alexa

Twitter Blue, Layanan Berbayar Rp40 Ribuan yang Bisa ‘Undo Tweet’

Rumor akan kehadiran fitur berbayar pada platform media sosial satu ini memang sudah bermunculan sejak cukup lama. Kini pada awal Juni 2021, Twitter tak lagi ‘gratis’. Untuk menikmati pengalaman terbaik mengakses linimasa dan lainnya, Twitter Blue hadir dengan beberapa fitur spesial.

Selama ini, menggunakan Twitter memang gratis dan tidak ada opsi berbayar sama sekali. Namun beberapa pengguna selalu menginginkan adanya beberapa fitur tambahan yang bisa tingkatkan pengalaman berkirim dan membaca cuitan pengguna satu sama lain. Pihak resmi Twitter mencoba berikan fasilitas tersebut lewat sebuah program berlangganan, sebagai opsi yang menarik untuk mereka yang memang pengguna Twitter sejati.

Dalam sebuah rilis pada situs resminya, Twitter menegaskan sejak awal bila versi gratisannya tak akan mengalami perubahan. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena Twitter Blue hadir sepenuhnya bersifat komplementer. Khusus untuk mereka yang ingin fitur lebih. Apa saja kelebihannya? Berikut tiga fitur tambahan yang bisa kamu dapatkan dengan Twitter Blue.

Baca juga: Twitter Rilis “Tip Jar”, Beri Kesempatan Kreator untuk Menerima Uang

Folder untuk Bookmark di Twitter Blue

Twitter Blue

Ada banyak sekali jenis informasi yang bisa kamu temukan di Twitter. Mulai dari gambar, link tertentu sampai tweet berjenis thread informatif. Selama ini, opsi untuk ‘menyimpan’ twit yang ada di Twitter hanya lewat dua cara; memberikan like, atau menyimpannya ke dalam bookmark. Sayangnya, keduanya sangat simpel, dan akan memusingkan bila banyak yang sudah disimpan.

Lewat Twitter Blue, pengguna bakal diberikan kemampuan untuk membuat beragam kategori dalam folder bookmark. Lewat “Bookmark Folders”, kamu bisa menyimpan setiap tweet tiap folder khusus dan menyortirnya dengan mudah. Cara bekerjanya bisa dibilang mirip seperti menyimpan foto yang kamu temukan di aplikasi Instagram.

Kamu bisa menambahkan folder sesuai dengan keperluan. Lalu ketika menemukan twit baru, bisa langsung disimpan ke folder yang tepat. Seperti makanan, beria, foto kendaraan hingga lainnya.

Undo Tweet

Twitter Blue

Mulai dari pengguna biasa hingga YouTuber gadget nomor satu, Marques Brownlee selalu keluhkan Twitter yang tidak punya fitur untuk undo atau edit sebuah twit ketika sedang dikirimkan. Well, tidak se-fleksibel itu, sih. Namun setidaknya kini ada cara tambahan agar penggunanya bisa mengecek apakah twit yang akan dikirim sudah tepat atau belum.

Lewat fitur “Undo Tweet” yang tersedia untuk pengguna Twitter Blue, pengguna bisa menambahkan sebuah timer dengan durasi hingga 30 detik. Tiap kali hendak mengirimkan sebuah twit, bakal muncul sebuah loading bar yang selesai sesuai waktu yang diatur pengguna, lengkap dengan tombol undo. Jaga-jaga supaya tak perlu hapus twit supaya tidak ada kesalahan.

Reader Mode Permudah Membaca Utas

Twitter Blue

Dengan keterbatasan karakter dalam tiap twit, sebuah info yang panjang umumnya disampaikan dalam bentuk utas atau thread, alias twit berseri. Membacanya bisa jadi membingungkan bagi sebagian orang, terutama bila utas sudah ramai dan bercampur dengan balasan pengguna lain. Benefit ketiga dari Twitter Blue berikan kemampuan untuk membaca utas lebih mudah.

Ya, bila kamu berlangganan Twitter Blue, bakal muncul fitur baru “Reader Mode” di mana sebuah utas bisa ditampilkan layaknya reader mode pada peramban seperti Microsoft Edge. Elemen tidak penting akan dihapus, dan isi utas bakal ditampilkan selayaknya format berita atau buku. Sehingga kamu bisa benar-benar fokus membaca isi utas secara mudah.

Selain tiga unggulan utama yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa bonus atau perks lainnya. Khusus pengguna Twitter Blue, kamu dapat mengubah ikon aplikasi, dan mengganti aksen warna atau tema yang bakal tampil luar dalam. Plus, memiliki akses untuk layanan pelanggan khusus bila diperlukan.

Ke depannya, benefit dari Twitter Blue bakal terus dikembangkan, sembari mendengar input penggunanya. Jadi kalau kamu merasa masih belum perlu, bisa juga untuk menunggu beberapa waktu ke depan sampai muncul benefit lain yang berikan daya tarik tersendiri.

Untuk permulaan, yang bisa berlangganan ke Twitter Blue baru pengguna di Kanada dan Australia saja. Harganya? CAD3,49 per bulan, atau sekitar Rp41 ribuan. Menurut Gizmo friends gimana nih, untuk fitur yang diberikan, apakah sudah pas atau kemahalan?

Tinggalkan komen