Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Xiaomi Hentikan Update MIUI untuk Tujuh Smartphone Redmi

Xiaomi merupakan brand yang loyal untuk memberikan update MIUI terkini pada perangkatnya, bahkan untuk smartphone yang usianya sudah lima tahun. Tetapi tampaknya kebiasaan tersebut akan berakhir, karena ada tujuh smartphone yang akan dihentikan dukungan softwarenya. Ini berarti tak ada lagi MIUI 11 atau Global Beta di masa mendatang.

Berikut ini adalah daftar tujuh smartphone yang tak lagi mendapat update MIUI.
  • Xiaomi Redmi 3S
  • Xiaomi Redmi 3X
  • Xiaomi Redmi 4
  • Xiaomi Redmi 4A
  • Xiaomi Redmi Note 3
  • Xiaomi Redmi Note 4
  • Xiaomi Redmi Pro

Admin Mi Community mengatakan bahwa upgrade normal pada perangkat lain tak terpengaruh untuk saat ini. Pemberitahuan ini juga diumumkan di India, ini berarti seluruh varian Redmi Note 4 tak lagi menerima segala update firmware.

Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi Redmi Note 4
Related Posts
1 daripada 404

Pengumuman Xiaomi tersebut mengungkapkan walau program untuk ROM tak lagi tersedia, perangkat masih akan menerima update keamanan yang normal. Tetapi tak jelas sampai berapa lama update lainnya akan diteruskan. Berarti jajaran  tujuh Redmi pada daftar akan terus menerima iklan yang mengganggu di antarmuka pengguna smartphone. Ini terjadi karena Xiaomi akan mengurangi atau memperhalus fitur iklan tersebut pada MIUI 11.

Fitur-fitur Baru MIUI 11

Kendati dikenal atas layanan perangkat keras mereka, sebenarnya Xiaomi sangat mengandalkan layanan internet mereka untuk tetap bertahan. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan tahun 2018, pendapatan dari layanan internet mencapai CNY16 miliar atau setara dengan Rp33,6 triliun. Dari jumlah tersebut, CNY10,1 miliar atau sekitar Rp21,2 triliun berasal dari pendapatan iklan.

Sementara pengguna Xiaomi mengeluhkan mengenai banyaknya iklan mengganggu pada MIUI, sebenarnya iklan tersebut penting bagi perusahaan. Kendati demikian Lei Jun, CEO Xiaomi menjanjikan perusahaan tersebut membuat perubahan pada penempatan iklan. Lei Jun telah berdiskusi dengan tim MIUI untuk meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk mengurangi iklan mengganggu dan tak pantas. Melalui Weibo, CEO tersebut mengumumkan fitur-fitur utama yang akan hadir pada MIUI. Beberapa di antaranya adalah call recording pada aplikasi media sosial QQ, recycle bin lokal untuk foto yang baru dihapus, kaca pembesar dan ultra-low-power mode.

Penempatan iklan tetap akan menjadi bagian dari strategi bisnis Xiaomi, ini adalah langkah pasti untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Seiring dengan hadirnya fitur-fitur baru, mudah-mudahan saja pada MIUI 11 mendatang iklannya pun dikurangi.