Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Program ‘Rabu Nabung’ Tokopedia Dorong Masyarakat untuk Berinvestasi

1 471

Tren untuk berinvestasi saat ini semakin meningkat. Tak hanya generasi boomers atau yang lebih tua saja, kini generasi milenial pun lebih banyak yang memulai untuk investasi, dengan semakin mudahnya cara. Salah satu startup asli Indonesia yang lebih dikenal dengan e-commercenya, Tokopedia juga berikan alternatif mudah berinvestasi.

Di hari yang sama (2/9), Tokopedia secara resmi meluncurkan sebuah gerakan yang dinamakan ‘Rabu Nabung’, dengan tujuan meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk investasi. Sesuai namanya, Setiap Rabu, masyarakat yang membeli reksa dana maupun menabung emas melalui Tokopedia bakal mendapatkan tambahan benefit yang menarik.

Jika membeli reksa dana, pelanggan bisa memperoleh gift card dengan nilai hingga Rp75 ribu, sementara bagi penabung emas berkesempatan untuk mendapat cashback sampai Rp250 ribu. Melalui acara konferensi pers virtual, VP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari menyampaikan tujuan dari inisiatif baru yang baru saja mereka luncurkan ini.

Baca juga: Tokopedia Ungkap Kiprah 11 Tahun Maksimalkan Teknologi untuk Dorong UMKM

Program Tokopedia Rabu Nabung Permudah Cara Investasi

“Lewat inisiatif ini, kami berharap menabung bisa tetap menjadi sebuah kebiasaan walau di tengah pandemi. Karena melalui Tokopedia, masyarakat bisa berinvestasi dengan mudah, aman dan terjangkau. Mulai dari Rp5 ribu untuk emas dan Rp10 ribu untuk reksa dana, siapa saja bisa menjadi investor,” jelas Vira.

Lalu mengapa Tokopedia mengedepankan dua instrumen investasi ini? Vira menjelaskan, emas adalah produk investasi jangka panjang yang sudah sejak lama menjadi primadona, berkat harganya yang cenderung naik. “Sedangkan reksa dana pasar uang memiliki risiko rendah dan keuntungan relatif tinggi.”

Selain itu, Tokopedia berharap dua produk investasi yang dinilai ramah terutama kepada investor pemula ini, bisa mendorong masyarakat untuk mengenal produk investasi lebih lanjut lainnya. Selain itu, akan secara umum meningkatkan literasi serta inklusi keuangan di Indonesia.

Dalam sesi yang sama, Tokopedia juga menyampaikan keuntungan bagi para pelanggan mereka yang menabung melalui metode reksa dana. Untuk pastikan keamanan investasi, Tokopedia bekerja sama dengan Bareksa, dan juga diawasi oleh OJK. Tokpedia Reksa Dana sendiri telah diluncurkan sejak 2018.

Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi menjelaskan jika transaksi pada Tokopedia Reksa Dana bertumbuh hampir 27 kali lipat selama dua tahun ke belakang. Jumlah pengguna yang terdaftar saat ini sudah bertumbuh lebih dari 57 kali lipat.

Tokopedia Emas Dijamin Aman & Sesuai Prinsip Syariah

Tokopedia Emas

Sementara untuk Tokopedia Emas sendiri sudah hadir sejak 2019. “Sama halnya dengan reksa dana, emas pun semakin diminati masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa selama satu tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 20 kali lipat,” tambah Marissa.

Fitur Pembulatan Emas juga memungkinkan masyarakat untuk berbelanja sambil menabung emas. Caranya sangat simpel, dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout mulai dari Rp500. Dari nilai-nilai kecil ini, kalau dilakukan dengan sering, pasti lumayan kan, Gizmo friends.

Untuk memenuhi prinsip-prinsip Syariah, Tokopedia Emas juga telah bekerja sama dengan Pegadaian. Ke depannya, akan secara rutin menggelar talk show daring bertema investasi di setiap akhir bulan. Akan dihadirkan berbagai narasumber yang bagikan pengalaman, serta tips & trik mengatur keuangan.