Setelah 10 Tahun, Tak akan Ada Lagi YouTube Rewind! Ini Alasannya

Jakarta, Gizmologi – YouTube memutuskan untuk mengakhiri tradisi video kompilasi akhir tahun atau YouTube Rewind. Penghentian ini dibuat YouTube, setelah gelaran Rewind 2020 ditunda karena pandemi COVID-19.

Melalui akun twitternya @YouTubeCreators, raksasa video milik Google ini menyebut YouTube Rewind yang telah ada sejak 2011 merupakan bentuk perayaan dari beberapa hal menakjubkan yang telah dibuat oleh komunitas YouTube di platformnya, selama satu tahun terakhir.

Baca juga: Smartwatch Wear OS Jadul Kebagian Fitur YouTube Music

“Terima kasih kepada semua pembuat konten yang terlibat dalam Rewind, kami akan mendukung Rewind Anda saat kami memfokuskan kembali energi kami untuk merayakan Anda dan tren yang menjadikan YouTube dengan jenis pengalaman yang berbeda dan diperbarui. Nantikan terus,” tweet @YouTubeCreators (8/10).

Alasan YouTube Rewind Dihentikan

Meski berat dan tak bisa diterima oleh penikmat YouTube, video Rewind telah menjadi bagian besar dari budaya YouTube selama 10 tahun terakhir. Adapun Salah satu alasan YouTube berhenti membuat video kompilasi YouTube Rewind adalah platform media sosial tersebut kini sudah bertumbuh semakin besar.

Sehingga hal ini lah yang tidak mungkin bisa dilakukan YouTube untuk merangkum luas keragamannya dalam kompilasi berdurasi beberapa menit. Belum lagi semakin banyak konten kreator yang setiap tahunnya membuat sendiri YouTube Rewind dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami tidak lagi merasa bahwa satu video yang dibuat YouTube dapat mencerminkan seluruh komunitas pembuat konten kami. Kami bersemangat untuk menyerahkan tongkat estafet kepada pembuat konten untuk memberi setiap komunitas pembuat konten ruang untuk merayakan YouTube yang paling penting bagi mereka!,” tulis YouTube.

Satu Dekade YouTube Rewind

YouTube Rewind

Tahun ini seharusnya menandai titik balik bagi YouTube Rewind, setelah tahun lalu absen karena pandemi COVID-19. Hal ini mengakhiri tradisi yang telah dilakukan sejak video YouTube Rewind dimulai pada tahun 2010.

YouTube Rewind sendiri adalah video kilas balik tahunan yang digarap YouTube dan Portal A Interactive. Tayangan ini berisi kompilasi video viral, acara, tren, dan musik sepanjang tahun tersebut.

Tak semua video kompilasi Rewind mendapat apresiasi baik dari penikmat YouTube. Rewind 2018, bahkan menjadi salah satu video yang paling tidak disukai di platform tersebut.

Dalam sebuah surat terbuka, CEO YouTube Susan Wojcicki mengakui bahwa klip itu meleset dari sasaran. Padahal tahun-tahun sebelumnya, Rewind telah diantisipasi secara luas dan umumnya dianggap baik, dengan ‘cinta’ jauh melampaui ‘tidak suka’ untuk acara 2014, 2015, dan 2016.

Meski harus meninggalkan tradisi Rewind, YouTube berharap untuk terus merilis daftar tren tahunan termasuk 10 video tren teratas, pembuat konten, dan lagu populer tahun ini. Sebagai gantinya YouTube merencanakan sesuatu yang berbeda untuk tetap menghibur penggunanya.

“Kami memfokuskan kembali energi kami untuk merayakan tren yang menjadikan YouTube dengan jenis pengalaman yang berbeda dan diperbarui,” tulis mereka.

Tinggalkan komen