Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Twitter Segera Luncurkan “Undo Tweet”, Cek Cuitan Sebelum Dikirim

0 862

Dalam mengungkapkan sebagian ekspresinya, pengguna Twitter dapat menuangkannya dalam 280 karakter. Selain itu, banyak kemudahan yang ditawarkan dalam menyampaikan cuitan, seperti menambahkan gambar, video, gif, dan polling.

Namun berbeda dengan media sosial lain, pengguna tidak bisa melakukan pengeditan terhadap status yang telah dikirim. Padahal bisa saja terjadi kesalahan, baik dalam penulisan, foto, dan lainnya. Pada kasus tertentu bisa membuat seseorang yang melihatnya salah tafsir. Banyak kasus salah paham, diakibatkan seseorang yang lalai dalam mencuitkan tanpa berpikir terlebih dahulu.

Hal yang terlihat sepele, tapi kadang bisa berdampak besar. Inilah yang kemudian membuat Twitter bakal menghadirkan fitur “Undo Tweet”.

Baca juga: 
Media Sosial Kamu Rawan Terkena Pishing? Ini Tipsnya!
Memudahkan Pengguna Berbelanja, Twitter Kembangkan Fitur Integrasi E-Commerce

Memberikan Waktu Pengguna untuk Mengembalikan Cuitannya

twitter app

Dikutip dari Make Us Of, informasi ini diungkapkan dari analis media sosial bernama Jane Manchun Wong melalui Twitter pribadinya. Ia mencuitkan cara kerja Undo Tweet dalam bentuk GIF.

Melalui fitur Undo Tweet, pada dasarnya akan sangat berbeda dari opsi hapus twit. Fitur ini akan dilengkapi dengan sistem yang tidak akan mengizinkan tweet dipublikasikan sampai jangka waktu tertentu telah berlalu.

Nantinya pengguna dapat mengembalikan cuitan yang telah dikirim untuk diperbaiki kembali. Anda hanya diberikan waktu 10 detik sebelum sebelum akhirnya cuitan dikirimkan. Setelah waktu habis, pengguna tidak akan dapat membatalkan tweet yang dibuat. Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah menghapusnya. Terdapat perbedaan antara fitur delete tweet dan undo tweet.

Untuk Undo Tweet, cuitan yang belum dipublikasikan dapat dikembalikan dalam waktu tertentu, sehingga memungkinkan seseorang tidak dapat meng-screenshot dan bukti postingan tersebut pernah dibuat. Sedangkan deleted tweet, postingan yang sudah terlanjur dibagikan memungkinkan pengguna lainnya meng-screenshot dan menyimpannya sebagai bukti.

Menjadi Salah Satu Fitur yang Diharapkan Pengguna

Twitter
ilustrasi Twitter (Twitter Business)

Sebelumnya pada 2020, Twitter telah mengirimkan survei ke beberapa penggunanya. Hal ini dicuitkan, seorang pengguna Twitter bernama Andrew Roth. Survei ini dilakukan untuk mengumpulkan respon pengguna mengenai fitur yang mereka inginkan. Pilihan-pilihan tersebut antara lain opsi penyesuaian profil lanjutan, jendela pembatalan 30 detik untuk menarik tweet, waktu penerbitan video yang lebih lama, dan banyak lagi.

Baca juga: Instagram, Twitter, dan TikTok Kompak Perangi Pencurian Akun Terkait OGUsers

Pada survei tersebut, Fitur Undo Tweet menjadi salah satu yang diharapkan pengguna dapat ada di Twitter. Hingga saat ini, Undo Tweet masih belum tersedia dan dalam tahap uji coba. Pengguna harus tetap bersabar, untuk menunggu dan melihat kerja sebenarnya dari fitur ini pada pengumuman yang akan datang.

Tinggalkan komen