Jakarta, Gizmologi โ Twitter menyebut kicauan netizen di platformnya dapat mempengarui keputusan seseorang untuk membeli suatu produk. Hal inilah yang mendorong media sosial berlogo burung biru itu untuk menghadirkan fitur #ShopWithTwitter.
Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansah, menyatakan bahwa 76% pembicaraan netizen telah membuka peluang bagi bisnis untuk mendapatkan insights dari konsumen. Bahkan tak jarang netizen yang mengambil keputusan membeli barang setelah melihat percakapan di Twitter.
โSetiap harinya orang-orang datang ke Twitter untuk mencari informasi tentang brand dan produk baru, terlibat dan berdiskusi dalam percakapan terkait belanja, serta mencari atau bahkan memberikan rekomendasi tentang brand dan produk,โ ujar Adrian dalam media breafing, Rabu (26/10/2022).
Twitter mengungkapkan sepanjang 2021 terdapat 82 juta tweet terkait belanja di Asia Tenggara dan 48 juta tweet di antaranya berasal dari Indonesia. Lebih lanjut, saat ingin berbelanja sebanyak 74% pengguna datang ke Twitter untuk menentukan apa yang mereka beli.
Baca Juga: Twitter Shops Terus Dikembangkan, Kini Tersedia Untuk Sejumlah Pengguna iOS
Kicauan Netizen di Twitter

Biasanya, mereka akan melihat ulasan terpercaya terkait produk yang ada di sana sebelum memutuskan untuk membeli. Sedangkan, sebanyak 45% menganggap ulasan konsumen yang beredar di Twitter lebih terpercaya jika dibandingkan dengan pengguna layanan di media sosial lainnya.
โKita datang ke Twitter itu ingin terhubung dengan orang-orang yang punya minat yang sama dan itu menyebabkan orang yang memiliki ketertarikan sama, di saat mereka membicarakan sebuah produk, mereka lebih mempercayai itu,โ paparnya.
Besarnya komunitas dan tingginya percakapan soal belanja di Twitter menjadi peluang bagi brands untuk memanfaatkan solusi pemasaran menggunakan marketing funnel Twitter. Dengan menganalisa percakapan yang sedang terjadi di Twitter, brand memiliki peluang lebih baik untuk terhubung dengan audiens mereka dan membantu perencanaan pemasaran produk.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



