Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apakah Spesifikasi Vivo V9 Sementereng Pesta Peluncurannya?

Dapur pacu yang diusung dianggap tidak terlalu istimewa untuk berada di arena pertandingan smartphone kelas menengah.

Vivo V9 baru saja diluncurkan dengan prosesi yang super megah di Candi Borobudur, Kamis (29/3/2018) dengan deretan artis papan atas, media partner melimpah, sampai ditayangan secara langsung di 12 stasiun TV nasional. Nah, apakah spesifikasi yang ditawarkan se-‘wah’ peluncurannya?

Dibanderol seharga Rp 3,999 juta memang tampak tidak terlalu mengejutkan jika Vivo V9 masuk ke segmen menengah di mana kisaran harganya terbilang dalam zona wajar. Namun, jika mengulik spesifikasi yang diusung, tentu ada beberapa fakta yang bisa membuat kita mengenyitkan dahi.

Pasalnya, dapur pacu yang diusung Vivo V9 ternyata tidak terlalu istimewa untuk berada di arena pertandingan smartphone kelas menengah. Lihat saja, chipset yang dihadirkan ‘hanya’ Snapdragon 450 dan GPU Adreno 506, sementara banyak smartphone di kisaran harga yang sama minimal mengusung Snapdragon 625.

Pendukung hardware pada dapur pacu juga terbilang standar smartphone kelas menengah, seperti RAM 4 GB dan ROM 64 GB yang bisa diekspan hingga 256 GB. Yang tampak sedikit menggiurkan mungkin hanya sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dibenamkan pada smartphone tersebut.

Vivo V9
Vivo kembali menorehkan sejarah baru sebagai vendor smartphone yang pertama kali meluncurkan produknya di Candi Borobudur dan disiarkan langsung di 12 stasiun TV nasional, Kamis (29/3/2018).

 

Mengenai prosesor Snapdragon 450 yang dianggap lebih cocok untuk smartphone low-end, Fachryansyah Farandy, GM Digital & Partnership Vivo mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pertimbangan dan riset tersendiri sebelum membenamkan prosesor tersebut ke Vivo V9.

“Berdasarkan riset tersebut, kami temukan bahwa kebutuhan masing-masing negara ternyata berbeda. Negara lain mungkin menggunakan Snapdragon yang lebih tinggi, tapi tidak bisa disamakan level kebutuhannya dengan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Edy Kusuma, GM for Brand & Activaion Vivo mengungkapkan Vivo V9 merupakan smartphone yang paling mengerti kebutuhan kaum millenial kekinian, terutama dalam hal berekspresi.

“Dengan fitur dan spesifikasi yang kami hadirkan, tampaknya Vivo V9 memang bisa membuat para millenial semakin aktual dalam pergaulannya dan semakin tinggi produktivitasnya,” jelasnya.

Meskipun dalam hal dapur pacu (terutama prosesor) dianggap terlalu mahal untuk smartphone di kisaran harga Rp 3 jutaan, namun Vivo V9 punya keistimewaan yang mungkin membuat harga tersebut jadi masuk akal. Apa saja?

Layar Ala iPhone X

Vivo V9

iPhone X terlalu mahal? Jangan khawatir, karena Vivo V9 memiliki desain yang bisa dibilang hampir sama persis dengan smartphone terbaru Apple tersebut. Mengusung FullView display seluas 6,3 inci beresolusi Full HD dengan rasio 19:9, layar smartphone ini memiliki poni alias notch di bagian atasnya.

Memang sih sebenarnya smartphone Android kekinian sudah mulai banyak yang mengusung layar ala iPhone X, namun menjadi yang pertama masuk ke Indonesia dengan layar sejenis tentu jadi nilai tambah tersendiri, bukan?

Fitur Kamera dengan Kecerdasan Buatan

Vivo V9

Dalam hal ini mungkin Vivo V9 bukan yang pertama kali, karena OPPO lebih dulu memperkenalkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/IA) pada F5. Namun, berbeda dengan smartphone tersebut yang hanya membawa teknologi itu pada kamera depannya, Vivo justru membenamkannya ke seluruh fitur kameranya.

Ya, Vivo V9 memiliki fitur kamera depan crystal-clear AI Selfie 24 MP dan dual-camera 13 MP + 2 MP dengan teknologi AI Bokeh. Hanya saja, kami belum mencoba sama sekali kemampuan fitur kamera pada smartphone ini dan seberapa pengaruhnya teknologi AI untuk kualitas gambar yang dihasilkan. Jadi, nantikan saja review kami untuk perangkat ini ya, Gizmolovers!

Nah, jika kamu merasa fitur-fitur tersebut membuat Vivo V9 terasa wajar dibanderol seharga Rp 3,999 juta dan tertarik untuk memilikinya, kamu bisa mendapatkannya di beberapa e-commerce seperti Lazada, JD.id, Dinomarket, AkuLaku, dan Shopee hingga 5 April 2018. Jangan lupa ceritakan kesan kamu dalam menggunakan perangkat ini pada kolom komentar di bawah ini atau di akun social media kami ya, Gizmolovers!

SPESIFIKASI VIVO V9

General

Device Type Smartphone
Model / Series Vivo V9
Released 29 Maret, 2018
Status Available
Price 3999000

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-core ARM Cortex A53
GPU Adreno 506
RAM (Memory) 4 GB
Storage 64 GB (upgradable up to 256 GB)
Operating System Android 8.1
User Interface Funtouch OS 4.0

Design

Dimensions 154.8 x 75.1 x 7.9 mm
Weight 150 g
Design Features Gold, Black color
Fingerprint scanner
Battery Non-removable Li-Ion 3260 mAh battery

Network

Network Frequency GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
3G bands: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands: LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA, LTE

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.3" Full HD, 400 ppi
Touch Screen Yes, Multitouch capacitive touchscreen
Features FullView display, 19:9 screen-to-body ratio

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear Dual: 13 MP + 2 MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED flash
Front Single lens: 24 MP, f/2.0, 1080p
Flash Yes, dual-LED (dual tone) flash
Video [email protected], [email protected]
Camera Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB Standard USB Type-C
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/H.264 player
- MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
- Document viewer
- Photo/video editor

3gp / mp4 / wmv / rm / rmvb / asf
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, Hall-sensor, Gyroscope, Compass, Colour Temperature sensor
Tinggalkan komen