Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kredivo: Transaksi Harian E-Commerce Naik 26% Selama Pandemi

0 140

Meski beberapa pusat perbelanjaan telah dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk berbelanja online atau daring. Salah satunya adalah melalui beberapa e-commerce yang sudah populer, dengan metode pembayaran yang bisa diakses cepat, aman dan nyaman. Selain kemudahan, metode pembayaran fleksibel secara berkala juga menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satunya adalah dengan menggunakan platform kredit digital tanpa kartu, yang pendaftarannya cukup mudah mulai dari proses pengajuan, verifikasi data sampai persetujuan tanpa hambatan. Kredivo sebagai salah satu platform kredit digital yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyampaikan lonjakan yang signifikan selama pandemi.

Faktor Kenaikan Transaksi di E-Commerce Selama Pandemi

Selama pandemi, transaksi harian e-commerce dilaporkan telah meningkatkan hingga 26%. Tak lain karena kemudahan yang ditawarkan oleh metode pembayaran kredit digital seperti Kredivo, yang mendorong tingkat kepercayaan konsumen pada industri e-commerce. Selain itu, data internal Kredivo mencatat peningkatan yang stabil terhadap jumlah pengguna baru yang melakukan transaksi di e-commerce sampai 42%, periode Februari hingga Juni 2020.

Lily Suriani, General Manager Kredivo menyebutkan jika penetrasi kredit yang masih tergolong rendah di Indonesia menjadi salah satu faktor terbatasnya fleksibilitas pembayaran secara berkala, bagi konsumen saat betransaksi di e-commerce. “Oleh karena itu, Kredivo telah bermitra dengan hampir semua merchant, termasuk berbagai e-commerce dan marketplace terkemuka di Indonesia, untuk berikan fleksibilitas pembayaran secara berkala yang praktis dan aman.”

Melalui sebuah rilis yang diterima Gizmologi (17/7), Lily menyebutkan jika kemudahan, keamanan serta fleksibilitas yang Kredivo tawarkan semakin mendorong pemanfaatan kredit digital di e-commerce, dan tingkatkan kepercayaan konsumen untuk bertransaksi secara digital, terutama di masa sulit seperti saat ini.

Hal tersebut sejalan dengan laporan Konsultan Global McKinsey, yang menunjukkan terjadinya peningkatan pembayaran tanpa kontak (contactless payment) sebesar 26% di Indonesia selama bulan Juni 2020. Sementara itu, metode pembayaran lainnya seperti cash dan penggunaan kartu debit/kredit mengalami penurunan. Peningkatan pembayaran kontak salah satunya karena berkurangnya risiko belanja tatap muka dan penggunaan uang tunai saat bertransaksi.

Survei lain dari Facebook, Bain & The Company di Indonesia dan empat negara Asia Tenggara lainnya juga mengungkapkan terjadinya peningkatan konsumen baru (first adopter), yakni sebesar 28% yang mencoba aplikasi e-commerce untuk pertama kalinya.

Baca juga: Permudah Pembayaran, Kredivo Hadirkan Zero-click Checkout di Bukalapak

Kemudahan Pembayaran Menjadi Salah Satu Pendukung

Kredivo Bukalapak

Dibuat semakin mudah, Kredivo juga tetap memperhatikan sisi keamanan, dengan menerapkan teknologi verifikasi data dan pendeteksi penipuan lewat sistem manajemen risiko industri. Sistem tersebut mampu mencapai metrik risiko setaraf bank. Kredivo juga akan terus memahami perilaku konsumen, baik sebelum maupun sesudah pandemi, agar dapat terus berinovasi dan hadirkan solusi tepat untuk kebutuhan konsumennya.

Beberapa e-commerce di Indonesia juga telah mengimplementasikan fitur unggulan Kredivo, yaitu Zero-click Checkout yang mungkinkan pengguna untuk membeli barang di e-commerce secara instan. Tanpa perlu login atau pindah ke aplikasi lainnya.

“Selain memahami perilaku konsumen, prinsip responsible lending juga senantiasa kami terapkan agar membuat konsumen tetap bijak berbelanja di e-commerce. Didukung oleh pondasi yang kuat, bisnis kami terus berjalan normal dengan kinerja yang cenderung stabil dan siap untuk terus mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia,” tutup Lily.