Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Twitter Siapkan Fitur Komunitas dan Super Follow

0 1.276

Pada tahun ini, Twitter tampaknya akan melakukan beberapa perubahan besar. Sebelumnya, Twitter telah mengeluarkan beberapa fitur pembaruan seperti FleetsSpaces,  komen tweet lebih cepat, tweet dengan suara, pencegah informasi hoax, filter untuk foto tidak pantas dan pesan suara via Direct Message (DM). Selanjutnya, mereka akan merilis Super Follow.

Baca juga: Siapkan Fitur Pesaing Clubhouse, Saham Twitter Meningkat

Dikutip dari Engadget, beberapa fitur baru sedang dalam tahap uji coba yang dapat mengubah cara berinteraksi. Perusahaan akan mempratinjau sejumlah fitur baru seperti komunitas, pemberian tip dan fitur langganan akun yang disebut “Super Follow”.

Menurut Kepala Desain dan Riset Twitter, Dantley Davis sampaisaat ini, perusahaan belum menunjukkan waktu untuk memulai menguji salah satu fitur ini. Beykpour mencatat, perusahaan telah secara dramatis meningkatkan kecepatan dalam merilis fitur baru selama beberapa tahun terakhir.

“Kami telah mengembangkan produk dengan cara yang lebih transformasional, memecahkan masalah yang lebih besar bagi pelanggan kami, dan bergerak lebih cepat dari sebelumnya,” katanya.

Adaptasi Fitur Grup Seperti Facebook

Twitter
Fitur Communities memungkinkan pengguna Twitter membuat grup (Twitter)

Mirip seperti fitur grup Facebook, Komunitas memungkinkan pengguna Twitter berkumpul berdasarkan minat mereka. Pihak Twitter mengungkapkan fitur ini diciptakan memudahkan orang membentuk, menemukan, dan berpartisipasi dalam percakapan yang lebih terarah pada satu komunitas atau wilayah yang relevan yang mereka minati.

Perusahaan menggambarkan fitur tersebut sebagai program lanjutan dari sejumlah topik. Ini memungkinkan pengguna mengikuti akun dan melakukan tweet berdasarkan minat mereka. Pemimpin Produk Twitter Kayvon Beykpour mengatakan, Communities juga dapat menetapkan peraturan sendiri, di luar persyaratan layanan perusahaan.

Kembangkan Fitur Pemberian Tip dan Super Follow

Twitter juga mengatakan sedang menjelajahi, fitur yang lebih diarahkan ke influencer dan creator yang ingin memonetisasi pengikut Twitter mereka, termasuk memberi tip dan “super follow”. Walau tidak memberikan penjelasan lengkap terkait pemberian tip dapat bekerja, Davis menyarankan perusahaan untuk melakukan perpindahan perusahaan ke konten berformat panjang dan pengguna mengikuti akun dari perusahaan buletin Revue.

“Kami melihat peluang berdampak lainnya memberikan model insentif moneter yang memungkinkan pembuat dan penerbit di Twitter untuk didukung langsung oleh artikel mereka, mereka akan melihat kami mengeksplorasi solusi untuk memberi tip dan langganan akun melalui super follow,” kata Davis.

Twitter
Fitur Super Follow di Twitter (GSMArena)

Menurut gambar yang dibagikan oleh Twitter, super follow akan memberi pengguna akses ke buletin, lencana khusus, dan konten eksklusif lainnya. Kreator juga dapat menyetel tweet sehingga hanya orang yang telah membayar untuk “super follow” yang dapat membalas.

“Kami sedang memikirkan kembali insentif dan mencari solusi untuk memberikan model insentif moneter bagi creator dan penerbit untuk didukung langsung oleh penggemar mereka,” ungkapTwitter.

Tinggalkan komen