Jakarta, Gizmologi – Perusahaan penyedia data dan analis bisnis e-commerce, Compas.co.id, melaporkan hasil risetnya mengenai pertumbuhan bisnis paket kecantikan selama tahun 2024. Dalam laporan selama semester I dan semester II tahun ini, penjualan Fast Moving Consumer Good (FMCG) di e-commerce secara konsisten terus berkembang.
Menurut data Compas.co.id pada periode 1 Januari 2023 – 30 Juni 2024 nilai penjualan FMCG di Shopee dan Tokopedia mengalami pertumbuhan sebesar 16,4% pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2024, naik ke angka Rp36,7 triliun dari sebelumnya Rp 31,5 triliun.
Pertumbuhan ini didorong oleh kategori perawatan & kecantikan konsisten terus berkembang di 3 semester terakhir. Pada Semester I 2023 nilai penjualan kategori perawatan & kecantikan berada di angka Rp12,8 triliun, melonjak di semester II ke angka Rp16,7 triliun dan pada semester I 2024 kembali meningkat ke Rp18,1 triliun.
“Menurut riset tim Compas.co.id, pada semester I 2024 kategori produk sunscreen mengalami pertumbuhan yang paling pesat dibanding yang lainnya. Nilai penjualannya melesat dari Rp530 miliar di semester II 2023 ke angka Rp914 miliar di semester I 2024 atau meningkat sebesar 72,27%,” papar Hanindia Narendrata selaku Co-founder & CEO Compas.co.id.
Baca juga: Owner Saff & Co Bagi Tips Sukses Bisnis di E-Commerce
Compas Mencatat Paket Brightening Paling Diminati

Peningkatan yang terjadi pada penjualan produk kecantikan pada awalnya disebabkan oleh ramainya berita Heatwave pada periode September & Oktober 2023 lalu, kemudian secara bertahap influencer maupun dokter kecantikan mengedukasi pentingnya penggunaan sunscreen, sehingga peningkatan tersebut berlanjut di 2024.
Hanindia yang hadir dalam perhelatan Indonesia Best Selling Brands in E-commerce Market 2024 di Jakarta, menjelaskan bahwa paket kecantikan menjadi kategori produk yang memiliki nilai penjualan paling besar di kategori perawatan & kecantikan.
Pada semester I 2024, nilai penjualan paket kecantikan naik ke angka Rp1,8 triliun atau hampir 10% dari total nilai penjualan di FMCG. Adapun peningkatan nilai penjualannya juga tergolong besar, sebanyak 40,32% dari nilai penjualan sebelumnya Rp1,3 triliun di Semester II 2023
Dalam penelitian lebih lanjut, Compas.co.id menemukan kenyataan bahwa dari Rp1,8 triliun total nilai penjualan paket kecantikan, Rp1,5 triliunnya merupakan paket kecantikan jenis brightening, atau mencapai 83,3%. Bisa dikatakan hampir seluruh konsumen yang berbelanja paket kecantikan, memiliki preferensi produk pencerah kulit.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




