Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rayakan Ulang Tahun Ke-10, Chrome OS Umumkan Beberapa Fitur Terbaru

0 888

Memperingati ulang tahun Chrome OS ke 10, Google mengumumkan perubahan besar-besaran pada platformnya. Diharapkan dengan adanya pembaruan pada Chrome OS dapat menambah kegunaannya.

Terdapat beberapa perubahan yang ada dalam aplikasi, salah satunya di Phone Hub. Pada bagian tersebut, pengguna dapat mengakses perangkat Android lebih mudah dan mendukung berbagi di sekitar. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengakses kontrol ponsel dan dapat melihat notifikasi seperti masa pakai baterai dan konektivitas data.

Ketika lupa menaruh ponsel, terdapat fitur yang dapat memudahkan kita menemukan ponsel. Dengan membunyikan perangkat Android melalui Chrome OS, ponsel akan segera dapat ditemukan.Tidak hanya itu, pengguna dapat mengaktifkan penambatan dengan satu klik serta melihat tab Chrome terbaru di ponsel pengguna. Dengan begitu, Anda akan terus dapat mengirim dan menerima teks dari laptop.

Baca juga: Pembaruan Google Recorder, Cadangkan Data Otomatis dan Sinkronisasi Rekaman Audio

Beberapa Fitur-Fitur Terbaru Chrome OS

Chrome OS
Begini tampilan terbaru Chrome OS (Reddit)

Untuk memudahkan pengguna Android dan Chrome OS, terdapat fitur lainnya yang dapat digunakan. Sinkronisasi WiFi akan memungkinkan pengguna secara otomatis terhubung ke jaringan terpercaya yang telah digunakan di ponsel atau Chromebook lain tanpa harus memasukkan kembali kata sandi. Selain itu dalam beberapa bulan mendatang, fitur Nearby Share akan hadir. Melalui fitur ini, memungkinkan pengguna membagikan file antara Chromebook dan Android lainnya tanpa koneksi internet.

Perusahaan telah meningkatkan alat penangkap layar di Chrome OS, membuatnya lebih mudah untuk diakses dari panel Quick Setting. Pengguna sekarang dapat melakukan beberapa aktivitas seperti melakukan tangkap gambar pada daerah yang telah dipilih serta membuat video rekaman layar. Hasil dari kedua kegiatan tersebut akan disimpan ke clipboard pengguna.

Saat ini, pada clipboard dapat menyimpan lima hal yang telah Anda salin serta dapat mengaksesnya dari fitur Tote yang baru. Bagian ini adalah tempat penyimpanan untuk semua file yang masih Anda perlukan. Pengguna dapat menyematkan file ke Totes untuk akses mudah ke bagian-bagian tertentu seperti daftar periksa atau lembar referensi.

Memudahkan Pengguna Dalam Bekerja

Chrome OS
Berbagai macam fitur ditawarkan pada Chrome OS terbaru (About Chromebooks)

Sebagian dari desain terbaru, dapat mengintegrasikan kontrol media langsung ke panel Quick Setting. Hal ini untuk memudahkan akses serta menyegarkan ikon di aplikasi bawaan. Berbagi file, gambar, dan tautan antara aplikasi serta browser menjadi sedikit lebih mudah.

Baca juga: Inilah Tampilan Antarmuka Windows 10X, Sang Pesaing Chrome OS

Dengan mengklik tombol Share di situs web yang didukung, Anda akan melihat daftar aplikasi yang dapat dikirimi konten secara langsung. Saat Anda ingin menerjemahkan, mendefinisikan, atau mengonversi sesuatu di layar Anda, klik kanan akan memunculkan Quick Answer di panel sehingga Anda tidak perlu membuka tab lain.

Perusahaan juga memperbarui fitur Desk dengan menambahkan dukungan hingga delapan ruang kerja virtual dan menghadirkan mode Ikhtisar baru untuk memudahkan peralihan di antara keduanya. Saat laptop melakukan restore, jendela Anda di berbagai Desk akan dipulihkan, sehingga Anda dapat dengan cepat mengatur kembali alur kerja yang telah dibuat.

 

Tinggalkan komen