alexa

Twitter Rayakan Hastag Day, Ini Tagar Populer di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Tepat di tanggal 23 Agustus, Twitter memperingati #HariTagar yang ke-14. Lewat tanda pagar atau hashtag (#), Twitter telah merangkum berbagai gagasan, informasi, komunitas dengan minat yang sama hingga peristiwa global dalam satu kategori pencarian.

Menurut Twitter, banyak orang di seluruh dunia menjadikan Twitter sebagai tempat menyuarakan pendapat, tren dan topik populer. Terlebih di kawasan Asia Pasifik dan khususnya Indonesia, topik yang mendominasi percakapan sejak paruh pertama 2021 adalah Kpop, Anime dan gaming.

“Orang-orang Indonesia di Twitter menggunakan tagar untuk mencari informasi dengan cepat – sesuai dengan fungsinya yaitu untuk mengelompokkan percakapan.,” kata Twitter dalam keterangannya, Selasa (24/8/2021).

Adapun tagar yang sempat meramaikan jagat Twitter Indonesia dalam enam bulan terakhir antara lain, #AttackonTitan, #bitcoin, #BTS (boyband), #Collabonation, #GenshinImpact (video game), #GRAMMYs, serta sinetron #IkatanCinta. Kemudian ada juga #KolaborasiAnakBangsa, #JujutsuKaisen, dan #prayforindonesia.

“Tagar memungkinkan orang untuk bergabung dalam percakapan dan berdiskusi dengan komunitas yang mereka anggap penting di Twitter,” kata Twitter.

Twitter juga telah merangkum beragam tagar populer serta topik menarik yang dipernah dipakai pengguna Twitter Indonesia, dari Januari hingga Juni 2021. Berikut adalah kategori topik tagar yang populer di Indonesia:

1. Ucapan doa dan harapan untuk Indonesia

Twitter menjadi media sosial termudah bagi netizen dalam mengutarakan doa serta dukungan. Terutama dalam sejumlah momen bencana alam atau musibah besar yang merenggut korban jiwa.

Tagar seperti #PrayForKalses saat bencana banjir, #PrayForSriwijayaAir ketika insiden jatuhnya pesawat tersebut, hingga #PrayForKRINanggala402 terkait hilangnya kapal Selam KRI Nanggala 402 sempat ramai digunakan netizen tanah air.

2. Soal Kpop, Gaming, hingga Sinetron

Tagar di Twitter IndonesiaNetizen tak melulu menggunakan Twitter untuk menyampaikan duka. Berbagai tema hiburan juga pernah meramaikan pembicaraan pengguna Twitter di Indonesia, sebut saja tagar #BTS yang sempat ramai ketika boybad asal Korea Selatan itu berkolaborasi dengan makanan cepat saji McDonald’s dalam peluncuran lagu terbaru mereka.

Tagar sinetron #IkatanCinta juga sempat menggema di Twitter Indonesia sebagai salah satu tayangan yang populer di televisi nasional. Bukan cuma tayangan dalam negeri, anime asal Jepang seperti #AttackOnTitan dan #JujutsiKaisen juga ikut ramai dibahas, keduanya bisa ditonton pada platform Netflix.

Bagi gamers di Indonesia, role-playing game (RPG) favorit mereka, #GenshinImpact, juga menjadi bagian dari percakapan seru di Twitter. Apalagi Genshin Impact diklaim sebagai salah satu game terbaik dengan kualitas grafis memukau di smartphone.

3. Tren investasi dengan mata uang kripto

Beragam topic mengenai cryptocurrency atau mata uang kripto, juga ikut populer di jagat Twitter. Apalagi bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk sudah berkicau soal Dogecoin atau Kripto, tagar #bitcoin, ​​#dogecoin, #doge jadi perhatian para trader dalam menentukan strategi terbaik mereka ketika berinvestasi.

Baca Juga: Tagar #EidAlAdha Cara Warganet Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha di Twitter

4. Berita dan kampanye terbaru brand

Twitter juga menjadi tempat berbagai brand sebuah produk atau layanan populer bisa terhubung dengan penggunanya. Apalagi tak jarang, Twitter menjadi salah satu media kampanye atau promosi.

Bahkan tagar di Twitter, juga dianggap memiliki pengaruh luar biasa bagi masyarakat. Sebut saja ketika Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) atau Pilpres Indonesia, bisa dibilang tak lepas dari peran penggunaan tagar.

Tinggalkan komen