai Transaksi Pembayaran Pajak di Tokopedia Naik Tiga Kali Lipat

Lebih lanjut, Ekhel menyampaikan bisnis Tokopedia merupakan bisnis kepercayaan. Selama 13 tahun melayani masyarakat Indonesia, Tokopedia selalu memberi perhatian lebih kepada sistem keamanan demi kenyamanan dan meningkatkan kepercayaan pengguna.
Berkat upaya tersebut, Tokopedia menggondol empat penghargaan di Selular Award 2022. E-commerce yang kini menjadi bagian dari GoTo tersebut meraih penghargaan di empat kategori yaitu: Most Trusted Brand, UMKM’s Most Favorite eCommerce, Best e-Commerce, dan Excellence in Performance untuk Leontinus A Edison, Co-Founder dan Vice Chairman, Tokopedia.
Inovasi Tokopedia

Salah satu inovasi yang sedang gencar dijalankan adalah Inisiatif Hyperlocal. Inisiatif ini hadir untuk menjawab salah satu tantangan UMKM, yaitu menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai penjuru Indonesia sekaligus membantu para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, dapat terus relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi juara di negeri sendiri.
Selain itu, inisiatif ini juga mendukung UMKM di daerah mendapatkan panggung yang seluas-luasnya, dimana mengedepankan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat di domisili mereka.
Beberapa program dan bentuk dari inisiatif hyperlocal ini adalah:
- Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal: Menghadirkan festival belanja WIB dan WIB Lokal selama tanggal 25 hingga akhir setiap bulan. Para penjual di daerah dapat mendapatkan eksposur yang lebih besar dalam kampanye WIB Lokal.
- Kumpulan Toko Pilihan (KTP): Mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat dengan fitur geo-tagging, sehingga UMKM daerah memiliki peluang untuk tumbuh dan bangkit
- Tokopedia NOW!: Sebuah layanan yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian – termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya – dengan jaminan akan tiba maksimal dua jam setelah pembayaran.
- Dilayani Tokopedia: sebagai layanan pemenuhan yang memungkinkan penjual di Tokopedia menitipkan stok produk di ‘gudang pintar’ di berbagai daerah, terutama di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi. Dengan Dilayani Tokopedia, Tokopedia berkomitmen untuk menyediakan pengiriman yang terpercaya, cepat, dan gratis ke seluruh negeri. Saat ini, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya guna mendukung inisiatif Hyperlocal.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




