Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Permudah Pembayaran, Kredivo Hadirkan Zero-click Checkout di Bukalapak

0 201

Selama masa PSBB atau pandemi berlangsung, lebih banyak masyarakat di tanah air yang melakukan berbagai macam aktivitas secara daring atau online, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mungkin bila sebelumnya belanja daring hanya dilakukan untuk kebutuhan tersier, kini sudah merambah ke kebutuhan pokok yang dibutuhkan tiap harinya. Untuk permudah masyarakat dalam berbelanja, Kredivo bersama Bukalapak berikan metode pembayaran digital tercepat.

Inovasi pembayaran terbaru ini disebut dengan “Zero-click Checkout”, dirancang agar dapat berikan pengalaman berbelanja yang lebih cepat, lebih sederhana dan optimasi khusus untuk bertransaksi melalui smartphone. Dengan begitu, pengguna dapat membeli barang secara instan tanpa perlu login atau pindah ke aplikasi lain untuk menyelesaikan proses pembayaran.

Kredivo adalah platform kredit digital yang sudah sangat dikenal di Indonesia, sementara Bukalapak menjadi perusahaan tech-commerce yang terus berkomitmen terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Dalam proses checkout pembayaran di Bukalapak, pengguna dapat memilih metode pembayaran Kredivo, dan barang yang diinginkan akan terbayar dalam sekejap menggunakan kredensial yang sudah disimpan. Pengguna dapat pilih metode pembayaran 30 hari tanpa bunga, atau cicilan sampai 12 bulan dengan bunga 2,95% per bulan.

Kredivo Permudah Pengguna Bukalapak Yang Akses dari Smartphone

Kredivo Bukalapak Zero-click

Lily Suriani, General Manager Kredivo menambahkan jika merchant yang mengadopsi metode pembayaran ini akan mendapat manfaat dari tingkat retensi dan Gross Merchandise Value (GMV) yang lebih tinggi. “Zero-click ini membuat siapa saja yang memiliki akses smartphone dan membutuhkan transaksi pembelian yang seamless, aman dan nyaman, kini dapat mengaksesnya di Bukalapak dengan cepat di manapun mereka berada.”

Menurut riset yang diadakan oleh McKinsey terkait sentimen konsumen Indonesia, menyatakan bila telah terjadi peningkatan aktivitas digital selama masa pandemi. Lebih dari 30% responden mengaku lebih sering memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memesan makanan secara daring. Karena memang metode ini membuat kebutuhan sehari-hari lebih mudah didapat, membuat konsumen tak harus pergi ke luar rumah dan terpapar risiko penularan virus.

Integrasi fitur inovatif ini dipercaya dapat tingkatkan kenyamanan pembayaran e-commerce di tengah pandemi, mengingat friksi saat pembayaran yang sangat tinggi mampu sebabkan tingkat cart abandonment di e-commerce Indonesia menjadi salah satu yang paling tinggi di dunia.

Satu Bulan Diluncurkan, Kredivo Tingkatkan Keberhasilan Transaksi di Bukalapak

Sejak diluncurkan pada Agustus 2019 lalu, inovasi yang pertama kali diterapkan di Indonesia ini akan diintegrasikan di e-commerce terkemuka lainnya oleh Kredivo secara bertahap. Di Bukalapak sendiri, hanya dalam waktu satu bulan setelah diluncurkan, 50% dari transaksi melalui Kredivo telah menggunakan Zero-click Checkout dan tumbuhkan tingkat keberhasilan transaksi sebesar 30%.

Mendukung kerjasama yang diinisiasi oleh Kredivo, pihak Bukalapak merespon dengan sangat baik. Victor Lesmana, Director of Payment, Fintech and Virtual Products pada Bukalapak mengatakan, “Bukalapak selalu mengedepankan kemudahan, keamanan dan kenyamanan transaksi bagi para pengguna, selain juga menghasilkan inovasi bagi para pelaku UMKM yang tergabung menjadi pelapak di Bukalapak”. Kerjasama Bukalapak serta Kredivo didedikasikan sebagai solusi finansial tambahan yang memungkinkan transaksi penggunanya berjalan dengan seamless, yaitu aman, cepat dan mudah bagi total 92 juta pengguna Bukalapak.