Jakarta, Gizmologi – Produk teknologi memiliki kaitan yang cukup tinggi dalam dunia desain. Tak hanya secara bentuk visual, warna juga menjadi penentu utama. Beberapa vendor sampai rilis produk khusus mengikuti tren warna tahunan Pantone. Di tahun 2022, “Very Peri” hadir menjadi pembuka yang bisa dibilang berbeda.
Belum familiar dengan Pantone? Perusahaan pewarnaan yang berbasis di New Jersey satu ini dianggap sebagai pioneer atau pencipta tren warna sepanjang tahun, ditentukan oleh Pantone Color Institute yang merupakan bagian unit bisnis dari Pantone. Memperkirakan tren warna global dan berikan saran kepada perusahaan untuk visual merek maupun produk.
Penentuan warnanya sendiri diambil lewat serangkaian konsiderasi, mulai dari nilai psikologi, emosi hingga kondisi global yang terjadi dalam masa waktu satu tahun terakhir. Dan tak hanya itu, teknologi juga berperan, di mana Very Peri terinspirasi juga oleh perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini seperti NFT hingga metaverse.
Baca juga: Apa Itu Metaverse? Jadi Alasan Facebook Bakal Ganti Nama
Very Peri Sambut Teknologi Baru Pasca Pandemi
PANTONE 17-3938 Very Peri, the Pantone Color of the Year 2022. – YouTube
Pantone Color of the Year sendiri telah berlangsung selama 23 tahun terakhir. Dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pekan ini (8/12) Pantone memutuskan untuk tidak mengambil skema warna yang sudah ada sebelumnya. Melainkan menciptakan warna baru lewat PANTONE 17-3938 Very Peri—yang secara umum terlihat seperti warna biru.
“Saat kita memasuki dunia dengan perubahan yang belum pernah ada sebelumnya, pemilihan Very Peri berikan perspektif dan visi baru dari keluarga warna biru tepercaya dan tercinta,” jelas Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif dari Pantone Color Institute. Dalam kata lain, Very Peri merayakan dan menyambut perubahan kebiasaan pasca pandemi yang telah berlangsung dua tahun terakhir.

Sementara itu, lewat wawancara lanjutan dengan CNN, Laurie Pressman, VP, Pantone menambahkan bila masyarakat telah melalui banyak sekali tantangan selama pandemi, dan tidak bisa diprediksi apa yang akan muncul dikemudian hari. “Very Peri melambangkan masa depan, memiliki sikap ceria dan gembira yang sedang kita bicarakan, kepercayaan diri yang riang serta semangat kreatif.”
Very Peri sendiri merupakan gabungan dari hangatnya warna biru serta nada warna merah—pancarkan perasaan untuk menyambut sesuatu yang baru. Adanya pandemi membuat masyarakat bertahan dan memiliki gaya hidup serta gaya kerja berbeda. Situasi yang membuat Pantone merasa harus ciptakan warna baru untuk beri representasi akurat.
Bakal Diaplikasikan ke Ekosistem Microsoft

Kalau keputusan ini dirasa tidak biasa, di tahun 2020, Pantone malah memutuskan untuk menggunakan dua warna; Ultimate Gray yang lambangkan ketangguhan, serta Illuminating atau kuning cerah yang pancarkan optimisme. Sifat yang banyak dirasakan oleh masyarakat ketika pertama kali menghadapi situasi pandemi COVID-19.
Kaitan warna yang ditentukan oleh Pantone sendiri juga bakal berikan dampak terhadap teknologi. Tahun ini, mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk Microsoft. Di mana ke depannya, warna Very Peri bakal terintegrasi pada layanan aplikasi Microsoft dalam bentuk screensaver serta opsi tampilan di PowerPoint, Teams sampai peramban Edge.
Pada tahun 2020, Pantone juga telah adakan kerja sama dengan OPPO. Saat itu, biru menjadi warna tahunan yang dipilih oleh Pantone, dan OPPO Reno4 series menggunakan warna Galactic Blue yang merefleksikan energi positif, menyambut masa depan yang lebih cerah.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




