Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pembaruan Google Recorder, Cadangkan Data Otomatis dan Sinkronisasi Rekaman Audio

0 761

Sejak maraknya smartphone, pengguna semakin dipermudah untuk melakukan berbagai hal, salah satunya untuk merekam suara. Jika dulu membutuhkan alat perekam khusus yang harganya berkisar ratusan ribu, kini cukup dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Bahkan aplikasi Google Recorder melangkah lebih jauh lagi.

Google, raksasa teknologi asal Amerika Serika tersebut telah meluncurkan aplikasi sejak dua tahunan yang lalu. Sayangnya, ketersediaan Google Recorder memang masih sangat terbatas yakni hanya untuk perangkat Pixel 4 dan Pixel 4 XL. Aplikasi ini memiliki kemampuan melakukan transkripsi secara langsung dari suara menjadi teks saat para pengguna melakukan rekaman.

Fitur Pencadangan Otomatis dan Sinkronisasi Rekaman Audio di Google Recorder

Google Recorder
Fitur yang terdapat dalam Google Recorder (Android Community)

Saat ini Google Recorder memperbarui versi pada aplikasinya menjadi 2.2. Dilengkapi dengan pencadangan otomatis data dan sinkronisasi rekaman audio, membuat pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi ini. Selain itu, pengguna akan mendapatkan akses yang lebih besar ke rekaman mereka, menjadikan Google Recorder jauh lebih berguna.

“Anda dapat mencadangkan rekaman Anda ke Akun Google Anda di recorder.google.com. Aktifkan atau nonaktifkan cadangan kapan saja di Setelan, “ungkap dalam pernyataan resmi aplikasi.

Pada versi terbaru ini, aplikasi perekam milik Google telah diluncurkan ke Google Play Store. Setelah diunduh, Anda dapat mengaktifkan fungsionalitas pencadangan dan sinkronisasi. Rekaman disimpan di Akun Google Anda dan akan dihitung dalam penyimpanan Google One / Google Drive Anda.

Tersambung Ke Google Cloud dan Opsi Bagikan Tautan

Google Cloud Indonesia Platform

Pengguna dapat mengakses rekaman dari smartphone lainnya melalui cloud. Adanya fitur ini juga dapat memberi pengguna opsi untuk memulihkan rekaman dengan mudah jika mereka mendapatkan perangkat baru. Rekaman yang dicadangkan dapat dicari, diputar, dan dibagikan langsung dari aplikasi web.

Ada opsi untuk pengguna membagikan file dalam bentuk tautan bersama dan dapat mengatur siapa saja yang memiliki tautan ini dapat melihat. Melalui opsi ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam membagikan file rekamannya tanpa perlu membagikan file secara langsung dengan penerima.

Google Recorder Mudahkan Aktivitas Pengguna

Google Recorder
Google Recorder dapat ditemukan di perangkat Google Pixel

Diperkenalkan dengan Pixel 4, Google Recorder adalah aplikasi yang sangat berguna untuk memudahkan merekam audio, baik itu wawancara atau kuliah kelas. Google merombak dan memperkenalkan sejumlah fitur baru aplikasi pada Oktober 2020, termasuk pengguliran cerdas, pengeditan audio, klip video, dan koreksi teks. Aplikasi ini adalah alat yang hebat bagi mereka yang suka merekam dan menyimpan audio.

Baca juga: Google Pixel Bakal Bisa Cek Denyut Jantung Pakai Kamera Belakang

Aplikasi ini, diharapkan dapat segera hadir di lebih banyak perangkat Android/ iOS. Saat ini, itu hanya tersedia di perangkat Pixel, tetapi mudah-mudahan, dengan aksesibilitas yang ditingkatkan, Google akan menghadirkan aplikasi ke lebih banyak perangkat di masa mendatang.

Tinggalkan komen